6 Rooftop Atap Rumah untuk Bermain Sekaligus Laundry Room

 

Homeshabby.com -- Siapa bilang hunian mungil di daerah perkotaan tidak bisa nampak nyaman dan lega? Dengan keterbatasan lahan di daerah perkotaan tentunya sebagian besar  rumah lantai 1 maupun 2 pasti memiliki atap datar, sehingga agar space lebih fungsional, tidak ada salahnya anda coba menyulapnya sebagai rooftop atap untuk area bermain atau bersantai sekaligus laundry room yang nyaman. Dan berikut ini 6 inspirasi rooftop atap rumah yang fungsional khusus untuk anda bunda cantik :)


Gambar : @umahabang

Salah satu cara terbaik untuk menguatkan desain rooftop rumah untuk area bermain yang ideal adalah menambahkan kanopi, ataupun bagian atap yang dapat melindungi penghuninya saat beraktifitas dari paparan sinar matahari secara langsung, pagar pembatas yang ramah anak, serta penempatan beberapa kursi rotan untuk teman bersantai. Perhatikan posisi dalam penempatan interior dan mesin cuci agar ruang gerak anak bermain lebih lega. Pilih media jemur lipat ataupun gantung yang menyatu dengan rangka besi kanopi sehingga lebih safety dan tidak mengganggu aktifitas anak anda saat bermain.


Gambar :@meyca_avivi

Bukan suatu ide buruk untuk membuat sebuah atap shelter dari pemanfaatan tanaman rambat sebagai peneduh area rooftop untuk area berkumpul maupun bermain anak. Rumput sintetis sebagai alas lantai yang membuat ilusi area menjadi terkesan airy dan nyaman, selain itu bisa anda tambahkan bean bag, bantal karakter kesukaan anak dan satu set kursi dengan coffee table cantik untuk menikmati waktu santai lebih maksimal. Sedangkan untuk area laundry room bisa anda manfaatkan pagar picket kayu sebagai partisi sekat untuk penempatan mesin cuci, kulkas, rak sabun maupun tangki air yang lebih aman untuk interior.



Gambar : @meyca_avivi

Satu halaman dengan konsep semi outdoor pada rooftop atap bertujuan untuk memaksimalkan space berjemur agar mendapatkan pencahayaan yang maksimal, sehingga anda juga harus memperhatikan dalam segi ketinggian pagar pembatas, sehingga tidak akan menghalangi sinar cahaya yang berlebihan. Desain laundry room yang dilengkapi saluran air yang baik serta tata letak yang dekorasi tanaman yang tidak mengganggu aktifitas mencuci merupakan cara yang paling penting sebelum anda menyulap rooftop agar lebih fungsional.


Gambar : @umahabang

Space yang lega dengan penempatan kursi kayu dan beragam tanaman hijau mampu membuat area rooftop atap menjadi area terfavorit bagi keluarga anda. Tanaman pada pot bisa anda tempatkan di posisi paling banyak mendapatkan cahaya, sedangkan untuk ruang laundry bisa anda posisikan pada space yang lebih teduh, karena selain untuk menjaga ketahanan mesin cuci juga agar aktifitas mencuci juga lebih teduh dan menyenangkan.


Gambar : @cherly25z

Berbeda lagi jika rumah anda memiliki space atap datar yang bisa dimanfaatkan untuk area rooftop bermain dan mencuci lebih lapang. Membuat anda lebih mudah dalam mendesain dan memperhatikan tata letak interior dan dekorasinya. Rumput hijau dengan tambahan steeping yang memberikan kesan natural pada area bermain yang luas untuk anak dan area berjemur yang lega. Media jemur lipat bisa anda pilih karena lebih saving space, selain itu agar rooftop tidak terkesan kosong kursi ayunan ataupun shelter kayu bisa anda tambahkan di sudut space untuk tempat berkumpul maupun bersantai bersama keluarga tercinta.


Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah

Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. 

Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis       : Imka

Editor         : Munawaroh

Sumber      : Berbagai sumber


Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.