Desain dan Denah Rumah Ukuran 8 x 16 M Ada Gazebo di Taman Belakang Untuk Bersantai


Homeshabby.com -- Desain rumah yang memiliki eksterior hingga interior dengan tampilan menarik serta penataan ruang tertata rapi tentunya bisa anda temukan di ulasan berikut ini lho bund. Kali ini homeshabby.com akan memberikan sedikit pembahasan mengenai desain dan denah rumah ukuran 8 x 16 m dengan gazebo yang berada di taman belakang rumah. Pembagian ruang pada rumah ini sangat memuaskan untuk bisa anda terapkan di hunian masa depan. Selain pembagian ruang dan eksterior yang menarik, material yang dipilih pun dengan kualitas baik sehingga dapat memberikan kenyamanan anda sekeluarga. Lebih jelasnya, berikut  ulasannya.


Tampak depan rumah

Pemilihan material yang tampak jelas dari desain dan denah rumah ukuran 8 x 16 m ini dengan batu alam pada bagian pagar dan juga dinding fasad. Hal ini di maksudkan untuk memberikan kesan natural lebih dominian serta kenyamnanan bagi pemilik agar terasa lebih dingin. Desain rumah ini terkesan minimalis dengan pemilihan eksterior berwarna cream senada antara batu alam serta kusen jendela dan pintu yang berwarna putih lebih melegakan. Untuk memberikan penghawaan pada rumah terasa lebih terbuka dan segar, pemilik senagaja memberikan ventilasi di bagian atas dengan kusen uPVC agar terlihat lebih modern.  Begitu juga dengan kombinasi pagar sebagai pembatas antara ruas jalan dan halaman rumah ini yang menggunakan hollow besi hitam tampak elegan dan serasi dengan pagar di sisi kanannya.


Tampak fasad rumah tanpa pagar

Jika anda menginginkan kesan lapang dan terbuka untuk konsep rumah yang open space pada bagian depan, penggunaan pagar yang di abaikan ini bisa anda pilih sebagai cara untuk membuat rumah semakin terbuka dan mudah menyatu antara lingkungan sekitar. Namun anda juga perlu memperhatikan beberapa kondisi agar rumah tak terasa panas dan banyak terkena polusi dari kendaraan yang berlalu lalang. Hal ini bisa anda lakukan dengan menambahkan mini garden tepat di bagian depan rumah agar hawa sejuk dapat terasa dan lebih natural. Selain itu, resapan air hujan pun juga bisa anda tambahkan dengan membuat saluran drainase atau tanah biopri agar genangan air hujan tidak mengganggu lingkungan rumah. Desain rumah ukuran 8 x 16 m ini bisa anda terapkan di hunian masa depan dengan berbagai pertimbangan agar tetap terjaga kenyamanan serta keamanan untuk keluarga tercinta di rumah ya bund.


Tampak fasad atap

Atap merupakan salah satu cara untuk memberikan kesan estetik pada rumah, namun juga dapat memberikan perlindungan untuk struktur rumah pada bagian bawahnya. Pemilik menggunakan model atap pelana dengan material genteng flat beton agar mudah untuk pemasangan dan juga memiliki ketahanan yang tidak di ragukan lagi kekuatannya. Desain rumah ukuran 8 x 16 m ini memberikan sedikit space dengan void area yang berada di sisi kiri rumah serta sedikit tambahan topi-topi di teras samping agar menghalangi hawa panas dan percikan air hujan masuk ke dalam rumah. Selain itu, untuk bagian carport di pilih material dak cor beton untuk memberikan perlindungan bagi kendaraan pribadi untuk lebih aman dan nyaman. Terlihat jelas pada bagian belakang rumah yang terdapat gazebo dengan atap piramida untuk membuat waktu bersantai anda semakin nyaman dan menyenangkan.


Pembagian ruang

Desain rumah ukuran 8 x16 m ini memiliki pembagian ruang yang tertata rapi untuk area publik hingga privasi. Ketika memasuki bagian dalam rumah ini terdapat living room dengan penyekat yang membatasi ruang keluarga di belakangnya. Satu kamar tidur utama di bagian depan ini tampak terbuka dengan ventilasi yang cukup untuk membuat sirkulasi udara masuk lebih leluasa. Bagian tengah area pada rumah ini terdapat dapur, kamar mandi, gudang hingga area laundry room dengan pembatas cukup untuk kesan lebih privasi. Taman samping rumah yang terbuka ini open space dengan ruang keluarga lebih menyenangkan serta kamar tidur di bagian paling belakang. Taman di area paling belakang rumah ini bisa anda gunakan sebagai area bersantai dengan gazebo yang cukup untuk keluarga kecil di rumah.


Denah beserta ukuran

Lahan yang cukup luas pada rumah ini dapat terbagi dengan ruang serta taman di sekitarnya, desain dan denah rumah ukuran 8 x 16 m ini memiliki pembagian ruang sebagai berikut :

Area taman depan rumah ini berukuran 5.5 x 2 m, teras depan ukuran 0.75 m dan carport ukuran 2.5 x 5 m. Pada bagian dalam rumah terdapat ruang tamu ukuran 2.25 x 3 m serta ruang keluarga di belakangnya ukuran 3 x 4 m, Kamar tidur utama yang terletak di belakang ruang tamu ini berukuran 2.5 x 4 m dengan kamar mandi dalam ukuran 1.5 x 1.25 m. Teras samping rumah dengan taman yang berada di belakang carport ini berukuran 3 x 4 m dengan kamar tidur di belakangnya ukuran 3.5 x 2.5 m. Kamar mandi utama yang berada di tengah ruang ukuran 1.25 x 1.5 m ini tampak terbuka dengan dapur dengan ukuran 2.25 x 2.5 m, ruang kerja ukuran 1 x 1.25 m, mushola ukuran 2 x 1.75 m, gudang ukuran 0.75 x 1.25 m dan laundry room ukuran 1 x 2.5 m. Di bagian paling belakang terdapat taman berukuran 8 x 4,5 m dengan gazebo dan rumput hias sebagai penutup lahan lebih menyegarkan.


Semoga desain dan denah rumah ukuran 8 x 16 m ini dapat memberikan sedikit gambaran untuk anda yang akan membangun hunian untuk keluarga tercinta. Tetap semanga untuk mencari rizki semoga di segerakan untuk membangun rumah idaman di masa depan. Amiin


Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Noman desain rumah



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.