6 Posisi Jendela Dapur Yang Tepat Agar Beraktivitas Jauh Lebih Nyaman

 

6 Posisi Jendela Dapur Yang Tepat Agar Beraktivitas Jauh Lebih Nyaman

Homeshabby.com -- Saat merancang ruang dapur, anda perlu mengetahui penempatan jendela dapur yang tepat. Agar ruang dapur lebih nyaman, melegakan tanpa pengap. Karena jendela merupakan elemen penting dalam menatan interior rumah yang kehadirannya tidak boleh dilewatkan. Apalagi jika rumahmu termasuk minimalis dan pasti akan memiliki ruang dapur yang berukuran kecil.

Maka dari itu, posisi jendela yang tepat dapat menentukan ruang dapur lebih lega tanpa pengap. Selain fungsional untuk memberikan hawa segar, adanya jendela juga dapat mempercantik tampilan ruang dapur. 6 Posisi Jendela Dapur Yang Tepat Agar Beraktivitas Jauh Lebih Nyaman ini bisa kamu terapkan agar dapurmu jadi lebih nyaman untuk berkegiatan!


Dapur dengan jendela di atas wastefel

rumah_ibu_izzat

Salah satu posisi jendela dapur yang tepat adalah ditempatkan di area atas wastafel. Meski hal ini secara umum dapat dijumpai pada beberapa rumah, tapi sangat membantu kesegaran ruang dapur lebih bermanfaat. Selain itu kamu dapat merasakan pemandangan dari luar rumah jika area dapat dekat dengan taman belakang. Banyak jenis jendela yang bisa kamu gunakan, bisa dengan jendela mati atau yang bisa dibuka. Ini sama saja akan membantu ruang dapur terasa segar dan lebih terbuka.


Posisi jendela dapur di atas sink dengan model sliding window

rumah_zarra

Untuk kamu yang memiliki dapur kecil dengan bentuk L-shaped, desain jendela di area sink ini bisa kamu coba terapkan. Penempatan jendela yang sama sekali tidak menggantu peletakan kabinet malah akan memberikan hawa segar ke dalam ruang dapur. Model jendela geser ini dapat kamu coba gunakan untuk memudahkan ketika membuka dan menutup. Mengapa seringkali jendela ditempatkan di area sink? Ini dipilih dengan alasan sekitar stove dapat dimaksimalkan dengan penggunaan kabinet dapur.


Jendela dapur di antara stove dan sink dapur bentuk linear

aryhome_

Jika kamu ingin memaksimalkan ruang dapur lebih efisien dan ruangnya cukup besar, penggunaan kitchen model linear ini bisa jadi solusinya. Kamu bisa meletakkan posisi jendela diantara sink dan stove untuk memudahkan kegiatan dapur yang melegakan. Selain itu. model jendala dapat digunakan dengan ukuran sedang persegi dengan model sliding. Untuk menghalangi panas yang berlebihan ketika siang hari, gunakan tirai semi-transparan agar cahaya tetap bisa masuk secara intens.


Mengganti jendela dengan roster di area stove

ikawatyabdul

Meskipun bukan menggunakan jendela ruangan. Area dapur ini tetap melegakan berkat penggunaan roster sebagai pencahayaan alami. Tiga buah roster dapat kamu tempatkan di atas stove untuk membantu mengganti sirkulasi udara tak sedap ketika memasak dapat silih berganti. Letakkan roster dengan jarak yang cukup tinggi, agar dinding di sekitar stove bisa dijadikan sebagai backsplash dan juga rak display.


Jendela dapur kecil di sudut ruang

nadyashifiraa

Walaupun bukan dengan ukuran dapur yang besar, kamu tetap bisa memberikan dekorasi cantik dan penghawaan segar alami. Seperti desain dapur L-shape yang imut dengan interior pink minimalis. Penempatan jendela sudut ruang yang di tempatkan di sekitar stove dappat membantu sirkulasi lebih lancar. Penempatan jendela disudut ruang seperti ini tidak menghalangi area dapur untuk memiliki kabinet lengkap, sehingga kamu tak perlu khawatir jika dapur kecilmu akan tetap fungsional.


Dapur model L-shaped dengan jendela atas

debianggraini

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan ketika membuat penghawaan segar di dapur tanpa cooker hood adalah dengan menambahkan jendela ruang. Letakkan jendela ruang dibagian atas untuk memberikan kesan privasi tapi dengan sirkulasi yang lancar. Selain itu, kamu bisa memiliki ruang dapur dengan memperhatikan arah matahari dari sisi mana akan terkena area dapur. Maka saat itu juga kamu bisa menentukan penempatan jendela dapur secara tepat.



Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Baca juga :

Kumpulan Desain Dapur Dekat Jendela, Asri dan Sejuk

Kumpulan desain dapur dekat jendela, asri dan sejukHomeshabby.com -- Keberadaan dapur di dalam rumah memiliki peranan sangat penting untuk kehidupan dirumah. Seperti menyiapkan hidangan bagi tamu, menyiapkan kue lebaran hingga masakan berat semua dilakukan di dapur. Penting bagi bunda jika memiliki...

 

Inspirasi Dapur Minimalis Dekat Jendela yang Sejuk dan Tidak Pengap

 Homeshabby.com -- Memiliki dapur dengan ukuran yang minimalis memang sedikit membuat kerepotan di rumah. Dengan ukuran yang minimalis dan sesak akan mempengaruhi perasaan ketika sedang melakukan kegiatan di dapur. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini Homeshabby.com akan membagikan tips mengenai...
 
 

6 Ide Menghilangkan Bau Tak Sedap di Dapur Tanpa Cooker Hood, Masak Jadi Segar!

 6 Ide Dapur Anti Pengap Tanpa Cooker Hood, Masak Jadi Segar!Homeshabby.com -- Kegiatan memasak dan membuat hidangan sering kali menimbulkan asap dan bau-bau tak sedap memenuhi ruangan. Hal ini tentu sangat mengganggu penciuman dan merasa tidak nyaman. Khususnya jika bau masakan yang di hasilkan...
 
 
 
 
 
 
Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.