6 Ide Menghilangkan Bau Tak Sedap di Dapur Tanpa Cooker Hood, Masak Jadi Segar!

 

6 Ide Dapur Anti Pengap Tanpa Cooker Hood, Masak Jadi Segar!

Homeshabby.com -- Kegiatan memasak dan membuat hidangan sering kali menimbulkan asap dan bau-bau tak sedap memenuhi ruangan. Hal ini tentu sangat mengganggu penciuman dan merasa tidak nyaman. Khususnya jika bau masakan yang di hasilkan tidak begitu sedap dan susuah untuk hilang. Selain akan mengganggu sirkulasi di ruangan, bisa jadi semua perabot dan pakaian juga akan tertempel oleh bau tak sedap tersebut.

Idealnya, anda perlu memberikan ventilasi ruangn yang memadai agar membantu mengalirkan bau tak sedap keluar dari ruangan dan terganti dengan hawa segar, Nah solusi tepatnya yang bisa anda lakukan adalah menggunakan ventilasi ruang tersebut. Jika belum sempat memiliki cooker hood anda bisa menyimak 6 Ide Dapur Anti Pengap Tanpa Cooker Hood, Masak Jadi Segar! Semoga ide kali ini dapat membantu anda dalam berkegiatan memasak lebih seru dan nyaman.


Menggunakan jendela besar

whitesugar.cinnamon

Ide dapur anti pengap yang pertama ini dapat di lakukan dengan mudah. Dengan menggunakan jendela ruang di sekitar stove atau sink yang menjadi area penting ketika berkegiatan di dapur. Pencahayaan alami dan udara yang saling bertukar ini dapat menghindari bau tak sedap dan dapur yang anti pengap. Selain itu anda bisa meletakkan beberapa pengharum ruangan untuk menguranig bau tak sedap menempel di perabot masak lainnya.


Ubah layout dapur di dekat taman

the_jasminehouse

Memiliki ruang berkonsep terbuka menjadi salah satu hal penting untuk membuat ruang bisa bernafas. Apalagi ruang dapur yang cenderung pengap dan terkadang malah di area tetutup. Salah satu ide dapur ini bisa di coba tanpa harus menggunakan cooker hood untuk menghilangkan bau tak sedap ketika memasak. Letakkan dapur di area dekat taman ataupun area terbuka dengan menggunakan pintu sliding kaca seperti ini. Pastikan untuk memberikan penerangan alami, coba aplikasikan satu atap kaca di atas meja dapur unntuk berkegiatan yang menyenangkan.


Menggunakan portable air filter

homejingga

Jika anda termasuk pemilik rumah kecil tanpa sisa lahan kosong, apalagi area seperti dapur yang cenderung di pilih pada area tetutup. Tentu bau tak sedap ketika memasak dapat menyebar ke seluruh ruangan. Apalagi jika anda tidak memiliki jendela sebagai ventilasi yang dapat mengganti udara di dapur. Anda bisa menggunakan saringan udara portable ataupu portable air filter yang dapat mengusir bau tak sedap ketika memasak. Sehingga meski ukuran dapur di rumah kecil, hawa segar pun tetap di rasakan dan kegiatan masak jauh lebih nyaman.

Maksimalkan pencahayaan alami untuk dapur

rumahimani

Karena dapur menjadi salah satu tempat yang paling banyak di gunakan untuk berkegiatan. Layak jika dapur di desain apik dengan mengutamakan kenyamanan untuk pemilik. Salah satu permasalah ketika memasak adalah bau tak sedap di dapur yang dapat mengganggu seisi ruangan. Untuk menyiasati hal tersebut anda bisa memaksimalkan pencahayaan alami melalui jendela ruang. Aplikasikan jendela di tiap sudut yang mengikuti bentuk dapur seperti yang terlihat. Cara ini sangat ampuh untuk mengusir bau tak sedap di dapur.


Bedakan ruang dapur agar bau tak menyebar ruangan

fihafahome

Ide berikutnya ini sangat membantu anda dalam mengusir bau tak sedap di dapur tanpa khawatir akan menyebar ke seluruhan ruangan. Pastikan untuk membedakan ruang dapur jika anda tidak memiliki cooker hood untuk penghisap asap. Anda bisa membuat ruang tersendiri dan memberikan pintu agar bau hanya berada di dapur saja. Selain itu, tetap gunakan ventilasi untuk membantu hawa segar masuk ke dapur tanpa pengap.

Rutin membersihkan perabot setelah di gunakann

our.little.palace

Selain karena asap dari masakan yang dapat menimbulkan bau tak sedap, perabot yang anda gunakan juga bisa membuat ruang terasa kotor dan bau pun akan menempel. Pastikan untuk membersihkan peralatan dapur secara rutin agar kesan bersih di dapur bisa di rasa nyaman. Gunakan juga interior minimalis dan model kitchen set yang sesuai dengan ukuran agar perbaot juga bisa di simpan secara baik tanpa terlihat penuh. Terakhir tetap perhatikan sirkulasi segar, anda bisa menggunaka jendela di sekitar stove untuk membantu atasi bau tak sedap ketika memasak.




Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Baca Juga :

Inspirasi Membuat Dapur Minimalis Kecil Di Rumah Terasa Luas dan Menawan

Homeshabby.com -- Dapur yang kecil dengan berbagai peralatannya dapat membuat kita merasa sumpek dan pengap. Padahal dapur merupakan ruang vital yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarga. Ada berbagai cara untuk membuat dapur minimalis terasa lebih lapang dan indah dipandang. Dengan penataan...

Terbaru, Desain Dapur Modern Konsep Terbuka yang Sejuk

Helloshabby.com -- Dapur terbuka menyuguhkan kesegaran yang berbeda dari dapur di dalam ruangan. Dapur terbuka biasanya dibuat terbuka menyatukan dapur dengan ruang lainnya, misalnya dapur dengan ruang makan atau dapur dengan halaman belakang. Dapur terbuka membuat area dapur yang biasanya terbatas,...

Desain 6 Dapur Minimalis Modern Mewah tapi Nggak Bikin Sumpek

Homeshabby.com -- Dapur minimalis tak selalu identik dengan tampilan sederhana atau seadanya. Kita tetap bisa mendesain dapur minimalis namun memiliki kesan yang mewah. Dapur minimalis modern mewah tak akan sempurna bila tidak dibuat senyaman mungkin. Untuk itu, dengan tata letak dan pemilihan interior...

Referensi Terbaru Buat Anda, 6 Desain Dapur Minimalis Type 36

 Homeshabby.com -- Memiliki rumah minimalis bertype 36 tak menjadi rahasia lagi jika memiliki ruangan berukuran kecil dan cukup open plan dengan ruang lainnya. Namun beberapa refernsi ini akan di persipakan untuk anda yang akan mendesain dapur di rumah. Interior yang di hadirkan pada dapur ...

6 Desain Dapur Minimalis Terbuka yang Seru dan Mengasyikan

 Homeshabby.com -- Umumnya dapur berada di area terpisah dari ruang utama di rumah, karena di anggap dapat membuat pemilik lebih leluasa dan bebas untuk berkegiatan. Apalagi jika dapur yang anda miliki berada di area belakang rumah dengan konsep terbuka. Selain mengasyikkan dan seru, desain dapur...
Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.