Pasti Aman! 5 Inspirasi Desain Rumah Anti Banjir Dengan Taman Teras (Peresapan)

Pasti aman! 5 inspirasi desain rumah anti banjir dengan taman teras (peresapan)

Homeshabby.com -- Iklim di negara Indonesia yang memiliki curah hujan tinggi memungkinkan terjadi banjir dua kali lipat lebih besar seperti yang dapat di perhatikan belakang ini. Hal ini tentu sangat mempengaruhi lingkungan dan tidak hanya berdampak ke sosial budaya saja. Namun perekonomian yang mungkin bisa terhenti dapat mempengaruhi pemasukan yang tak seimbang dengan pengeluaran.

Namun, tidak semua daerah juga dapat terkena imbas dari musim penghujan tinggi jika lingkungan rumah dan juga desainnya di rancang apik memperhatikan sanitasi dan drainase yang tepat. Nah bagian pertama dari rumah yang dapat terkena banjir tentu area teras dan juga halaman, yang dapat menimbulkan air masuk ke dalam rumah jika tidak ada sistem resapan yang memadai.

Untuk itu, inspirasi kali ini akan di bagikan khusus untuk anda tentang "Pasti aman! 5 Inspirasi desain ruamh anti banjir dengan taman teras (peresapan)" yang dapat di gunakan sebelum membangun rumah hingga akhir untuk mengurangi banjir di area rumah. 

Berikut ulasannya, semoga bermanfaat :)


Desain ruang anti banjir dengan taman teras menggunakan sumur resapan biopori

and.ands.homey


Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk menghindari banjir di lingkungan rumah adalah dengan memasang sumur biopori. Hal ini dapat membantu area rumah lebih aman dan jauh dari kebanjiran. Selain untuk membantu peresapan air, kegunaan sumur biopori ini cukup banyak salah satunya dapat berguna sebagi pembuangan sampah organik, menyuburkan tanaman hingga menambah area rumah semakin hijau. Bagaimana, sudah terpikirkan untuk membuat sumur biopori pada area taman teras di rumah?


Desain ruang anti banjir dengan taman teras elevasi yang berebeda

pietarasari

Yang kedua, anda bisa membedakan elevasi antara halaman, taman dan juga teras rumah. Selain dapat menghalangi air naik ke rumah, menutupi taman dengan rumput hias mampu memberikan resapan air lebih maksimal. Pastikan elevasi yang di buat tidak terlalu tinggi untuk akses naik ke rumah. Kemudian anda bisa melengkapi lingkungan rumah dengan sistem drainase yang tersambung di bagian luar pagar.



Desain ruang anti banjir dengan taman teras dengan memasang paving block

ratnadewi0158

Tanpa di ketahui, penggunaan paving block untuk penutup halaman rumah seringkali di anggap cara untuk menambah tampilan rumah semakin estetik saja. Namun anda bisa mengetahui kegunaan paving block ini dengan kelebihan yang cukup banyak. Salah satunya memilih daya serap yang baik, sehingga menghindari terjadinya genangan di permukaan halaman rumah. Dengan begitu penggunaan paving block ini dapat di terapkan di kota besar yang kepadatan penduduknya banyak. 

Desain ruang anti banjir dengan taman teras dengan lahan tertutup batu

rumah.rnj.new

Selain memberikan kesan alami dan lebih estetik untuk rumah, penggunaan batu alam ini sangat berguna untuk resapan air. Anda bisa menutupi lahan keseluruhan dengan batuan ataupaun rumput hias yang keduanya dapat menyerap air secara baik. Jangan lupa untuk memperhatikan resapan air dengan menambahkan saluran air di lingkungan rumah. Hal ini dapat membuat rumah lebih aman dan jauh dari kata banjir.



Desain ruang anti banjir dengan taman teras dengan penutup lahan rumput hias

briliantirony

Akan lebih aman untuk rumah, desain taman di area teras ini memanfaatkan rumput hias sebagai penutup lahannya. Hal ini ternyata selain mampu menyerap air secara maksimal, juga dapat menyediakan unsur hara yang bagus untuk tanaman. Sehingga anda bisa memanfaatkan area halaman rumah ini dengan tanaman ataupun menambahkan sumur resapan di musim penghujan tiba.


Itulah sedikit inspirasi untuk desain rumah anti banjir yang bisa anda lakukan dengan beberapa cara. Semoga dengan inspirasi di atas, anda bisa mendesain rumah tak hanya menampilkan desain cantiknya, namun memperahtikan hal-hal kecil yang justru dapat membuat hunian terancam dari berbagai bahaya seperti banjir.

Semoga negara ini di jauhkan dari banjir, dan yang terkena dampaknya dapat diberikan kesabaran dan banjir segera mereda. Amiin 



Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Baca Juga :

Inspirasi Cantik: Taman Rumah Minimalis Modern, Sejuk dan Asri

Homeshabby.com -- Taman memiliki peranan penting dalam sebuah hunian. Beberapa taman digunakan sebagai resapan air untuk menampung air hujan dan meminimalisir banjir. Taman pun juga dimanfaatkan untuk sumber penghawaan untuk sebuah hunian. Tak hanya itu, taman turut dimanfaatkan sebagai ruang bersantai...




6 Desain Taman Teras Rumah dengan Biopori Cocok untuk Peresapan Air Hujan (Anti Banjir)

 6 Desain taman teras rumah dengan biopori cocok untuk peresapan air hujan (Anti Banjir)Homeshbabby.com -- Memasuki musim penghujan seperti saat ini banyak permukiman di kota maupun desa sering mengalami terjadinya kebanjiran. Salah satunya di area perumahan dengan kepadatan penduduk banyak dan...




6 Trik Menata Taman Minimalis di Teras Rumah yang Sempit tapi Cantik

6 Trik Menata Taman Minimalis di Teras Rumah yang Sempit tapi CantikHomehsabby.com -- Sangat umum jika masa pandemi ini mengaruskan kita untuk berada di rumah aja. Perasaan jenuh, bosan suntuk tentu akan menggangu pikiran ketika work from home sedang di terapkan. Maka untuk menghindari hal tersebut...




6 Desain Taman Teras Rumah Type 36 yang Bisa Jadi Rumah Idamanmu

 Homeshabby.com -- Rumah dengan type 36 atau juga dikenal dengan 6 x 6 menjadi salah satu type rumah favorit masyarakat Indonesia terutama bagi mereka pasangan muda maupun kalangan menengah yang nyaman dengan rumah minimalis. Memiliki rumah minimalis type 36 bukan berarti tidak bisa membangun rumah...





7 Inspirasi Taman Teras Multifungsi sebagai Peresapan dan Tempat Bersantai

Homeshabby.com -- Dalam sebuah hunian taman memiliki fungsi yang cukup vital. Bukan hanya sebagai ruang relaksasi, taman juga memiliki fungsi untuk area resapan air di lingkungan rumah. Anda bisa membangun sumur biopori sebagai resapan air di area taman. Taman yang dilengkapi sumur biopori akan menyimpan...

Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.