7 Inspirasi Taman Teras Multifungsi sebagai Peresapan dan Tempat Bersantai


Homeshabby.com -- Dalam sebuah hunian taman memiliki fungsi yang cukup vital. Bukan hanya sebagai ruang relaksasi, taman juga memiliki fungsi untuk area resapan air di lingkungan rumah. Anda bisa membangun sumur biopori sebagai resapan air di area taman. Taman yang dilengkapi sumur biopori akan menyimpan cadangan air yang akan disalurkan kepada tanaman-tanaman, sehingga rumah kita akan tetap terasa sejuk dan segar, meski musim kemarau melanda. Jika, Anda sedang mencari inspirasi desain taman yang multifungsi, kami hadirkan ulasan 7 Inspirasi Taman Teras Multifungsi sebagai Peresapan dan Tempat Bersantai, di bawah ini: 


Taman Teras Minimalis Ukuran 1 x 3 M


cr:instagram/gardentha

Taman teras yang satu ini berada di ukuran 1 x 3 M saja. Taman ini berada di depan rumah, sehingga memberikan kesan penyambutan yang segar pada siapa saja yang berkunjung. Taman yang satu ini meskipun memiliki ukuran yang mungil, namun ruang terbuka hijau yang disediakan memiliki fungsi penting sebagai peresapan air hujan. Sehingga, fasad rumah kita senantiasa akan terasa lebih sejuk dan teduh. 


Taman Teras Multifungsi dengan Sumur Biopori


cr:instagram/devvyherawati

Mendesain taman teras yang multifungsi sebagai peresapan dan tempat  bersantai, terbilang gampang-gampang susah. Di bawah ruang terbuka hijau, ada baiknya Anda membuat sumur biopori agar air hujan meresap lebih maksimal dan tidak menggenang di sekitar rumah. Rumah yang bebas dari air hujan yang menggenang, akan memberikan kenyamanan dan meminimalisir risiko buruk ketika musim penghujan tiba. 



Taman Teras Rindang nan Menyejukkan 


cr:instagram/regapealinarni

Tak dipungkiri, kehadiran taman teras turut memperbaiki sirkulasi pasokan udara bersih pada hunian Anda. Dengan berbagai tanaman hijau yang memproduksi oksigen dapat menyalurkan udara segar ke dalam rumah. Rumah tanpa taman akan terasa sesak, begitupun dari segi sirkulasi udara. Adanya taman teras pun dapat membuat rumah terhindar dari kata gersang.  Taman pun akan makin lengkap dengan sumur resapan, sumur resapan tersebut nantinya akan menyimpan cadangan air untuk berbagai tanaman yang tumbuh di taman. 


Taman Teras Cozy nan Menenangkan


cr:instagram/rinaomahbelajar75

Taman teras kini tidak lagi hadir sebagai ruang kosong terbuka saja. Banyak taman teras kini dilengkapi dengan ruang duduk untuk area bersantai bersama keluarga. Taman dengan berbagai tanaman hijau yang rindang, bukan hanya baik untuk kesehatan jasmani saja, tetapi juga baik untuk kesehatan psikologi penghuni rumah. Sehingga, tak jarang banyak orang menjadikan taman teras sebagai ruang healing space (ruang relaksasi). 


Taman Teras sebagai Ruang Menyalurkan Hobi


cr:instagram/rumah_naumi2020

Taman teras pun dapat menjadi media untuk menyalurkan hobi, terutama hobi bercocok tanam. Anda dapat menanam atau sekadar membiarkan berbagai tanaman dalam media pot hidup bebas di ruang yang terbuka. Tanaman yang berada di ruangan terbuka, tentu dapat tumbuh lebih subur, sehat dan mampu menampakkan keindahan alaminya dengan lebih maksimal. 


Taman Teras dengan Sentuhan Ungu 


cr:instagram/vivienserlianty

Anda boleh saja mempercantik tampilan taman teras Anda dengan sentuhan warna favorit. Contohnya, seperti taman teras di atas, taman tersebut tampil lebih manis berkat unsur warna ungu pada pemilihan pot tanaman, keset hingga dekorasi pada teras. Selain itu, taman ini pun tetap menghadirkan ruang terbuka hijau, yang berfungsi sebagai resapan air hujan. Bersantai sambil menikmati suasana syahdu taman yang terbasahi hujan akan terasa lebih menyenangkan. 


Taman Teras dengan Jalan Setapak Estetik


cr:instagram/vtatania

Di sekeliling taman, Anda bisa membuat paving atau jalan setapak di taman. Jalan setapak ini akan menjadi jalur pijakan anak-anak atau Anda yang sedang ingin menikmati suasana di taman terbuka di depan rumah. Bukan hanya melindungi tanaman di taman, jalan setapak ini juga hadir menambah nilai estetik pada taman teras Anda. 

Itulah 7 Inspirasi Taman Teras Multifungsi sebagai Peresapan dan Tempat Bersantai. Dari desain di atas, manakah yang jadi favorit Anda? Beritahu kami di kolom komentar Rumah Shabby Minimalis. 


Terima kasih telah selalu stay on pada Homeshabby.com yang memberikan berbagai inspirasi menarik untuk pengalaman baca lebih menarik.



Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.




Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.

Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.

Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.