6 Desain Taman Teras Rumah dengan Biopori Cocok untuk Peresapan Air Hujan (Anti Banjir)

 

6 Desain taman teras rumah dengan biopori cocok untuk peresapan air hujan (Anti Banjir)

Homeshbabby.com -- Memasuki musim penghujan seperti saat ini banyak permukiman di kota maupun desa sering mengalami terjadinya kebanjiran. Salah satunya di area perumahan dengan kepadatan penduduk banyak dan kurangnya sistem drainase yang tepat. 

Sangat umum jika akan terjadi kebanjiran di lingkungan rumah ketika musim penghujan dengan debit air hujan yang meningkat. Hal ini tentu menjadi keresahan untuk penghuni rumah dengan sisi negatif yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Namun ada salah satu cara untuk menyiasati terjadinya banjir di sekitar rumah yang akan dibagikan khusus untuk anda mengenai "6 Desain taman teras rumah dengan biopori cocok untuk  peresapan air hujan (anti banjir)". Salah satu manfaat dari biopori adalah mengurangi terjadinya genangan air di musim penghujan tiba. Dengan berbagai manfaat yang bisa anda rasakan selain untuk mencegah kebanjiran.

Nah simak ulasan detailnya ya bund, semoga menambah manfaat :)


Desain taman teras dengan biopori untuk menhambat pemanasan global


Sumber : Instagram/meliamandapane

Upaya yang bisa anda coba untuk desain taman teras rumah dengan biopori adalah menaikkan elevasi teras terlebih dahulu. Karena air mengalir dari tempat tinggi ke rendah, maka bisa dipastikan jika elevasi yang dibuat berbeda dari taman rumah akan terhindar dari genangan air. Anda bisa membuat biopori disekitar taman dengan manfaat yang dapat mengurangi terjadinya pemanasan global. Sehingga secara tidak langsung berkali lipat manfaat yang bisa anda rasakan jika memasang biopori disekitar rumah, apalagi jika musim penghujan seperti ini.

Desain taman teras dengan biopori untuk menigkatkan debit air tanah

Sumber : Instagram/rumahdarussalam

Penggunaan biopori memang masih jarang ditemui di area perumahan ataupun pedesaan dengan manfaatn yang cukup banyak. Anda bisa membuat biopori di area depan atau taman teras rumah untuk menghindari banjir. Selain menghindari terjadinya banjir, peresapan biopori ini dapat meningkatkan bidang resapan sebesar 40 kali lipat dengan tampungan air tanah yang semakin banyak. Nah ini juga sangat bermanfaat bagi anda pemilik rumah yang masih menggunakan air tanah dengan pompa air. Tak perlu khawatir jika kekeringan di musim kemarau.



Desain taman teras dengan membuat biopori untuk mencegah kekeringan

Sumber : Instagram/ruji.house

Akan sangat umum jika anda pemilik rumah di area perumahan yang hanya memiliki sisa lahan di area depan. Dan salah satunya bisa anda manfaatkan untuk desain taman teras dengan biopori sebagai pencegah terjadinya banjir. Lubang biopori yang dibuat sedalam 1 meter ini dapat menampung kapasitas air dengan volume yang maksimal berdiameter 10-30 cm. Maka anda tak perlu khawatir di musim penghujan tiba akan air yang akan menggenang. 

Desain taman teras rumah dengan biopori yang dapat menambah penghijaun


Sumber : Instagram/yayukprunama

Membuat taman teras rumah terhindar dari banjir adalah membuat resapan air dengan memasang biopori. Salah satunya juga bisa anda imbangi dengan menambah area penghijauan seperti menutup lahan dengan rumput hias dan juga menanam pohon di lahan rumah. Selain akan membuat lingkungan semakin asri dan menyegarkan, manfaat biopori di area rumah dapat memberikan pasokan oksigen meningkat dan rumah semakin sehat. Pastikan lubang biopori anda tutupi denngan pipa PVC yang berlubang untuk menghalangi sampah anorganik masuk ke dalam tanpa mengganggu kesuburan tanah.


Desain taman teras rumah dengan biopori yang dapat menyuburkan tanah 


Sumber : Instagram/yuni.indra.w

Adanya desain taman teras rumah dengan biopori sangatlah membantu mencegah terjadinya kebanjiran. Namun hal ini bisa anda dampinig juga dengan menggunakan paving block yang dapat memberikan ruang untuk air masuk ke tanah melalui celah-celah paving. Selain itu air yang tersimpan di dalam tanah juga dapat membantu untuk menyuburkan tanah, karena air yang masuk ke dalam tanah membawa sampah organik. Dengan begitu lahan kecil dirumah bisa anda manfaatkan untuk bercocok tanam kecil-kecilan. Seru pasti bund!

Desain taman teras rumah dengan biopori serta menanam pohon

Sumber : Instagram/rumah_ginobrilian

Menanami halaman kecil dirumah dengan tanaman ataupun pohon seperti ini memang membuat hawa segar dan suasana yang asri. Selain dapat mencegah terjadinya kebanjiran, anda juga bisa memasangan taman teras rumah dengan biopori yang memiliki segudang manfaat seperti ulasan sebelumnya. Pastikan juga area rumah anda lebih tinggi dari taman ataupun carport untuk menghindari ari naik kedalam rumah


Itulah sekilas ulasan tentang desain taman teras dengan biopori yang bisa anda buat, tidak hanya untuk musim penghujan saja. Melainkan ketika musim kemarau anda masih memiliki simpanan air melimpah tanpa takut akan kekurangan air.

Terimakasih sudah menyimak ulasan ini, kita doakan semoga wilayah yang terkena banjir segera mereda dan kita semua mendapat perlindugan-Nya. Amiin


Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Baca Juga :

6 Desain Taman Rumah Sederhana Di Desa yang Bisa Dicontoh

Homeshabby.com -- Memiliki rumah sederhana di desa menjadi sebuah daya tarik tersendiri. Suasana pedesaan yang sejuk dan udara yang lebih sehat membuat rumah di pedesaan tak kalah menariknya dengan rumah diperkotaan.Umumnya, rumah di pedesaan didesain sederhana dan memiliki pekarangan yang cukup luas. ...




Inspirasi Cantik: Taman Rumah Minimalis Modern, Sejuk dan Asri

Homeshabby.com -- Taman memiliki peranan penting dalam sebuah hunian. Beberapa taman digunakan sebagai resapan air untuk menampung air hujan dan meminimalisir banjir. Taman pun juga dimanfaatkan untuk sumber penghawaan untuk sebuah hunian. Tak hanya itu, taman turut dimanfaatkan sebagai ruang bersantai...




6 Desain Populer Taman Rumah Batu Alam

 Homeshabby.com -- Tak hanya rumah dengan konsep minimalis yang bisa menerapkan taman disekitarnya. Bagi pencinta suasana sejuk tentu akan melakukan berbagai cara agar taman disekitar rumah terlihat asri dan menyegarkan. Apalagi pemilik rumah konsep tropical, tak heran jika memiliki ruang terbuka...




Kumpulan Contoh Gambar Taman Aesthetic yang Bisa Dicontoh

Homeshabby.com -- Urban jungle untuk menghadirkan kesejukan di rumah cukup mudah dilakukan. Banyak orang mengingikan taman pribadi dengan tampilan aesthetic mudah dicontoh. Kadang ukuran lahan kosong di rumah untuk taman cukup minim sehinnga membuat pemilik sedikit kebingungan akan mengatur seperti...




6 Desain Taman Teras Rumah Type 36 yang Bisa Jadi Rumah Idamanmu

 Homeshabby.com -- Rumah dengan type 36 atau juga dikenal dengan 6 x 6 menjadi salah satu type rumah favorit masyarakat Indonesia terutama bagi mereka pasangan muda maupun kalangan menengah yang nyaman dengan rumah minimalis. Memiliki rumah minimalis type 36 bukan berarti tidak bisa membangun rumah...





Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber


Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.