6 Inspirasi Desain Taman Lorong Samping Rumah yang Cantik dengan Ukuran Lahan 1,5 x 3 m

 

Picture : @nenk_kumiel

Homeshabby.com -- Rumah anda memiliki sisa lahan sempit di bagian samping? Lorong samping yang biasanya sebagai akses menuju bagian belakang rumah bisa menjadi area cantik, jika anda mengubah area kosong tersebut menjadi sebuah taman nan indah bukan hanya sekedar jalur lalu lalang saja. Lahan terbatas yang berukuran 1,5 x 3 m memanjang, dengan hanya menempatkan aneka tanaman di dalam pot, sebuah taman sudah bisa diwujudkan yang akan menjadi pusat daya tarik yang menarik, apalagi di situasi pergantian musim seperti ini. Berikut inspirasinya :


Picture : @windadwiastari

Berbagai tanaman dan bunga hias dalam pot mengisi taman lorong samping rumah ini. Memiliki daya tarik tersendiri dengan tatanan yang tersusun di bagian sisi dinding saja, sehingga akses jalur lalu lalang dengan jalan setapak yang dipenuhi kerikil dan keramik di bagian tengah tetap nyaman dan lancar. Tanaman hias yang cocok di area lorong yang sempit dan bisa anda gantungkan ke sisi dinding yaitu jenis tanaman sirih gading, lili paris atau pun calathea yang memiliki daun yang cantik dan mudah dalam perawatannya.


Picture : @homeofducha

Kalau biasanya rumah berbatasan langsung dengan pemukiman rumah yang padat, berbeda jika rumah anda berada di sekitar pekarangan kebun yang luas. Anda bisa mengganti bagian dinding pembatas dengan menanam tanaman "pucuk merah" sebagai pengganti pagar secara permanen. Tanaman yang tinggi dengan ujung daun merah yang cantik mampu membuat suasana ruang dan taman lorong samping rumah yang berukuran kecil bisa menjadi sejuk dan asri. Jika anda ingin menambahkan jenis tanaman lainnya, anda bisa menempatkannya di bagian ujung lorong agar jalur samping rumah terkesan lebih lega untuk beraktifitas.

 

Picture : @lord_architecture

Hunian bergaya industrial pasti memiliki space yang dibiarkan terbuka dan tidak terlalu banyak perabotan yang di tonjolkan. Maka dari itu, bagian samping rumah dengan ukuran yang limit dan sekaligus sebagai akses jalur menuju pintu samping atau belakang rumah bisa anda hias atau dekorasi menjadi taman yang enak di pandang. Bagian lantai dan dinding pembatas unfinished serta atap teralis besi sebagai aksen dekoratif tidak akan terasa sesak walaupun anda menambahkan tanaman atau pohon berukuran tinggi, seperti "palem" atau tanaman "bambu kuning".  Hal itu justru akan membuat penghawaan ruangan menjadi lebih sejuk dan menyenangkan.

 

Picture : @mansyurhasan_photography

Taman lorong samping rumah ini terkesan lebih simpel, menghiasi bagian tepi pagar yang sejajar sepanjang lorong dengan tanaman hias yang memiliki ciri khas tinggi, batangnya yang kecil dengan daun yang lebar dan berwarna hijau. Jenis tanaman ini cocok untuk lorong samping rumah anda yang ingin terkesan lebih sederhana namun tetap nampak cantik di lahan sempit. Jenis tanamannya seperti "pisang hias" atau "ketapang biola". Sedangkan untuk mendekorasi bagian lantai anda bisa menanam rumput hias menyeluruh menutupi tanah, sehingga lebih terlihat rapi dan memberi kesegaran alami.


Picture : @desaintamanrumah

Jika lebar lorong samping rumah anda lebih dari 1,5 m anda bisa memberikan aksen di bagian dinding pembatas seperti desain taman ini. Menambahkan panel kayu horizontal di sebagian sisinya, guna memberikan titik fokus penerangan lampu eksterior dan efek natural pada area taman memanjang ini yang mengubah suasana menjadi lebih hangat dan tenang di malam hari. Sedangkan bicara mengenai masalah pemilihan tanaman yang cocok dan sesuai konsep taman, anda bisa memilih jenis tanaman "adam hawa", "bonsai" atau tanaman lainnya yang memiliki warna yang beragam dan tanpa duri.

Baca Juga :

 

Desain dan Denah Rumah Lantai 2 dengan Ukuran 8 x 11 M Kombinasi Tosca dan Abu-Abu agar Terlihat Cerah

Homeshabby.com -- Kali ini kami akan membagikan desain dan denah rumah dengan kombinasi tosca dan abu-abu dalam setiap sudut ruangan. Warna tosca yang digunakan pada dinding, memiliki makna ketenangan dan kesejukan. Warna hijau tosca dipercaya dapat memberikan semangat ketika seseorang stres...

 

Desain dan Denah Rumah 2 Lantai dengan Luas Lahan 6 x 10 M Walaupun Kecil tapi Tampil Elegan

Homeshabby.com -- Kesempatan kali ini kami akan mengupas tentang desain dan denah rumah 2 lantai walaupun ukuran kecil tapi tetap terlihat elegan. Menghadirkan taman di setiap lantainya serta bagian atap yang menggunakan genteng berbahan beton flat rumah pun terlihat eksklusif dan elegan. Desain...

 

Inspirasi Desain Teras Rumah Cantik dan Cozy

Homeshabby.com -- Siapa nih yang hobi menghabiskan waktu santai di teras? Barangkali Anda salah satunya, bukan? Jika iya, maka desain teras rumah harus dibuat senyaman dan semenarik mungkin. Teras pun bisa jadi ruang refreshing dan relaksasi minimalis di rumah kita sendiri. Model teras minimalis hadir...

 

 

Desain dan Denah Rumah Minimalis 2 Lantai dengan Luas Lahan 6 x 12 M Konsep Sederhana Walaupun Kecil Cocok untuk Keluarga Besar

Desain dan denah rumah 2 lantai Homeshabby.com -- Selamat pagi bunda. Kali ini homeshabby.com akan membagikan seputar desain rumah 6 x 12 m dengan konsep sederhana, kecil namun cocok untuk keluarga besar. Rumah yang ideal adalah rumah minimalis 2 lantai namun cukup untuk anggota keluarga yang...



7 Model Desain Teras Rumah Minimalis untuk Rumah Sederhana Type 36

Homeshabby.com -- Mendesain teras rumah minimalis untuk rumah sederhana type 36, sebenarnya tak terlalu sulit. Anda hanya perlu memilih tampilan teras yang ingin dihadirkan di rumah Anda. Teras tersebut nantinya bisa digunakan untuk bersantai sambil merealisasikan hobi merawat tanaman bahkan berolahraga...


Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis    : Imka
Editor      : Munawaroh
Sumber   : Berbagai sumber

Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.