Desain dan Denah Rumah Minimalis 2 Lantai dengan Luas Lahan 6 x 12 M Konsep Sederhana Walaupun Kecil Cocok untuk Keluarga Besar

Desain dan denah rumah 2 lantai

Homeshabby.com -- Selamat pagi bunda. Kali ini homeshabby.com akan membagikan seputar desain rumah 6 x 12 m dengan konsep sederhana, kecil namun cocok untuk keluarga besar. Rumah yang ideal adalah rumah minimalis 2 lantai namun cukup untuk anggota keluarga yang terus bertambah. Ruangan menjadi lebih efektif, efisien dan lebih fleksibel dengan ukuran yang lebih kecil dan tidak akan memakan tempat, sesuaikan dengan fungsi dan selera anda agar tercipta suasana yang nyaman pada rumah. Nah, bagi anda yang berencana memiliki rumah yang ideal dan cocok untuk keluarga besar, berikut ini beberapa tips desain dari homeshabby.com sebagai referensi untuk anda. Selamat menyimak :)


Tampak depan

Fasad bangunan rumah minimalis 2 lantai dengan luas lahan 6 x 12 m biasanya cocok dengan type rumah 45 yang artinya bangunan memiliki luas kurang lebih 45 meter persegi. Tampilan depan rumah terlihat mewah, megah dan menarik untuk dipandang. Pemilihan eksterior yang sesuai dapat menciptakan desain rumah yang menawan. Atap rumah berbentuk pelana dengan dinding sopi-sopi membuat fasad rumah terlihat tegak dan tinggi. Kanopi dengan partisi batu-bata yang sudah di plester dengan semen dan cat warna putih mampu memberikan sirkulasi udara dan pencayahan masuk ke area rumah secara maksimal. Lantai halaman yang terbuat dari bahan grass block beton yang dapat menyerap air sehingga membuat halaman rumah terkesan sejuk didukung adanya tanaman hijau di depan teras.
 
Baca Juga :
 

Tak Perlu Modal Gede, Desain Teras Rumah yang Asri dengan Harga Murah Pas Kantong

Helloshabby.com -- Bun, mewujudkan teras asri nan nyaman ternyata tidak selalu harus ber-budget besar. Kita bisa membuat teras rumah yang sejuk dengan lebih hemat biaya. Kuncinya hanya terletak pada penataan dan pemilihan dekorasi sederhana, tapi tetap terlihat padu padan. Sehingga, teras segar dengan...
 


Desain dan Denah Rumah 9 x 13 M, dengan 3 Kamar Tidur dan Mushola untuk Ibadah Bersama Keluarga

Helloshabby.com - Hallo Bund, sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah 9 x 13 M? Kami hadirkan ulasan Desain dan Denah Rumah 9 x 13 M, dengan 3 Kamar Tidur dan Musola untuk Ibadah Bersama Keluarga. Tampilannya elegan dan pasti membuat keluarga nyaman berada di rumah ini. Ruangan pun didesain...

Desain Terbaru Taman Rumah Sederhana dan Cantik

Helloshabby.com -- Taman rumah kini hadir dengan berbagai gaya. Namun pastinya, setiap taman rumah akan menyajikan kesegaran dan kenyamanan maksimal. Sebab, tak sedikit orang yang menggunakan taman sebagai ruang refreshing ketika penat dan jenuh melanda. Taman rumah yang sederhana, ketika dibuat secantik...





Ruang keluarga

Konsep desain dari ruang keluarga sekaligus ruang tamu pada rumah dengan luas lahan 6 x 12 m adalah simpel namun nyaman. Ruang keluarga dengan asupan cahaya tentu akan tampil lebih maksimal terlebih pada sore hari dengan jendela mengarah ke barat karena arah matahari menjadi acuan anda juga dalam menempatkan jendela di area private keluarga. Warna lembut pada interior seperti cream, putih, abu-abu dan coklat mampu memberikan kesan hangat dan menenangkan untuk aktifitas berkumpul bersama keluarga. Guna adanya penyekat multifungsi selain sebagai pembatas antar ruang juga dapat dimanfaatkan untuk meletakkan tv ataupun dekorasi ruang lainnya sehingga akan terlihat luas dan cahaya akan menyeluruh ke seluruh sudut rumah. 



Dapur

Ada sebuah layout dapur leter L dengan susunan interior yang unik dan tone warna yang digunakan masih senada dengan konsep ruangan lainnya di dalam rumah.  Memasang kitchen set yang efisien membuat anda lebih leluasa dalam beraktifitas di dalam dapur walaupun ukuran yang cukup terbatas yaitu 1,7 x 1,7 m. Untuk menambah kesan berbeda, anda bisa menjadikan dinding dapur lebih inovatif dengan keramik tegel bermotif dan lantai warna kuning yang ceria. Pemilihan warna plain pada kitchen set dan lantai bermotif yang senada dengan dinding. Hasilnya, suasana dapur minimalis anda akan tampak begitu serasi.



Kamar tidur

Desain kamar tidur yang berada di lantai 2 dengan ukuran 3 x 3 m memungkinkan anda untuk peletakkan bed queen size lengkap dengan kursi minimalis di ujung kasur. Terdapat shiplap walls pelapis tembok dari kayu garis-garis dengan finishing cat abu-abu yang cantik membuat tampilan kamar tidur lebih elegan dan modern. Material interior yang berbahan alami mampu membuat nuansa hangat di dalam ruangan. 



Denah lantai 1

Berikut denah ruangan lantai 1 lengkap dengan ukurannya: 
Pada bagian depan adanya area carport ukuran 3 x 4,9 m, bersampingan dengan taman dan teras serta pagar pembatas di depan rumah berukuran 4 x 3 m, di bagian belakang carport terdapat space kosong yang dimanfaatkan untuk area gudang penyimpanan sekaligus parkir motor 3 x 3 m sehingga carport lebih terlihat lapang. Kamar tidur dengan ukuran 3 x 2,4 m serta 1 kamar mandi luar dibagian belakang 1,3 x 1,7 m. Agar ruangan dalam rumah lantai 1 terlihat luas pemanfaatan space untuk ruang keluarga, ruang makan dan dapur yang open space sangat tepat untuk diaplikasikan pada desain rumah anda sehingga walaupun anggota keluarga yang banyak akan tetap memberikan ruang gerak yang bebas. 


Denah lantai 2

Pada lantai 2 dengan luas lahan 6 x 12 m memberikan area balkon yang luas muat untuk 2 - 3 kursi minimalis dengan ukuran 4 x 3 m, Ruang pada lantai 2 memberikan area privat untuk penghuninya. Cocok untuk diletakkan 2 kamar tidur dengan 1 kamar anak  3 x 2,4 m dan 1 kamar utama 3 x 3 m. Penempatan tangga di bagian tengah membuat desain lantai 2 lebih menarik karena tentu akan ada lorong jalan yang sekaligus akan difungsikan sebagai penyekat pembatas dengan ruang keluarga dan mushola minimalis. Lanjut pada bagian belakang terdapat area laundry lengkap dengan rooftop untuk tempat berjemur 1,7 x 4,8 m dan 1 kamar mandi luar di sudut belakang 1,3 x 1,7 m. 


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber




Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah, dan kamar tidur anak.