7 Ide Menanam Sayur di Sekitar Rumah dengan Lahan Sempit

 
7 Ide Menanam Sayur di Sekitar Rumah dengan Lahan Sempit


Homeshabby.com -- Berkebun menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan pada waktu akhir pekan bersama keluarga dan anak-anak tercinta. Kegiatan produktif seperti ini memang saatnya dilakukan tidak harus menunggu masa pandemi ataupun hanya sekedar mengikuti trend saja. Padalah manfaat berkebun sendiri di rumah cukuplah banyak, salah satunya memberikan udara segar dilingkungan dan bisa menghemat pengeluaran. Meski dengan lahan yang sempit, menanam sayur di sekitar rumah bisa memanfaatkan beberapa cara seperti sistem hidroponik, hingga menggunakan konsep vertikal garden. Nah untuk anda yang masih berpikir dua kali untuk menanam sayur di lingkungan rumah, simak 7 Ide Menanam Sayur di Sekitar Rumah dengan Lahan Sempit yang bisa anda jadikan inspirasnya berikut ini!

Disekitar balkon rumah

suraiya_kamaruzzaman

Nah ide menanam sayur yang pertama ini bisa anda tiru. Memanfaatkan area balkon rumah pada bagian pinggiran, anda bisa membuat model persegi panjang yang biasanya dijadikan sebagai saluran air seperti yang terlihat. Mulai dari tanaman sawi, bayam ataupun kangkung bisa anda tempatkan di area ini untuk membuat area di balkon jadi lebih bermanfaat. Selain akan mudah untuk mendapatkan sinar matahari langsung, anda bisa membiarkan tanaman sayur dirumah terkena air hujan. Dengan begitu tanaman bisa tumbuh subur tetap dengan didampingi pemupukan.


Tanaman kangkung di pot bunga

makcikmanggis


Untuk anda yang kekurangan lahan tapi ingin menaman sayuran sendiri di rumah, memanfaatkan pot bunga ini bisa jadi salah satu solusinya. Selain muat banyak, pot bunga yang dijadikan tempat kangkung ini bisa muat banyak dan bisa jadi untuk sekali masakan bersama keluarga. Anda pun bisaa menanam tanaman lain dengan berbagai cara seperti di kotainer panjang. 


Tanam sayur dengan model vertikal garden

eidazuya_

Supaya lahan kosong dirumah bisa dimaksimalkan dengan baik sebagai area penghijauan, anda bisa mencoba metoda vertikal garden yang biasanya ditempelken pada dinding rumah. Nah selain itu, anda juga bisa menggunkan rak tanam model tangga yang berisi kontainer dengan isi tanaman sayur beragam. Mulai dari sawi, bayam, kangkung hingga tanaman herbal daun mint bisa anda tanam di kontainer ini. 


Green house di area rooftop

idaamal12


Tidak perlu lahan luas berhetkar-hektar untuk menyalurkan hobi berkebun di rumah yang sempit. Area rooftop ini menjadi salah satu area yang sangat bagus dan tepat untuk dijadikan kebun rumah dengan konsep green house. Anda bisa menggunakan atap polycarbonate ataupun atap membran yang tampak seperti kain tapi masih bisa untuk mendapatkan sinar matahari. Nah area ini bisa anda isi dengan berbagai tanaman toga (tanaman obat keluarga), hingga tanaman sayur dan buah. Anda bisa memilih tanaman yang ringkat seperti tabulampot yang hanya menggunakan media pot saja saat proses menanam.


Area sekitar pagar rumah

erma_hari

Menyalurkan hobi berkebun dirumah sangat asik dilakukan di lingkungan terbuka. Nah salah satunya, anda bisa menggunakan area sekitar pagar rumah yang terlihat masih kosong. Berbagai tanaman sayur bisa anda tempatkan disini seperti cabai, tomat, terong hingga bunga hias sekalipun. Selain juga dapat membantuk kesegaran alami di rumah, perasaan tenang dan rileks saat melihat hijau-hiajuan akan menenangkan pikiran.


Media hidroponik untuk tanam sayur di rooftop

infarm.id

Nah ide berikutnya yang bisa anda tiru adalah menggunakan media hidroponik. Proses yang cukup mudah dengan sistem hidroponik ini sangat mudah anda tempatkan di area rumah seperti teras, samping rumah bahkan rooftop sekalipun. Biasanya tanaan hidroponik yang sering dipilih adalah sawi, selada, bawang hingga tanaman cabai. Tapi anda harus banyak mencari referensi sebelum memilih sistem hidroponik untuk memulai berkebun di rumah supaya berhasil dan tidak gagal.



Berbagai media tanam sayur di atap rumah

marlinaananti

Bagi anda yang sedang kesulitan mencari lahan untuk menanam sayur di rumah, area atap ini bisa anda pilih. Tanaman sayur seperti kangkung, sawi, selada hingga tomat bisa anda pilih dengan menggunakan media tanam di tanah dan di air dengan sistem hidroponik. Anda bisa menggunakan berbagai sistem tanam dan media untuk menamam sayur di rumah meski lahan yang anda miliki sangat sedikit.



Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.




Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber


Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.