7 Ide Sederhana Menyatukan Ruang Tamu dan Ruang Keluarga Tanpa Sekat

7 Ide Sederhana Menyatukan Ruang Tamu dan Ruang Keluarga Tanpa Sekat

Homeshabby.com -- Rumah merupakan kebutuhan primer untuk setiap orang yang harus terpenuhi. Selain digunakan untuk tempat berkumpul bersama keluarga, rumah jadi tempat istirahat ternyaman ketika senang ataupun susah. Apalagi dengan adanya ruang keluarga dan ruang tamu di rumah menjadi salah satu kebtuhan penting yang harus ada untuk komponen interior rumah.

Agar memiliki desain ruang tamu dan ruang keluarga yang nyaman, maka anda perlu mendesainnya dengan dekorasi yang tepat serta pertimbangan yang matang. Meskipun pada dasarnya ruang tamu dan ruang keluarga untuk tempat berkumpul dan menerima tamu, kamu harus memikirakan sisi estetik dan kenyamanan untuk kedua interior tersebut. Jika pada rumah besar ruang tamu dan ruang keluarga terpisah memiliki ruang sendiri, 7 Ide Sederhana Menyatukan Ruang Tamu dan Ruang Keluarga Tanpa Sekat ini bisa diterapkan untuk rumah yang minimalis dengan ukuran yang sedikit lebih mungil. Untuk inspirasi jelasnya, yuk simak ulasannya dibawah ini!


Ruang tamu open plan tanpa sekat dengan membedakan pemilihan furniture

interiox.id


Masih jadi perhatian jika ruang tamu dan ruang keluarga termasuk area penting di rumah dengan fungsionalitas tinggi sebagai tempat menerima tamu dan berkumpul. Ide sederhana yang dapat kamu coba untuk membedakan kedua ruang tersebut adalah dengan membuat area atau lorong terbuka tanpa sekat. Gunakan interior yang berbeda, untuk ruang tamu jadikan area yang semi-formal. Kamu bisa memilih sofa dengan nuasna gold mewah yang lebih berkelas. Pada area ruang keluarga pilihkan desain furniture yang lebih enjoy dan cocok untuk tempat bersantai.


Jadikan vas bunga sebagai pembeda ruang tamu dan ruang keluarga

home_melan

Meski ruang keluarga dan ruang tamu berada di area yang sama dengan konsep open plan. Kamu bisa mencoba memberikan pembeda antara kedua ruang tersebut. Tempatkan satu vas bunga di antara sofa dan kabinet TV seperti ini. Selain akan membuat kesan yang lebih privasi walau tanpa sekat. kamu juga bisa memiliha funriture yang berbeda. Tempatkan satu sofa untuk ruang tamu yang sejajar dengan kabinet TV. Dengan letak yang berlawanan, sofa atau dudukan di area ruang keluarga bisa kamu letakkan di depan TV. 


Menggunakan konsep berbeda agar ruang tamu dan ruang keluarga lebih nyaman


pelangi_shakila

Ukuran rumah yang tidak terlalu besar dapat kamu ubah dengan konsep open plan. Kesan luas ketika berkegiatan akan terasa nyaman untuk menerima tamu dan berkumpul bersama. Apalagi jika ruang tamu dan ruang keluarga kamu bedakan konsep interiornya. Tentu saja akan terasa nyaman dan lebih indah untuk dipandang. Nuansa cream yang soft untuk ruang tamu ini memberikan konsep ruang terasa hangat dengan fungsionalnya sebagai menerima tamu.

Pada ruang keluarga di rumah, terlihat penggunaan sofa lebih dark dan kontras warna hitam beserta karpet monokromnya. Dekorasi kedua ruang yang berbeda tapi tetap stylish ini akan memberikan kesan estetik untuk rumah minimalismu. 


Hadirkan konsep taman minimalis dengan taman menggunakan rak terbuka

meyrizkiaa

Ruang yang berada dalah satu ruangan tidaklah masalah. Namun kamu perlu memberikan pembeda antara keduanya untuk menciptakan suasana nyaman dan lebih bebas. Seperti ruang tamu dan ruang keluarga berikut ini. Hanya dengan meletakkan rak terbuka di antara kedua ruang, kamu bisa membuat taman minimalis di dalam rumah dan berfungsi untuk pembatas. Sealin itu, kamu bisa menyamakan interior ruang. Jika untuk ruang tamu disediakan sofa sebagai dudukan dan fungsional menerima tamu, kamu bisa lebih leluasa untuk berkumpul dengan keluarga menggunakan konsep lesehan di bawah.


Batasi dengan jendela untuk membedakan ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat

rumah_suir

Agar ketika menerima tamu kamu dan tamu merasa nyaman, konsep privasi tentu sangat perlu digunakan. Namun jika kamu termasuk pemilik rumah dengan ukuran kecil, pasti saja akan menggunakan ruang open plan antara ruang tamu dan ruang keluarga. Untuk memberikan batasan antara kedua ruang tersebut, kamu bisa meletakkan ruang tamu di bagian paling pertama ketika memasuki rumah. Jendela ruang yang digunakan sebagai ventilasi ini tidak harus untuk penernagan saja, namun fungsional untuk membedakan ruang tamu dan ruang keluarga pada rumah yang menggunakan konsep open plan.


Bedakan elevasi lantai antara ruang tamu dan ruang keluarga

carinhome_

Cara mudah yang bisa kamu lakukan ketika memiliki ruang konsep open plan dalam satu ruangan adalah dengan membedakan elevasi kedua ruang. Selain untuk  memberikan jarak dan terkesan tak sama meski tanpa penggunaan sekat, cara ini cukup efektif dilakukan. Agar semakin dinamis kamu dapat membedakan konsep ruang tamu dan ruang keluarga dengan adanya penggunaan furniture. Seperti untuk ruang tamu yang hanya perlu sofa dan coffee table, kamu bisa memasukan furniture kabinet, sofa hingga karpet untuk konsep ruang keluarga lesehan di bawah.


Bedakan material dinding atau lantai ruang tamu dan ruang keluarga

rumahkecil.vanilla


Karena ruang tamu dan ruang keluarga memiliki fungsional yang penting untuk rumah. Kamu bisa memberikan tampilan yang cantik dengan pemilihan material keramik lantai ataupun dinding ruangnya. Misanya saja agar lebih dekoratif dan estetik, wallpaper dinding untuk ruang keluarga dapat digunakan dan mengganti keramik di ruang tamu dengan warna yang lebih dark atau menggunakan lantai parket. Cara seperti ini dapat membuat ruang terkesan lebih bebas dan memiliki batasannya masing-masing tanpa penggunaan penyekat ruang.

Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.




Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Baca juga :
 

6 Kreasi Desain Ruang Keluarga Minimalis Terbaru 2021

 Ruang keluarga miniamalis terbaruHomesahbby.com -- Ruang keluarga menjadi salah satu ruangan penting memiliki fungsi sangat vital untuk berkumpul, santai dan menghabiskan waktu dengan keluarga tercinta. Apalagi jika keluarga anda senang berkumpul, tentu kegiatan diluar rumah sudah cukup jarang...

7 Inspirasi Desain Ruang Tamu Ukuran 2 x 1 M Menyatu Dengan Ruang Keluarga

7 Inspirasi Desain Ruang Tamu Ukuran 2 x 1 M Menyatu Dengan Ruang KeluargaHomeshabby.com --Dalam menata ruang tamu yang ukurannya kecil memang perlu desain serta dekorasi yang tepat, apalagi jika ruang tamu menyatu dengan ruang keluarga. Tentu anda perlu menempatkan ruang tamu di area pertama di dalam...

6 Ide Menggabungkan Ruang Tamu dan Keluarga Untuk Rumah Type 36 Atau 45

6 Ide Menggabungkan Ruang Tamu dan Keluarga Untuk Rumah Type 36 Atau 45Homeshabby.com -- Memiliki rumah dengan kelengkapan yang memadai menjadi impian semua orang. Meski dengan budget terbatas, anda bisa mewujudkanya dengan konsep matang untuk penataan ruang yang nyaman dan mengesankan. Bukan masalah...

 
 
 
 
 
Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.