Estimasi Anggaran Renovasi Dapur Minimalis dan Cantik Disertai Perhitungannya !!

 

Homeshabby.com - Dapur merupakan tempat yang harus ada di setiap bangunan rumah. Hal ini menggingat pentingnya peran dari dapur di rumah minimalis. Untuk itu jika anda berencana untuk merenovasi dapur lama menjadi tampilan baru dan minimalis maka anda harus memikirkan anggaran yang akan di keluarkan untuk merenovasi dapur kecil. 



Estimasi Anggaran Biaya


Untuk estimasi membangun atau renovasi dapur, aanda perlu memperkirakan terlebih dahulu material yang digunakan dan perabotan apa saja yang ingin anda miliki. Sebagai contoh, biaya renovasi dapur dengan pembuatan kitchen set dan tanpa kitchen set tentunya akan berbeda. 



Untuk menghitung estimasi biaya renovasi dapur, anda bisa mendiskusikannya dengan tukang bangunan.  Sebagai referensi, berikut ini rincian harga material untuk renovasi dapur. Namun, perlu diketahui jika harga di bawah ini bersifat ilustrasi dan estimasi. Anda tetap perlu mendatangi toko bangunan langsung untuk mengetahui harga bahan bangunan yang pasti. 



- Jasa tukang bangunan: Tarifnya sangat bervariatif tergantung daerah atau domisili rumah Anda. Perkirakan tarifnya Rp100.000 per orang. Dengan perkiraan memerlukan 2 orang selama 5 hari, maka Anda perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp1.000.000

- Cat dinding: Estimasi mulai dari Rp90.000 hingga Rp210.000 untuk cat 5 kg. Harga cat tergantung pada jenis dan merek cat yang digunakan. 

- Keramik Dinding: Harga mulai dari Rp37.000 hingga Rp105.000/m2. Pelajari Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Sebelum Pasang Sendiri dalam artikel tersebut.

- Granit Meja: Untuk kitchen table top, Anda bisa menggunakan granit  agar lebih tahan lama.  Estimasi harga granit bergantung pada ukuran, siapkan budget mulai dari Rp350.000.



- Besi ukuran 8: Rp35.000 x 2 = Rp70.000

- Pasir: Estimasi mulai dari Rp300.000

- Semen: Estimasi mulai dari Rp40.000/sak x 2 = Rp80.000

- Batu Bata: Estimasi mulai dari Rp1.000 x 30 = Rp30.000

- Wastafel dapur: Harga wastafel untuk dapur atau bak cuci piring bergantung pada material yang digunakan. Sebagai contoh, bak cuci piring atau kitchen sink dijual mulai dari Rp107.000



Estimasi biaya renovasi dapur di atas merupakan ilustrasi untuk dapur kecil. Ada baiknya siapkan budget mulai dari Rp3.500.000 hingga Rp5.000.000 untuk renovasi dapur kecil. Namun, jika dapur Anda cukup luas maka budget akan menyesuaikan. Jangan lupa untuk menyiapkan dana darurat karena terkadang melakukan renovasi kecil-kecilan di rumah membutuhkan biaya tambahan dadakan.




Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.

Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Dwi
Editor    : Munawaroh
Sumber : berbagai sumber 




Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.