Cara Menyebarkan Tanaman Metode Propagasi Air - Gratis!

 
Cara Menyebarkan Tanaman Metode Propagasi Air - Gratis!


Homeshabby.com -- Selama ini menyebarkan tanaman hias menggunakan stek batang dan menempatkan di tanah berisi pot. Padahal ada cara lain yang bisa digunakan untuk menyebarkan tanaman hias, yaitu dengan propagasi air yang mudah untuk ditumbuhkan. Propagasi tanaman di dalam air merupakan yang sangat mudah dicoba. Beberapa jenis tanaman yang bisa di perbanyak dengan air seperti monstera, philodendron ataupun succulent. Simak Cara Menyebarkan Tanaman Metode Propagasi Air di bawah ini;


Pilih tanaman yang sehat

succulentsuz


Sebelum melakukan propagasi tanaman di dalam air anda bisa memilih jenis tanaman yang sehat dan tidak terkena penyakit. Jika menggunakan tanaman yang sakit, cara ini akan menghambat propagasi dan bisa jadi gagal. Pilih ciri tanaman hias yang tidak berbintik, tidak berwarna kuning dan pastikan pilih tanaman dengan batang yang kokoh.


Perhatikan batang tanaman

plantone.id


Jika telah memastikan tanaman tersebut sehat, anda bisa memilih batang tanaman yang akan di potong. Pilih batang tanaman yang sehat dan memiliki beberapa helai daun. Potong batang tanaman tersebut pada bagian yang paling kokoh untuk bakal akar tanaman tumbuh.


Bersihkan batang yang telah di potong

peaceloveandhappinessclub


Setelah batang tanaman di potong, jangan terburu-buru memasukkannya ke dalam toples berisi air. Bersihkan terlebih dahulu untuk mencuci kotoran yang menempel agar tidak ikut terendam air. Jangan lupa menyisakan dua pada bagian ruang batang. 

Masukkan ke dalam air 

plantcareclub

Setelah memilih batang tanaman yang sehat dan tahapan lainnya, berikutnya untuk menumbuhkan tanaman di dalam air adalah dengan memilih toples kaca yang telah diisi air normal dengan suhu ruangan. Karena suhu yang terlalu rendah atau tinggi dapat menghambat proses pertumbuhan akar.


Perawatan tanaman

munoz_succulent

Tahapan selanjutnya adalah dengan melakukan perawatan pada tanaman yang telah dipindahkan ke dalam air. Anda bisa menempatkan tanaman ini di sekitar jendela rumah yang menghadap ke barat, selatan atau utara. Ini akan memberikan pencahayaan optimal tapi tidak langsung. Ganti air secara teratur setidaknya 2 kali dalam seminggu untuk menghindari pertumbuhan alga.




Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.




Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber




Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.