Desain Denah Rumah Minimalis Ukuran 5 x 11 Meter dengan Rooftop Balkon

Desain Denah Rumah Minimalis Ukuran 5 x 11 Meter dengan Rooftop Balkon

 


Homeshabby.com -- Sebelum mengulas rumah minimalis ukuran 5 x 11 meter yang tampak kecil. Anda bisa mempertimbangkan desainnya terlebih dahulu untuk beberapa ruang pribadi dan publik. Mengingat ukuran lahan yang sempit dan terbatas, anda bias mendesain rumah dengan model tinggi atau menambah lantai lagi untuk memaksimalkan lahan yang terbatas dan menambah ruang lebih banyak dan fungsional. Inspirasi desainnya, dapat anda simak pada Desain Denah Rumah Minimalis Ukuran 5 x 11 Meter dengan Rooftop Balkon di bawah ini:


Tampak  fasad rumah



Dari bagian fasad, rumah ini memang terlihat kecil dengan ukuran 5 x 11 meter. Namun desainnya yang sederhana dan lebih modern membuat rumah ini tidak terkesan kuno. Penggunaan material alami pada bagian fasad di tambha dengan sedikit aksen batu alam serta awning pada area teras. Frame untuk jendela rumah pun ditambahkan list agar terbingkai dengan sempurna. Melihat sisi atas, rumah ini memiliki area rooftop balkon yang terbuka dengan railing agar lebih aman.



Tampak sisi fasad rumah 



Dari bagian sisinya, fasad rumah ini terlihat detail yang simetris. Rumah minimalis ukuran 5 x 11 meter yang tergolong rumah kecil ini tetap memiliki desain yang menarik meski tanpa adanya carport ataupun halaman yang luas. Oleh karena itu, anda bisa memanfaatkan sisa lahan jika masih ada untuk dijadikan tempat simpan kendaraan hingga space lain agar ruang gerak lebih bebas dan berguna sebagai taman ataupun area outdoor bersama keluarga.



Tampak fasad atap rumah




Hunian ini bisa dikatakan sebagai rumah tumbuh yang dapat ditambah lantai 2 untuk bagian atas. Dari tampak fasad atap, rumah ini memiliki rooftop semi terbuka yang fungsional untuk berbagai kegiatan outdoor bersama keluarga. Pada hunian inti, rumah ini menggunakan atap model pelana minimalis dengan kombinasi  kanopi untuk bagian balkon rooftop. Selain itu, untuk area tangga pemilik menggunakan atap kanopi kaca agar membuat bagian tangga tidak gelap dan lebih terang.


Detail denah rumah inti



Rumah ukuran 5 x 11 meter ini memang terlihat kecil tapi memiliki pembagian ruang dengan detail denah sebagai berikut:

- Teras rumah ukuran 2.5 x 1.5 meter
- Taman rumah ukuran 2.5 x 1.5 meter
- Ruang tamu/ruang keluarga ukuran 2.5 x 4 meter
- Kamar tidur 1 ukuran 2.5 x 3 meter
- Ruang makan di dekat tangga ukuran 2 x 3 meter
- Mushola ukuran 2.5 x 1.75 meter
- Kamar tidur 2 ukuran 2.5 x 2 meter
- Dapur ukuran 2 x 1.5 meter
- Gudang ukuran 2.5 x 1.25 meter
- Kamar mandi ukuran 1.5 x 1.5 meter


Pembagian ruangan 




Pada pembagian ruang untuk lantai 1 rumah ini cukup maksimal sebagai rumah pada umumnya. Rumah dengan space yang kecil membagi lahan dengan rapi untuk area depan sebagai teras dan taman. Terdapat ruang tamu yang sekaligus dijadikan ruang keluarga untuk interiornya. Selain itu terdapat 1 kamar tidur di area depan, mushola dan ruang makan di bawah tangga. Pada area belakang terdapat 1 kamar tidur lagi yang berhadapan dengan dapur, serta terdapat kamar mandi dan gudang di area paling belakang.


Detail denah balkon




Rumah minimalis  5 x 11 meter ini memiliki area semi terbuka yaitu rooftop balkon rumah yang sangat fungsional untuk dijadikan tempat makan hingga area cuci jemur. Dengan ukuran tangga sepanjang 6 meter dan lebar 92.5 cm. Keseluruhan balkon yang digunakan berukuran 4.075  x 3 meter seperti yang terlihat pada detail denah di atas.


Detail area balkon



Untuk area rooftop balok, rumah ini memaksimalkan seperempat bagian saja yang  dijadikan tempat santai dengan dilengkapi set furniture. Area ini dibuat dengan konsep semi terbuka menggunakan atap galvalum agar sedikit tertutup dan melindungi bagian bawahnya dari hujan dan panas. Selain untuk dijadikan area santai saja, anda bisa memanfaatkan area ini untuk ruang cuci jemur dengan mudah. 


 

Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.




Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Noman Desain Rumah



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.


Bagi anda yang membutuhkan jasa desain rumah minimalis silahkan hubungi whatsapp 08568160677 atau klik www.hsdesain.com