7 Trik Cermat Untuk Ruang Tamu Kecil Jadi Lebih Luas

7 Trik Cermat Untuk Ruang Tamu Kecil Jadi Lebih Luas


Homeshabby.com -- Saat ini hunian kecil memang jadi pilihan banyak orang karena ukurannya pas untuk keluarga baru menikah hingga investasi di masa mendatang. Memiliki hunian yang kecil pun harus siap jika interior ruangnya akan berukuran kecil pula termasuk ruang tamu. Tapi ini bukan masalah untuk anda khawatirkan saat ingin mendekorasi interiornya jadi lebih luas dan cantik. Apalagi ruang tamu merupakan ruangan yang paling penting di rumah untuk menerima tamu hingga area fungsional lain untuk ruang keluarga. Untuk mendekorasi ruang tamu yang kecil, anda bisa simak 7 Trik Cermat Untuk Ruang Tamu Kecil Jadi Lebih Luas di bawah ini:


Pilih ruang tamu dengan sofa yang tepat

rumahcaca

Hal penting di ruang tamu adalah adanya sofa yang kegunaannya untuk tempat duduk. Selain itu juga sebagai pelengkap ruangan yang sangat mendominasi. Dengan ukuran yang kecil, ruang tamu kali ini cukup anda lengkapi dengan sofa minimalis beserta coffee table serupa. Sementara dekorasinya, gunakan dekorasi minimalis seperti cermin untuk membuat ruangan tampak lebih lapang. Jangan lupa untuk mengukur besar kecilnya sofa agar sesuai dengan ukuran ruang tamu yang ada, sehingga sofa tetap pas saat dimasukkan ke dalam rumah.


Tempatkan perabot serta dekorasi seperlunya saja

rumah_shie


Untuk mendekorasi ruang tamu yang kecil, memilih dekorasi dan perabot di ruang tamu perlu di sesuaikan dengan ukurannya. Apalagi ruang tamu di rumah terbilang cukup kecil dan tidak memungkinkan untuk menambahkan perabot secara berlebihan. Misalnya saja dengan menggunakan sofa minimalis tanpa menambahkan kursi lain. Atur juga dekorasi yang ada, anda bisa memilih dekorasi bergaya Japandi atau Scandinavian yang mementingkan fungsional ruang ketimbang ukurannya. 


Menggunakan lampu untuk ilusi ruang lebih luas

roemahtepisawah


Tanpa disadari, pencahayaan dari lampu ruangan dipercaya dapat membuat interior ruang tamu jadi lebih luas. Lampu akan menyinari interior saat malam hari dan mencari dekorasi saat singat hari. Anda bisa memilih model lampu pada ruang tamu dengan berbagai jenis. Misalnya lampu gantung, downlight ataupun standing lamp sebagai lampu tambahan.


Maksimal pencahayaan agar ruang jauh dari kesan pengap

homeputri02


Ukuran yang kecil saat memiliki ruang tamu di rumah bukanlah masala. Asalkan ruang tersebut memiliki ventilasi maksimal untuk memberikan efek lega ke dalam ruangan. Misalnya saja dengan menambahkan jendela di sisi pintu utama rumah dengan kaca transparan sehingga ruang tamu terasa lebih dinamis dan detail dekorasinya tercipta apik. Jangan lupa untuk menambahkan cermin ataupun standing mirror yang berfungsi langsung sebagai dekorasi.


Memilih interior yang senada 

ernasky

Untuk membuat ruang tamu kecil yang terkesan rapi dan lapang meski ukurannya terbilang kecil, anda bisa menghindari warna-warna yang mencolok untuk menghindari ruangan terlihat lebih gelap. Misalnya dengan warna abu-abu yang senada agar ruangan tetap dinamis dan lebih selaras. Maksimalkan detail rapi pada ruang tamu ini dengan sofa, dinding hingga gorden nuansa abu-abu yang modern. Dekorasi ringan seperti ini akan cocok jika anda buat konsep ruang tema monokrom rapi dan lebih stylish.


Dekorasikan ruang tamu kecil dengan sedikit tanaman hias

dekorasiruangtamu

Jangan pernah melupakan unsur tanaman hiaju meski ukuran ruang tamu di rumah kecil seperti ini. Ruangan yang identik dengan gaya estetik rustic warna soft beige ini membuat ruang kecil jadi tampak lebih lapang. Samakan pemilihan warna sofa dengan dinding ruangan serta dekorasi bahan rotan alami yang hangat. Terutama bagian dinding, anda bisa mempercantik dengan dekorasi rak geometris yang dipenuhi tanaman hias. Dengan begitu ruang tamu kecil akan tetap cantik dan nyaman jadi pilihan menerima tamu.


Memilih konsep open plan luas tanpa sekat

dekorasiruangminimalis


Trik terakhir untuk membuat ruang tamu kecil jadi lebih luas adalah membiarkan interiornya tanpa sekat ataupun adanya pembatas di sekitarnya. Cara ini sering dijadikan pilihan untuk rumah kecil dan berbagai interior ruang lain. Meski telah menggunakan konsep open plan tanpa sekat, anda bisa menyeimbangkan pemilihan interiornya dengan warna yang merata ataupun menyesuaikan size furniture untuk mengisi bagian dalam.





Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.