Inspirasi Desain Rumah Batako yang Ekonomis Untuk Keluarga Mungil

 
Inspirasi Desain Rumah Batako yang Ekonomis Untuk Keluarga Mungil

Homeshabby.com -- Membangun rumah tidak harus terfokus pada ukurannya saja, melainkan perlu pertimbangan dari sisi material, perabot yang digunakan hingga hal utamanya adalah biaya yang diperlukan. Untuk memilih rumah yang tepat dari konsturksi dan desainnya, anda perlu mengutamakan kekuatan rumah untuk mengurangi resiko roboh atau kebocoran. Bagian penting untuk membuat terbentuknya rumah adalah dindingnya. Anda bisa memilih material dinding yang kuat dengan budget yang ekonomis. Salah satunya adalah batako.

Seperti yang diketahui, batak adalah material yang dibuat dari campuran semen, pasir kasar dan air. Pembuatannya yang relatif lebih mudah daripada batu bata ini pun juga memiliki harga yang relatif rumah dengan bobot ringan. Berikut ini ulasan tentang Inspirasi Desain Rumah Batako yang Ekonomis Untuk Keluarga Mungil yang bisa anda jadikan contohnya:



Fasad rumah dengan dinding batako dan atap galvalum



Tampilan fasad rumah mungil dari material batako ini bisa dikatakan rumah tumbuh. Rumah yang belom finishing akhir ini tetap siap jadi hunian nyaman bersama keluarga. Dinding batako yang rapi ditata dengan susunan hampir mirip slate stone seperti batu alam. Dengan menggunakan atap material galvalum yang memiliki kelebihan unggul seperti meredam suara hujan dan membuat interior rumah lebih hangat saat musim hujan.

Meski dikatakan dengan rumah tumbuh, pemilik tetap melengkapi ventilasi hingga akses keluar masuk dengan pintu. Selain itu, rumah pun juga maksimal dengan roster untuk penghawaan ruangan. 


Interior sederhana dengan tema hijau


Meskipun dengan interior yang belum selesai, rumah ini tak masalah untuk dijadikan tempat tinggal bersama keluarga. Tampilan yang tampak tematik dengan karakter penuh memiliki warna hijau segar pada bagian karpet hingga gorden ruangan. Penggunaan gorden ruangan ini tampak dinamis dan juga berguna  sebagai penutup jendela pengganti tralis rumah yang belum dipasang.


Dekorasi ruang tv lesehan yang nyaman



Furniture yang belum terisi secara menyeluruh pada ruang tv lesehan ini tetap nyaman digunakan. Begitupun dengan penggunaan lantai semen ini dilapisi karpet warna hijau dan kasur tipis untuk kegiatan nonton bersama keluarga yang lebih menyenangkan. Dekorasi ruang bertema keropi ini nampak dinamis dan memberikan tema interior ruang yang semakin cantik.


Ruang tv dengan kipas angin


Penggunaan material batako memang dapat menyerap panas, sehingga perlu adanya sumber angin di dalam ruangan. Pemilik menggunakan kipas angin untuk menyegarkan ruangan agar tidak terlalu panas. Anda bisa meminimalisir panas di dalam ruangan dengan menambahkan ventilasi jendela hingga jalusi untuk penghawaan interior jadi lebih segar. Jika perlu, tambahkan tanaman hias untuk membuat ruangan jadi lebih hidup. 


Dinding batako yang fungsional dengan rak tambahan


Daripada dibiarkan kosong pada area dinding, anda bisa memanfaatkan dinding batako di rumah sebagai tempat simpan yang fungsional. Masih tetap dengan interior segar, nuansa hijau dengan tema keropi tampak cantik dengan alas lantai menggunakan karpet plastik.


Desain dapur sederhana tema hijau


Ruang dapur yang dibuat minimalis dengan menggunakan meja kayu tampak sederhana. Menggunakan alas meja warna hijau untuk melindungi warna kayu yang cokelat natural. Permukaan dinding diisi dengan segala perabot dapur serba hijau untuk membuat rumah batako ini lebih berkarakter.


Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang batako, anda bisa mengetahu kelebihan dan kekurangan dari material ini:

Kelebihan menggunakan batako :
- Materialnya yang kuat membuat batako ini tahan terhadap air
- Tidak perlu menggunakan cat anti bocor karena aman air
- Hemat pengeluaran
- Pemasangan yang mudah karena batako ini memiliki ukuran yang besar
- Harganya relatif murah dan memiliki bobot yang ringan


Kekurangan yang dimiliki saat menggunakan batako:
- Karena memiliki bobot yang ringan, batako ini membuat rumah lebih mudah retak
- Perlu kehati-hatian saat memasangnya karena material di bagian tengahnya mudah retak
- Mudah menyerap panas karena bahan dasar batako 50 persen dari semen
- Tidak meredan suara dengan baik, karena bobotnya yang ringan

Itulah sedikit ulasan yang bisa anda jadikan bahan pertimbangan saat memiliki rumah dengan material batako. Material batako dan material lainnya pun memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing bisa disesuaikan dengan daerah. Jika anda ingin memiliki rumah minimalis dengan budget terjangkau, material batako ini bisa jadi salah satu pilihannya.




Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Nara Aprilia Putri



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.