7 Jenis Tanaman Dalam Ruangan Yang Cantik dan Mudah Di Rawat

7 Jenis Tanaman Dalam Ruangan Yang Cantik dan Mudah Di Rawat

Homeshabby.com -- Kesehatan merupakan hal penting yang harus diutamakan untuk membuat tubuh tetap segar dan bebas beraktivitas. Kegiatan yang nyaman penting diimbangi dengan suasana lingkungan bersih dan menyegarkan. Meskipun hanya berada di dalam rumah, meletakkan tanaman hias di ruangan memiliki berbagai macam manfaat yang berguna bagi kesehatan seperti menyerap racun hingga membuat kesan rileks.

Tidak hanya berguna sebagai kesehatan saja, tanaman hias juga dapat memberikan interior ruang jadi lebih dekoratif dan menghidupkan ruangan. Namun anda tidak bisa sembarangan dalam memilih tanaman hias untuk interior ruangan. Beberapa tanaman indoor yang bisa tahan di dalam ruangan bisa anda simak pada 7 Jenis Tanaman Dalam Ruangan Yang Cantik dan Mudah Di Rawat berikut ini:


 

Tanaman karet fiddle leaf flag

rumahimoet

Tanaman hias yang biasa disebut dengan ara biola ini merupakan tanaman yang memiliki daun lebar, tebal dan tegak. Memiliki manfaat yang cukup banyak untuk interior ruangan sebagai penghilang stres, pelepas rasa jenuh hingga dekorasi rumah yang menarik. Tampilan daun yang mengkilap ini akan tampak mencolok bila ditempatkan di dalam ruangan. Dikenal sebagai tanaman yang tangguh, perawatan yang mudah sangat cocok untuk para pemula.



Monstera yang segar untuk interior tropical

qais_home


Namanya yang sedang populer hingga saat ini banyak diminati banyak orang adalah monstera. Tanaman yang memiliki daun besar dan menjari ini tanpa disangka memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Karena, tanaman ini dapat menyerap CO2 yang baik saat malam hari dan melepaskan okisgen saat siang hari. Dengan begitu, tanaman ini juga dapat membuat ruangan jadi lebih menyegarkan saat pagi.

Selain CO2, tanaman ini juga dapat menyerap zat berbahaya lain seperti formaldehida, xylene dan toulene.


Percantik ruangan dengan tanaman spider plant/lili paris

ibu_abyray

Tanaman spider plant atau lili paris ini memiliki bentuk unik dan relatif mungil untuk interior sudut ruangan. Memiliki manfaat yang cukup banyak sebagai interior ruangan seperti menyerap karsinogen, benzena dan nikotin. Selain itu tanaman ini dapat mengubah oksiden yang baik untuk kesehatan ruangn. Dengan perawatan yang mudah, tanaman ini mudah tumbuh dan menyukai kelembaban yang cukup tinggi.


Sudut ruang yang cantik dengan tanaman ficus plant

griya.ryo

Dikenal dengan naman ficus plant atau rubber plant, tanaman hias yang dimanfaatkan untuk pembersih udara di dalam ruangan bisa jadi pilihan menarik. Selain memiliki manfaat yang cukup besar bagi ruangan, ciri tanaman dengan daun mengkilap tekstur yang lembut dan daun bentuk bulat tahan kering. Tanaman yang memiliki perawatan mudah dan tidak membutuhkan banyak cahaya ini cukup diberikan air yang teratur saat tanahnya kering.

Anda bisa menjadikan tanaman ini sebagai pemanis sudut ruangan di rumah seperti ruang tamu, ruang keluarga hingga ruang santai.


Tanaman hias sirih gading

decy_cahyono

Banyak diminati karena tumbuhnya merambat, sirih gading ini biasa jadi tanaman indoor untuk ruang tamu di rumah. Tanamana yang indah dengan daun berbentuk hati memiliki bercak kekuningan ini memiliki ukuran yang besar hingga kecil. Bukan hanya memberikan manfaat yang cukup banyak untuk interior ruangan, tanaman ini pun memiliki perawatan yang mudah. Selain  bisa ditanaman di dalam tanah dengan pot, anda bisa menumbuhkan akar baru dari tanaman ini di dalam ari dengan metode air propagasi seperti yang terlihat.


Tanaman hias dalam ruangan palem

coastalhamptons

Tanaman berikutnya yang bisa anda pilih untuk interior ruangan adalah pohon palem. Tanaman dengan perawatan yang mudah dan tahan terhadap segala cuaca meski di dalam ruangan ini bisa jadi tanaman favorit. Jenis palem bambu yang khas dengan bentuk daun menjari dan rimbun. Tanaman yang dapat tumbuh tinggi ini bisa anda ganti pot dengan ukuran yang lebih besar untuk pertumbuhannya yang lebih besar. Meski termasuk jenis tanaman yang kuat dengan perawatan mudah, anda harus memastikan untuk menjaga kelembaban tananhnya dan memangkasnya secara teratur jika diperlukan.



Tanaman lidah mertua yang populer

botanibar

Tanaman populer yang sering diminati banyak orang ini adalah lidah mertua. Sangat cocok untuk jadi pemanis ruangan, tanaman dengan perawatan yang mudah tahan terhadap segala cuaca ini bisa anda jadikan tanaman sudut ruang. Dengan bentuk cantik, tanaman yang memiliki daun hijau penuh bercak putih dan tepian warna kuning ini sangat menarik untuk ruangan. Manfaatnya yang cukup banyak dari tanaman ini dapat meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. 

Meskipun di dalam ruangan, tanaman ini tetap bisa bertahan meski tanpa cahaya yang penuh. Anda bisa meletakkannya di bagian ambang jendela untuk membantu pertumbuhannya.



Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.




Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber




Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.