7 Desain Dapur Terbuka Minimalis, Penuh Semangat Bikin Masak Makin Asik

7 Desain Dapur Terbuka Minimalis, Penuh Semangat Bikin Masak Makin Asik

Homeshabby.com -- Bagi beberapa orang memasak memang menjadi suatu kegiatan rumah tangga yang menyenangkan. Apalagi bagi bunda-bunda yang sering melakukan hobi masak atau membuat olahan kue di dapur sepanjang hari, sekaligus menghasilkan makanan yang disantap bersama keluarga dan orang tersayang. Bayangkan saja jika rumah tidak ada ruang dapur yang dijadikan tempat masak sekalipun sebagai ruang berkumpul yang asik. Rumah pun akan terasa sepi dan membosankan. Melakukan aktivitas masak di dapur pun juga perlu di dukung ruangan yang nyaman, supaya kegiatan masak jadi lebih semangat dan menyenangkan.

Coba saja dengan konsep terbuka yang bisa melakukan kegiatan masak dan melihat pemandangan di luar  rumah. Tentu menyenangkan untuk dicoba. Yuk intip 7 Desain Dapur Terbuka Minimalis, Penuh Semangat Bikin Masak Makin Asik berikut ini!


Desain dapur terbuka simpel konsep open plan

fifit.fitriasari


Desain dapur pertama kali yang bisa anda lihat adalah penataan rapi, simpel tapi menawan. Interior netral dengan sentuhan abu-abu dan konsep ruang yang terbuka segar membuat kegiatan masak jadi lebih semangat. Kehangatan ruang dapur di dukung adanya atap skylight di tengah ruang antara dapur dan laundry room. Anda bisa memaksimalkan bagian sudut untuk kegiatan dapur yang nyaman, rapi sekaligus fungsional.

Kelengkapan dapur bisa anda gunakan beberapa kabinet, meja tambahan dan space saving untuk ruang gerak. Penghematan perabot dapur juga perlu diterapkan untuk mengurangi ruang dapur yang sesak dan membuat dapur semakin penuh.



Dapur terbuka minimalis dengan dominasi kayu

melani.sabrina


Keunggunalan ketika memiliki dapur konsep terbuka adalah tidak perlu menggunakan cooker hood untuk mengurangi bau tak sedap saat masak. Dikarenakan ruang dapur yang terbuka memiliki penghawaan segar tanpa batas begitu juga dengan sirkulasinya. Bisa dilihat tampilan dapur konsep terbuka pada gambar ini di dominasi dengan material kayu mulai dari kabinet bawah hingga kabinet simpan atas. Dengan gaya sederhana seperti ini ruang dapur tetap fungsional lengkap stove dan sink yang satu meja. Sehingga anda cukup bergeser saja saat akan berpindah ke area sink.


Dapur minimalis terbuka menyatu dengan laundry room

nyamansyahdu

Menempatkan ruang dapur di belakang rumah cukup sering digunakan oleh pemilik rumah minimalis type 36 yang mungil. Sekalipun mungil, biasanya ruang dapur akan dijadikan satu dengan laundry room karena perlunya kegiatan jemur baju yang memerlukan matahari penuh. Maka dari itu, satu area di rumah yang dijadikan dapur dan laundry room ini menggunakan atap transparan sebagai sirkulasi,

Anda dipastikan tidak akan jenuh saat melakukan kegiatan masak  atau cuci baju di area ini. Konsep taman minimalis nampak dibuat dengan adanya jalan setapak dan juga visual cantk rumput sitentis. 


Tampilan dapur teruka minimalis yang bersih

camperenik_home


Baiknya memang ruang dapur disendirikan antara interior rumah supaya menghindarkan bau tak sedap saat masak. Nah dengan menggunakan konsep dapur terbuka seperti ini bisa jadi salah satu caranya. Ukurannya yang mungil dan berada di sudut ruang bukan masalah untuk menampilkan desain dapur cantik dan menarik. Kegiatan yang tetap nyaman menggunakan meja linear, ruang dapur terasa lengkap karena ditambahkan rak simpan hingga aksen ventilasi di bagian sudut ruang.


Desain dapur terbuka minimalis yang sederhana

dapurkerenbunda

Area dapur yang masih dibelakang rumah memang jadi pilihan terbaik untuk memakismalkan space sisa di rumah. Daripada dibiarkan kosong dan terbengkalai, ruang dapur yang sederhana tanpa kabinet atas ini masih tetap fungsional untuk area simpan. Anda bisa menyimpan semua kebutuhan dapur di bagian kolong bawah yang tertutup tirai. Meski begitu, ruang simpan dapur tetap bisa dimaksimalkan lebih dengan menggunakan rak displah  di sepanjang dinding dapur.


Dapur  terbuka minimalis plus garden 

rumah_haunan

Sebagai ruangan yang paling sering digunakan, dapur minimalis konsep terbuka ini akan semakin maksimal jika digabungkan ke area outdoor. Seperti dapur dan ruang laundry pada sudut ruang yang mungil ini sangat maksimal untuk dijadikan tempat masak hingga area berkumpul bersama. Kegiatan dapur yang tidak perlu anda takutanya lagi jika bau tak sedap saat masak terperangkan di dapur. Karena ruang dapur ini dibuat plong dengan taman belakang rumah.

Selain itu, area ini juga bisa anda manfaatkan lagi untuk tempat menanam sayur. Dengan konsep hidroponik atau menggunakan tanah bisa anda pilih antara keduanya. Dengan begitu, jika perlu sesuatu anda bisa memetik sayur secara langsung.


Dapur terbuka nuansa ungu yang menyegarkan

ana_hartono

Desain terbaru dari dapur minimalis konsep terbuka ini maksimal pencahayan dan mengandalkan area luar. Penataan yang tetap rapi meski berada di belakang rumah ini difungsikan dengan baik sebagai tempat masak dan berkumpul bersama keluarga. Ruang dapur yang menarik menggunakan bentuk letter L tetap lengkap denan kabinet simpan bahan kayu. Kegiatan tetap nyaman dan menyegarkan tanpa adanya sesak, anda bisa menggunakan lighting yang kuat untuk menjaga penerangan di malam hari yang intesn.

Dijamin kegiatan masak di ruang dapur ini tetap nyaman dan menyenangkan bisa sebagai area berkumpul bersama keluarga.


Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.