Desain dan Denah Rumah Tropis Ukuran 10 x 12 Meter yang Kokoh dan Asri

 

Homeshabby.com -- Desain rumah menjadi pertimbangan yang sangat penting sebelum membangun rumah. Desain rumah tentu akan membantu anda dalam menyesuaikan ukuran lahan, kondisi alam, dan juga tata ruang di dalamnya. Untuk daerah Asia beriklim tropis, desain rumah tropis kerap kali menjadi incaran karena struktur bangunannya yang dirasa dapat menyesuaikan dengan iklim panas maupun hujan. Untuk inspirasi desain rumah tropis dilengkapi dengan denah, simak ulasan berikut mengenai Desain dan Denah Rumah Tropis Ukuran 10 x 12 Meter yang Kokoh dan Asri.

 

 

Tampilan Fasad Rumah


Tampilan fasad rumah pada desain ini menampilkan eksterior yang simetris menjadikan rumah ini memiliki kesan dinamis yang eye-catching. Penggunaan teras pada rumah ini memiliki ukuran yang minimalis namun tetap fungsional. Memiliki konsep tropis, rumah ini memiliki desain dengan banyaknya bukaan berupa pintu dan juga jendela yang menyebar pada bagian depan. Tak lupa, sentuhan batu alam pada fasad dan juga taman mungil akan memberikan suasana tropis yang semakin kental.

 

 

Desain dan Model Atap


Model atap limasan kerap kali menjadi pilihan mutlak untuk menyesuaikan desain bangunan tropis, dikarenakan model atap limasan ini dikenal memiliki ketahanan yang ekstra terhadap perubahan cuaca. Model atap limasan kombinasi ini juga dipadukan dengan lisplang yang mengelilinginya sehingga dapat melindungi struktur bangunan di bawahnya dan juga dapat memberikan kesan rapi dan cantik pada tampilan rumah.

 

 

Tampilan Ruang Utama


Tata ruang yang menarik ditunjukkan pada area tengah yang berisi ruang tamu dan juga ruang TV keluarga. Untuk memberikan privasi dan fokus ruangan yang maksimal, pada ruangan ini menggunakan partisi yang memiliki pattern ukiran dengan nuansa monokrom. Untuk semakin memberikan suasana dramatis yang tetap edgy, penggunaan lampu gantung dengan model minimalis ini dapat menjadi opsi yang patut diterapkan.

 

 
Dapur Sekaligus Ruang Makan

Untuk memaksimalkan ruangan yang ada, penggunaan satu area menjadi dua fungsi ditampilkan pada dapur dan juga meja makan ini. Penggunaan dapur leter L akan membantu memberikan space tengah yang kosong sehingga dapat digunakan untuk meja makan dengan space yang nyaman. Tak lupa, keberadaan jendela yang berjajar lengkap dengan ventilasi ini akan memberikan sirkulasi sekaligus pencahayaan yang maksimal pada ruangan.



Atap Belakang Terbuka

 

Tak sepenuhnya menggunakan atap limasan tertutup, pada desain rumah ini terdapat atap terbuka dengan ukuran memanjang pada area taman. Penggunaan atap terbuka ini akan membantu taman belakang memiliki asupan cahaya matahari yang cukup dan memberikan penyebaran cahaya terhadap ruangan yang berada di sekitarnya. Sedangkan untuk menghindari masuknya air ke area rumah, desain atap poni juga digunakan untuk melindungi ruangan terhadap guyuran hujan dari atas.



Denah dan Detail Ukuran Ruangan

Desain rumah dengan ukuran 10 x 12 ini memiliki detail ukuran tiap ruangan sebagai berikut : 

- Teras depan dengan ukuran 2 x 3.5 meter

- Ruang utama dengan ukuran 5 x 3.5 meter

- Dapur dengan ukuran 3.5 x 3 meter

- Musholla dengan ukuran 2 x 2 meter

- Taman belakang dengan ukuran 1.5 x 3 meter

- Ruang cuci dengan ukuran 1.5 x 2 meter

- Teras samping dengan ukuran 3.5 x 1.5 meter

- Kamar mandi umum dengan ukuran 1.5 x 2 meter

- Kamar belakang dengan ukuran 3 x 3.5 meter

- Kamar utama dan kamar mandi dalam dengan ukuran 5 x 3.5 meter

- Kamar samping dengan ukuran 3.5 x 3 meter

 

 

 

Bagi anda yang membutuhkan jasa desain rumah minimalis silahkan hubungi whatsapp 08568160677 atau klik www.hsdesain.com.

Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Hafidza
Editor    : Munawaroh
Sumber : Rumahpedia Indonesia


Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.