7 Desain&Cara Membuat Taman Minimalis di Rumah Lengkap

 
7 Desain&Cara Membuat Taman Minimalis di Rumah Lengkap

Homeshabby.com -- Kehadiran taman di rumah memberikan kesan sendiri untuk lingkungan rumah. Apalagi jika saat membuat taman anda menyesuaikan ukuran dan juga konsep taman apa yang cocok di coba. Untuk menentukan konsep taman yang tepat, anda pun juga harus memperhatikan kondisi lingkunan sekitar, agar saat membuat taman tidak mengganggu kegiatan lain di rumah. Sebelum membuat taman pun, anda bisa melihat 7 Desain&Cara Membuat Taman Minimalis di Rumah Lengkap yang bisa anda coba terapkan pada ulasan di bawah ini!



Menghitung luasan lahan yang tersedia

dekorasiterasrumah

Hal pertama yang bisa anda lakukan saat akan membuat taman rumah, anda perlu mengukur lahan yang tersedia. Hitung secara cermat berapa luasan lahan yang akan dijadikan taman sehingga anda bisa menentukan jumlah kebutuuhan tanaman, rumput hias hingga tanamana apa yang akan mengisi taman di rumah. 

Seperti contoh, pada desain taman di atas yang cantik ditempatkan didepan rumah dengan ukuran memanjang serta nampak asri dipenuhi tanaman hias model bonsai dan lainnya. Selain itu, anda bisa menambahkan aksesoris taman lain seperti pagar model shabby dan air mancur jika diperlukan.



Menentukkan tema taman rumah

omah_rani

Kemudian saat anda sudah mengukur luasan lahan dan kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk membuat taman rumah. Anda bisa menentukan konsep taman yang akan diterapkan di rumah. Sebaiknya anda bisa berkonsultasi dan merencanakan desain taman di rumah sesuai dengan konsep dan lahan yang ada. Sebagai contohnya, konsep taman kering ini bisa anda jadikan inspirasinya saat budget yang tersedia cukup mini. Anda hanya perlu menutupi lahan dengan batuan koral ataupun batuan sisi bangun rumah. Selain itu, ubah lantai kermaik menggunakan panel kayu yang hangat dan estetik. Untuk memberikan efek segarnya, gunakan tanaman kering seperti kaktus yang mudah perawatannya dan tahan jika ditempatkan di outdoor.


Membuat denah desain taman

pupung.dewi

Selanjutnya anda bisa mengatur layout taman dirumah agar ketersediaan lahan dapat tercukupi untuk unsur penghijauan. Pada biasanya, denah rumah dan taman akan terlihat saat pertama memabngun rumah. Dan idealnya, area penghijauan baik diterapkan di rumah sekitera sepertiga dari luas total lahan yang tersedia. Dengan begitu, anda bisa menyisakan sisa lahan dirumah untuk dibagia dengan carport, halaman rumah sebagai tempat jemur pakaian dan bermain anak. Sisanya bisa dijadikan taman dan bisa memilih area samping rumah ataupun belakang rumah dengan ukuran yang disesuaikan dengan lahan. Misalnya saja jika anda memiliki space belakang rumah dengan ukuran 6 x 5 m untuk dapur, maka anda bisa menyisakan 1 x 0.75 m untuk dijadikan taman kecil dengan ukuran memanjang.


Memilih tanaman sesuai budget

lie_luisa


Seusai menentukan kebutuhan dan desain saat membuat taman rumah, kali ini anda harus jeli memilih tanaman hias apa yang cocok untuk diletakkan di sekeliling taman. Jika anda memiliki konsep taman semi-terbuka dengan atap transparan seperti ini, anda bisa memilih tanaman hias beragam. Seperti monstera, kaktus, tanaman gantung, hingga rumput sintetis. Pastikan anda jadikan taman ini sebagai tempat nyaman saat akan digunakan bersantai atau healing space saat lelah.


Buatlah saluran air

rumahnadia


Meski memiliki taman rumah difungsionalkan untuk resapan air di saat musim penghujan. Pentingnya membuat saluran air di sekitar taman juga dapat berpengaruh pada lingkungan sekitar dari kesan becek ketika hujan lebat turun. Anda bisa memilih area pinggiran lahan untuk dibuatkan saluran, jika perlu anda bisa menambahkan sumur resapan atau biopori untuk cadangan air di tanah. Sehingga tanaman pun bisa mencari air kedalam tanah karena ketersediaan air yang cukup. 


Manfaatkan lahan kecil di sekitar rumah

lianemei1176

Tidak hanya memilih area kosong disekitar rumah saja untuk dijadikan taman. Seperti area sekitar luar pagar pun bisa anda jadikan taman mini dirumah yang asri. Selain bagus untuk penyegaraan dan menambah unsur penghijauan di rumah, taman di luar pagar ini sangat bagus untuk membantu memberishkan udara disekitar. Sehingga anda bisa bernafas lega di lingkungan rumah dengan polusi yang rendah.


Lengkapi dengan penerangan dan dekorasi

ind285

Supaya desain tamanmu di rumah tampak menarik dan estetik, berikan penerangan dan dekorasi yang cukup agar bisa dijadikan tempat bersantai sekligus. Anda bisa menggunakan lampu bohlam disekeliling rumah dan lengkaki taman dengan furniture untuk tempat duduk. Nah jika anda menggunakan rumput sintetis sebagai penutup lahan, konsep lesehan juga menarik untuk dicoba.




Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.




Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.