7 Tips Model Tangga Rumah Aman Buat Anak

7 Tips Model Tangga Rumah Aman Buat Anak


Homeshabby.com -- Untuk memaksimalkan keamanan tangga pada rumah yang memiliki anak kecil perlu diperhatikan lebih maksimal. Supaya terhindar dari bahaya dan hal yang tidak diinginkan. Tangga menjadi salah satu akses mobilisasi untuk menuju lantai dua pada rumah bertingkat. Pembangunan tangga pun juga harus diteliti mulai dari segi material, struktur, hingga konstruksinya. Kepentingan tangga bukan hanya sebagai akses saja, melainkan untuk kepentingan keamananan dan estetika pada interior rumah.

Baik tangga pada rumah minimalis ataupun modern dengan berbagai style, kemananan jadi salah satu hal utama untuk membangun tangga rumah. Beberapa aspek yang bisa jadi tips untuk membuat tangga ramah anak berikut ini akan dibagikan khusus untuk anda. Simak 7 Tips Model Tangga Rumah Aman Buat Anak dibawah ini!


Gunakan material permukaan tangga dengan benar

tanggaminimalis

Supaya terhindar dari hal yang tidak diinginkan, untuk mendesain tangga anda perlu memperhatikan permukaan tangga sebagai pijakan. Jika material yang digunakan memiliki tekstur yang licin tentu saja akan membahaykan anak hingga orang tua. Maka anda bisa memilihkan material empuk seperti karpet yang digunakan sebagai alas pijakan supaya saat berjalan terasa nyaman dan tidak mudah terpeleset.


Perhatikan pencahayaan sekitar tangga

gondanghouse_

Berikutnya yang bisa anda coba terapkan untuk memberikan kenyamanan tangga ramah anak adalah dengan memperhatikan pencahayaan sekitar. Jangankan anak kecil, orang dewasa pun akan kesusahan ketika naik turun tangga jika keadaan sekitar terlalu gelap. Bukan hanya membahayakan saja, area tangga yang gelap juga akan terasa menyeramkan. 

Supaya lebih mudah untuk menaiki ataupun menuruni tangga, anda bisa menggunakan lampu disekitar sisi anak tangga ataupun dengan menggunakan ventilasi ruang yang lapang dan terbuka seperti yang terilhat.


Perhatikan jarak antar anak tangga

nuy_home

Memperhatikan optrade (tinggi tanjakan anak tangga) dan aantrade (lebar injakan anak tangga) juga menjadi pertimbangan penting saat membuat tangga rama anak. Untuk merencanakan tangga rumah seperti ini anda bisa menyesuaikan ukuran tinggi tangga, lebar tangga agar pijakan tangga bisa disesuaikan untuk pemilik rumah terutama bagi anak-anak. Sehingga rasa aman dan nyaman ketika naik turun tangga bisa dirasakan tanpa ada rasa was-was.



Pasangkan railing disekitar tangga

rena_iput

Railing menjadi salah satu hal penting yang digunakan untuk membuat tangga yang ramah anak dan berfungsi sebagai pengaman serta penyangga digunakan untuk berpegangan saaat menaiki ataupun menuruni tangga. Fungsi railing yang digunakan disekitar tangga cukup maksimal untuk menghindari anak jatu, karena railing ini juga fungsional sebagai penuntun anak saat menaiki ataupun menuruni tangga.


Perhatikan kelandaian/kemiringan tangga

interiordesign.id

Bentuk tangga yang ramah anak tidak hanya terlihat aman dilengkapi railing ataupun ditambahkan prosotan disekitarnya. Hal yang perlu andak perhatikan adalah kemiringan yang dibuat tangga itu sendiri. Anda bisa menggunakan kemiringan 20-24 derajat pada anak tangga. Karena kemiringan ini dianggap dapat memberikan kemanana lebih pada anak dan juga orang tua. Namun konsekuensinya ketika mengguakan kemirngan tangga seperti yang disebutkan, anda harus menggunakan anak tangga dalam jumlah yang cukup banyak.


Tambahkan pagar kecil di ujung atas dan bawah tangga

rdyunita


Selain menggunakan railing tangga untuk menciptakan tangga yang ramah anak, Anda bisa menggunakan dua pagar kecil dibagian ujung atas dan bawah tangga untuk menjauhkan jangkauan anak yang masih merangkak untuk menaiki tangga. Cara ini juga efektif untuk mengamankan anda saat berada di sekitar tangga rumah.


Berikan area istirahat dengan bordes

rumahmepetbsd

Seperti yang diketahui jika bordes merupakan salah satu plat datar berada diantara anak tangga yang digunakan unntuk pemberhentian sejenak. Bordes yang biasanya berada di sudut tangga atau model tangga yang berbelok ini dapat memberikan rasa lega ketika anda lelah. Apalagi jika sang anak gemar naik turun tangga dan merasa kecapekan, bordes ini jadi salah satu area untuk membantu sang anak berhenti sejenak. Sehingga keamanan pun akan tercipta dari adanya bordes tangga di rumah.



Itulah 7 Tips Model Tangga Rumah Aman Buat Anak yang bisa anda coba terpakan. Semoga tips diatas dapat membantu anda dalam mempertimbangkan model tangga yang ramah anak dan nyaman.





Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.