7 Ide Menata Taman Kecil Dengan Pot Yang Cantik, Solusi Lahan Sempit

7 Ide Menata Taman Kecil Dengan Pot Yang Cantik, Solusi Lahan Sempit

Homeshabby.com -- Bagi anda pemilik hunian minimalis, tentu saja dampak untuk memiliki ruang kosong dengan ukuran besar sangatlah minim. Hal ini tidak menutup kemungkinan untuk mendesain taman kecil di rumah agar suasana segar dan unsur penghijauan dapat menyegarkan pandangan. Apalagi jika anda termasuk pecinta tanaman hias, tentu saja ukuran tidak menjadi halangan untuk mendapatkan desain taman kecil di lahan sempit yang menarik.

Sekecil apapun ukuran taman yang anda miliki, dengan desain dan penataan yang menarik pasti akan mendapatkan keindahan yang segar disekitar rumah. 7 Ide Menata Taman Kecil Dengan Pot Yang Cantik, Solusi Lahan Sempit ini dapat anda jadikan inspirasinya untuk menata ulang taman di rumah dengan efektif!


Taman kecil di sudut rumah dengan rak taman

tmurni215

Mendesain taman sebenarnya tidak harus disediakan lahan dirumah jika ukurannya kecil. Namun dengan kreatif anda bisa menyulap sudut rumah sebagai konsep taman minimalis seperti ini. Manfaatkan sudut rumah dan susun tanaman di pot yang telah disediakan dengan berbagai bunga ataupun tanaman hias lainnya. Anda bisa meletakkan tanaman ini di pot dan diletkakan berjejer pada ujung ruang agar tidak mengurangi space kecil yang ada.


Desain taman cantik dengan tanaman Anthurium dan pot terra cota

tamandalamrumah

Meski sempit, cara kreatif yang bisa dilakukan untuk membuat taman di rumah adalah dengan memanfaatkan interior rumah. Kesan unik dari kumpulan tanaman anthurium ini menggunakan media pot terra cotta yang senada. Mulai dari yang diletakkan di atas lantai dan berjejer, anda juga bisa menambahkan rak taman untuk membuat taman ini seperti model tangga yang tinggi rendah dan cantik.


Ide taman kecil di teras dengan tanaman gantung

yuniaryanti_06

Tanaman gantung memang sangat efektif jika dicoba untuk mendekorasi bagian teras rumah. Sangat mudah dilakukan dan tidak terlalu makan tempat. Anda hanya cukup memanfaatkan langit-langit area yang akan digunakan untuk menggantungkan tanaman hias seperti golden photos dan lainnya. Selain itu, anda bisa menyusun tanaman lain yang sejenis untuk memudahkan dalam perawatan dan penyemaian.


Taman kecil di samping pintu rumah dengan pot dan rak tanaman

isra_1904

Jika sebelumnya anda memanfaatkan langit-langit ruang. Menyusun tanaman di area teras sebelum memasuki rumah seperti ini akan serasa disambut saat memasuki rumah. Anda bisa memanfaatkan tanaman hias berbaggai jenis seperti begonia, petunia ataupun bunga lain pada rak tanam seperti ini. Rak dengan model unik yang bisa anda kreasikan menggunakan tanaman hias lebat agar semakin indah. 


Desain taman unik dengan pot gantung di sekitar pohon

maysarah25_81

Tidaklah sulit untuk menata taman pada rumah yang memiliki lahan kecil. Anda hanya perlu memikirakan area mana yang perlu di desain dengan tampilan cantik berbagai bunga hias. Salah satunya adalah area pohon rindang di rumah yang dapat anda jadikan tempat untuk menggantungkan tanaman hias. Selain itu, anda dapat membedakan tanaman hias rambat yang akan menarik jika dirambatkan pada salah satu pohon di rumah.


Taman kecil dengan pot cantik di area balkon

plookplook_

Nah salah satu area berikutnya yang bisa dimanfaatkan untuk membuat taman rumah adalah balkon. Ini merupakan salah satu solusi tepat untuk pemilik rumah di area perkotaan besar. Manfaatkan balkon dengan susunan tanaman cantik, anda dapat membuat balkon seperti terbingkai dengan berbagai tanaman. Akan sangat menarik jika anda meletakkan furniture untuk suasana santai yang nyaman dan lebih tenang. Cocok untuk healing space di akhir pekan saat pandemi seperti ini.


Taman mungil di sudut teras rumah

siskaindi


Meski masih memiliki space untuk meletakkan tanaman disektiar rumah atau teras. Anda juga harus memperhatikan ukuran teras rumah yang ada. Walaupun tidak dengan tanaman di dalam pot yang banyak, lahan kecil di sekitar rumah juga bisa untuk menanam tanaman langsung ke tanah seperti ini. Pastikan anda memilih tanaman hias yang cocok untuk diletakkan pada area outdoor agar tidak mudah layu dengan penyiraman dan perawatan yang berkala.




Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.