Desain dan Denah Rumah Toko Sederhana Ukuran 7 x 10 M, Kecil Namun Fungsional

Homeshabby.com -- Hai bund, masih bingung dengan desain tempat tinggal sekaligus digunakan untuk tempat usaha yang cocok untuk tipe hunian anda. Berikut ini akan di ulas desain dan denah rumah toko dengan ukuran yang lebih minimalis yaitu 7 x 10 m, Walaupun terbilang kecil namun cukup fungsional dengan tata letak ruang yang tepat. Penasaran seperti apa ? Langsung saja intip inspirasi berikut ini :

 

Tampak depan rumah toko ukuran 7 x 10 m

Dari luar rumah, berbentuk bangunan leter L dengan ruang menonjol bagian depan untuk difungsikan sebagai tempat usaha berukuran 4 x 3 m menggunakan pintu dan pembatas kaca tempered yang bisa meningkatkan efek luas dan transparan pada toko. Desain pintu yang modern ini bisa anda terapkan, agar tampilan toko menjadi lebih modern dan terbuka. Bagian atap utama berbentuk limasan dengan beton flat sedangkan atap toko cenderung lebih simple yaitu dak cor datar agar memudahkan penghuni ketika hendak merenovasi.


Tampak teras depan rumah

Bagian samping toko yaitu titik sudut L bangunan ini terdapat halaman yang lapang agar bisa difungsikan sebagai area parkir pengunjung toko sekaligus carport rumah yang terbuka. Permukaan di lapisi grass block agar kesan natural tetap ditampilkan dan lebih aman terhindari dari genangan air hujan karena material ini dipercaya bisa menyerap air lebih baik. 

Teras hanya selebar 1 meter menyesuaikan ukuran pintu utama dengan pilar partisi yang bisa menghalangi panas matahari secara langsung. Dinding fasad rumah toko ini menggunakan material travertine (jenis marmer dengan guratan permukaan yang alami dan warna yang cantik pada fasad). Sehingga material eksterior yang ramah lingkungan akan memberikan suasana halaman depan terasa lebih sejuk apalagi ketika musim hujan.

Desain living room

Masuk ke desain interior living room cenderung lebih simple, dengan bentuk ruang yang memanjang berukuran 2 x 4 m di lengkapi sofa bed, pouf dan meja tamu dari material besi dan kaca bening yang meluaskan ukuran aslinya. Posisi sofa yang berhadapan langsung dengan jendela mampu membuat sirkulasi udara dan cahaya bisa membuat ruang tamu kecil terkesan cerah. Agar cahaya panas bisa terasa sejuk di dalam ruangan, anda bisa menyiasatinya dengan mengekspos sisi dinding memakai batu bata secara natural.


Bedroom

Desain master bedroom pertama yang berada di bagian depan berukuran 3 x 3 m ini menonjolkan plural painting bertema tropical yang membuat suasana kamar yang mendapatkan cukup cahaya menjadi lebih sejuk dan terkesan menyatu dengan alam. Konsep kamar bisa anda sesuaikan dengan selera anda, bisa menggunakan dipan kayu jati tua yang memiliki warna coklat yang khas, dipadukan dengan bedcover putih dan lantai keramik glossy. Sedangkan untuk bagian sisi dinding lainnya bisa memakai warna cat abu-abu yang lebih hangat dan tegas.


Denah ruang rumah toko ukuran 7 x 10 m

Berikut ini merupakan pembagian tata letak ruang beserta ukuran lebih detailnya, dengan penjabaran :

Toko ukuran 4 x 3 m, teras depan 2 x 1 m, area parkir 3 x 4 m. Masuk ke ruang interior terdapat living room sekaligus ruang keluarga 2 x 4 m, master bedroom sisi kiri ukuran 3 x 3 m selaras dengan bedroom kedua di ruang belakang. Sedangkan untuk ukuran bedroom sisi kanan ukuran 2 x 3 m, kitchen dan dining room 2 x 3 m dan bathroom sekaligus laundry 1 x 2 m. 

 

Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis     : Imka
Editor        : Munawaroh
Sumber     : Satrugna Studio

Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.