Mengenal 6 Ragam Jenis Monstera atau Janda Bolong, Tanaman Hias yang Cantik dan Kekinian

 

Gambar : @horrta

Homeshabby.com -- Kian hari, tanaman hias monstera semakin digemari di kalangan pecinta tanaman, sehingga harga jualnya juga menjadi lebih mahal. Tanaman monstera di kenal dengan istilah janda bolong khususnya di Indonesia, terinspirasi dari bentuk daunnya yang berlubang yang bisa hidup di dalam ruangan dan cocok untuk dijadikan dekorasi ruang interior yang menarik perhatian. Tanaman hias monstera memiliki beberapa ragam jenis, penasaran? Mari mengenal jenis monstera atau janda bolong yang cantik dan kekinian untuk decor hunian anda.


1. Monstera Deliciosa

Gambar : @arum.ocean

Jenis monstera deliciosa ini yang paling mudah dijumpai, memiliki karakter permukaan daunnya yang berlubang membentuk jari di bagian tepinya. Ukuran daunnya juga lebih besar, hampir menyerupai bentuk hati yang sangat di sukai para pecinta tanaman. Warna daunnya bervariatif, dari mulai keseluruhan hijau sampai kombinasi warna putih yang menambah nilai jualnya. Semakin tua umurnya, semakin tua juga warna hijau pada daunnya. Jenis monstera Deliciosa ini bisa hidup di dalam ruangan dengan temperatur suhu 20-30 derajat celcius sehingga sangat menarik untuk menambah tampilan rumah anda.


2. Monstera Andansonii

Gambar : @monkeyleaf

Motif atau lubang permukaan daunnya tidak selalu berbentuk jari di bagian tepi, seperti halnya pada Monstera Andansonii. Lubang-lubang pada daun monstera jenis ini hanya di bagian permukaan tengahnya saja. Ukuran daunnya pun lebih kecil dan menjalar dengan warna daun terdapat bercak atau gradasi hijau tua muda yang nampak menawan. Dalam pertumbuhan, batang monstera andansonii tidak kaku sehingga bisa menjuntai sebagai hiasan dinding atau atap rumah yang menarik mata.


3. Monstera Varigeata

Gambar : @the_3_keys

Jenis monstera varigeata yang jarang kita temui ini memiliki nilai jual yang lebih mahal di bandingkan dengan jenis lainnya yang umum di temui. Bentuk dan modelnya yang unik dengan daunnya berwarna hijau dan putih kekuningan mampu menciptakan kontras yang sangat cantik dan keren. Ukurannya pun cenderung lebih kecil dibandingkan dengan monstera deliciosa.


4. Monstera Obliqua

Gambar : @onepotandcounting

Nampak serupa dengan monstera Andansonii, yang sama-sama memiliki lubang pada daunnya di bagian tengah dengan ukuran daun yang juga kecil, yang membedakan adalah motif lubang pada monstera obliqua ini cenderung lebih besar di permukaan daunnya. Helai daun monstera obliqua lebih tipis dan lembut dibandinkan jenis monstera lainnya.  Berkat size yang mungil, anda bisa meletakkan tanaman hias ini sebagai hiasan meja tamu atau ruang kerja. Namun, harus di jauhkan dengan furniture lainnya agar lebih aman karena daunnya yang mudah sobek.


5.  Monstera Borsigiana

Gambar : @greenplantsbali


Anda ingin mendekorasi ruangan dengan tanaman monstera yang ukurannya ideal dan tidak terlalu besar ? Jenis monstera Borsigiana ini bisa menjadi pilihan. Bentuk permukaan daunnya yang mirip monstera deliciosa namun lebih kecil dengan lubang-lubang lebih berjarak dan simpel serta cenderung oval dan bulat. Batang tanaman monstera Borsigiana ini lebih lunak yang bisa menjuntai, sehingga bisa menghiasi bagian teras ataupun area balkon rumah anda menjadi lebih cantik dan menyejukkan.


6. Monstera Siltepecana

Gambar : @pretty.inplants

Berbeda dengan jenis monstera sebelumnya, bentuk daun monstera Siltepecana lebih panjang menyerupai oval yang ujungnya mengerucut. Memiliki bentuk daun yang utuh, tanpa adanya sobekan atau lubang-lubang pada permukaannya. Jenis monstera ini sering juga di sebut silver monstera karena bagian tengahnya yang berwarna perak dan tulangnya berwarna hijau. Berkembang dengan cara merambat atau menggantung. 


Nah, dari keenam jenis monstera ini memiliki karakter dan keunikan tersendiri. Mudahnya dalam perawatannya membuat jenis tanaman hias ini sangat cocok untuk anda jadikan dekorasi tanaman indoor ruang rumah anda menjadi lebih eye-catchy.


Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis     : Imka
Editor      : Munawaroh
Sumber      : Berbagai sumber


Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.