5 Ide Desain Taman Minimalis di Lahan Sempit untuk Bersantai dengan Suasana Sejuk

Desain taman minimalis di lahan sempit

Homeshabby.com -- Ingin rumah dengan udara yang sejuk ? Ciptakan area bersantai dengan di kelilingi tanaman hijau sebagai taman dan tempat berkebun bagi anda di rumah. Masalah ukuran luas rumah tidak menjadi halangan untuk anda bisa mewujudkan hunian yang memiliki tampilan segar untuk mata dan udara yang sehat. Nah, berikut beberapa ide desain taman minimalis untuk lahan sempit untuk bersantai dengan suasana sejuk yang bisa anda tiru.


1. Taman di samping rumah


Rumah dengan bukaan jendela yang banyak ataupun dengan konsep yang terbuka tentu memiliki ruang tengah yang membaur dengan lingkungan luar. Seperti ruang keluarga yang di desain dengan jendela maupun pintu kaca di sebelahnya sehingga suasana bisa menyatu dengan udara di luar rumah. Maka dari itu, manfaatkan lorong atau space kosong di samping rumah menjadi taman sekaligus area bersantai dengan desain seperti di atas. Di biarkan terbuka tanpa atap, dengan lantai keramik, rumput hias, ataupun kerikil yang nampak natural sedangkan bagian tepi anda bisa menanam tanaman hijau sesuai selera dengan berbagai jenis. Tak lupa menambahkan kursi malas berbahan kayu dan besi serta coffee table untuk teman santai anda di pagi dan sore hari.


2. Taman di belakang rumah


Ukuran lahan kosong di bagian belakang rumah tentu lebih luas di bandingkan ukuran taman di samping rumah. Di kelilingi pagar yang secara pasif sebagai pembatas dan pelindung memudahkan anda mendesain taman yang menyudut. Woodplank di pasang di bagian pagar finishing cat abu-abu agar menyerupai aksen dinding semen, elemen kayu pada interior yang melengkapi pada taman juga mampu memberikan kesan hangat pada area ini. Pilih tanaman dengan ketinggian dan jenis yang beragam agar nampak lebih rimbun dan menyegarkan, ditempatkan di sekeliling taman sehingga menjadikan taman bisa menjadi tempat paling pas untuk quality-time.


3. Taman depan rumah


Taman depan rumah mampu menarik perhatian bagi siapa saja yang melintas di depan rumah, menciptakan taman dengan desain yang simpel dan luas lahan yang seadanya sudah bisa membuat suasana rumah semakin asri. Tidak perlu membongkar tanah secara keseluruhan untuk media tanam, melainkan dengan meletakkan beberapa pot bunga pada stand flower, atau dengan cara menggantungnya di dinding fasad. Lantai bisa anda aplikasikan kerikil apung yang mampu menyerap air, dengan tanaman di bagian tepinya agar memberikan dimensi di bagian tengah untuk area bersantai dan relaksasi.


4. Taman teras rumah


Banyak sekali tanaman hias yang bisa anda tempatkan di teras rumah sebagai area taman minimalis yang cantik dan memanjakan mata. Jika rumah bergaya minimalis, akan lebih baik jika anda memilih tanaman yang terlihat sederhana tetapi mampu memberikan efek segar pada teras rumah. Tanaman dalam pot dengan tumbuh kembang yang tidak memakan banyak tempat seperti, kaktus, monstera, sirih gading yang menggantung serta lidah mertua yang lebih ramping bentuknya. Tampilan teras juga akan semakin indah jika pot bunga memiliki bentuk yang unik dan warna yang stand out.


Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.

Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber








Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.