Desain dan Denah Rumah Modern Minimalis Ukuran 8 x 8 M lengkap dengan RAB-nya

Desain dan denah rumah modern minimalis ukuran 8 x 8 m

Homeshabby.com -- Good morning bunda cantik, back again on design from Homeshabby.com. Untuk menemani pagi santai anda di rumah, kali ini akan di bagikan mengenai inspirasi desain dan denah rumah modern minimalis ukuran 8 x 8 m lengkap dengan perhitungan RAB-nya. Bangunan di atas lahan berukuran 8 x 12 m dengan konsep minimalis cocok untuk daerah perkotaan maupun desa yang padat penduduk, memaksimalkan fungsi pagar depan yang mampu memberikan perlindungan dan keamanan bagi penghuni rumah. Agar anda bisa menekan biaya pengeluaran pembangunan rumah, perhitungan RAB sangatlah penting untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan persediaan anggaran biaya yang sudah anda sediakan. Berikut penjelasannya :


Nampak depan rumah

Nampak fasad rumah yang menonjolkan elemen detail yang bermaterial alam, menggantikan fungsi keramik dinding atau cat dinding eksterior dengan pengamplikasian batu alam atau granit, selain memiliki ketahanan yang kuat juga mampu memberikan daya tarik dan nilai dekoratif yang tinggi untuk fasad rumah ukuran 8 x 8 m ini. Material batuan granit yang di padukan dengan pagar roster depan dan jalusi mampu memberikan pencahayaan matahari secara maksimal, ruang dalam rumahpun akan menjadi lebih sejuk dengan kesan terbuka di seluruh sudut bidang.


Ruang tamu

Masuk ke ruang pertama yang di batasi area foyer dengan sekat kayu teralis vertikal untuk memberikan kesan lebih lapang ketika tamu berkunjung. Desain dibuat simple dengan konsep open floor, menyatu dengan ruangan lainnya yaitu dining room dan area kitchen. Sedangkan untuk ruang tamu sekaligus TV room di lengkapi 1 sofa panjang dengan coffee table dan TV LED yang menempel pada dinding dengan garis dekoratif berupa lapisan wallpaper batik elegan yang membuat ruang lebih modern.


Inspirasi ruang

Gambar di atas merupakan inspirasi desain yang berupa taman depan, dapur dan kamar tidur utama dalam rumah ukuran 8 x 8 m ini. Pada area taman hijau di bagian depan dibuat memanjang di sebelah carport dengan penambahan kursi santai yang bisa anda jadikan tempat favorit menghabiskan waktu berkumpul bersama teman sambil menikmati udara yang menyejukkan di area rumah. Pada rumah ini selain di bagian depan juga terdapat taman di bagian belakang yang dipenuhi tanaman yang rindang sebagai aksen masuk suasana alam yang sejuk. 

Dapur juga dibuat lebih kecil menyesuaikan ukuran space di dalam rumah, konsep open kitchen dengan memanfaatkan kehadiran kulkas sebagai sekat antara kitchen dan dining room. Menggunakan kitchen set kayu solid yang nampak natural.

Desain rumah ini memiliki 2 kamar tidur, 1 di antaranya di desain sederhana dengan memaksimalkan ruang yang ada, dilengkapi bed single size dan set meja belajar dan wardrobe yang menyatu dan tertanam pada dinding untuk memberikan kesan lebih lega pada ruang.

Perhitungan RAB

Berikut ini merupakan perhitungan RAB nya dengan tanpa jasa kontraktor yang meliputi pembelanjaan material bangunan dan pencarian jasa tukang secara mandiri dengan biaya anggaran mulai persiapan dan akomodasi, pekerjaan tanah berupa biaya galian pondasinya, struktur bangunan sampai dengan pekerjaan sanitasi air yang total biayanya sebesar Rp 96.300.000 juta.

Sedangkan jika anda memilih jasa kontraktor per meter persegi bisa 2,5 juta - 3 juta di kalikan dengan luas bangunan anda untuk daerah jawa tengah dan sekitarnya. Sehingga totalnya bisa 64 x 2.500.000 sejumlah 128.000.000.

Perhitungan RAB ini belum termasuk interior di dalam rumah dan bisa berubah-ubah setiap tahunya tergantung lokasi atau daerah yang anda tempati.


Denah ruang rumah

Terdapat area carport 4,8 x 3 m, area taman dengan stepping stone seluas 5 x 2 m.  Masuk ke interior rumah di sambut oleh desain ruang tamu yang terkesan luas berukuran 2,5 x 5 m. Di ruang tengah terdapat ruang tv, dining room dan kitchen yang open floor 5,5 x 5 m. Bathroom 1,5 x 1,5 m. Terdapat 2 bedroom berukuran sama dan berdampingan yaitu 2,6 x 3 m. 

Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.

Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : DS Interior









Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.