Desain dan Denah Rumah Minimalis 2 Lantai Cocok untuk di Perkampungan dan Perumahan Perkotaan

Desain dan denah rumah minimalis lantai 2

Homeshabby.com -- Selamat pagi bunda, semoga selalu diberikan kemudahan dan kesehatan untuk mewujudkan rumah impian yang sempurna ya. Kali ini untuk membantu impian anda, homeshabby.com akan membagikan inspirasi desain dan denah rumah yang menarik untuk anda jadikan referensi. Di lahan yang tersedia yaitu 8,5 x 14 m2 dengan  desain rumah minimalis 2 lantai yang sangat keren dan menjadi pusat perhatian banyak orang. Desain eksterior yang mewah dan elegan cocok untuk di daerah perkampungan dan perumahan perkotaan.


Tampak atas depan

Desain rumah minimalis 2 lantai ini menggunakan jenis atap limasan bergaya eropa yang merupakan model atap berbentuk limas yang memiliki 4 - 8 bidang atap, dua bidang pada satu garis memiliki hubungan jurai dan dua bidang lainnya berhubungan atas / nook. Di kombinasikan dengan gaya Eropa konsep mediterania dengan warna natural atau earthy-tone untuk kesan unik tetapi tetap dinamis untuk daerah mana saja.

Membayangkan taman hijau subur sangat menggugah hati, maka dari itu pemanfaatan area semaksimal mungkin baik di balkon maupun halaman fasad lantai 1 bisa anda wujudkan agar suasana hunian menjadi lebih sejuk dan menyehatkan bukan cuma menambah dari segi estetik namun juga baik untuk sirkulasi oksigen di dalam rumah.


Tampak samping rumah

Selain taman hijau untuk menjaga sirkulasi udara yang sehat untuk hunian 2 lantai ini, adanya jendela di setiap elemen eksterior juga memberikan efek yang positif untuk suasana dalam rumah. Namun, hal ini akan menjadi masalah bagi bangunan rumah yang menghadap ke timur atau barat karena lebih instens terkena panasnya matahari. Siasatilah dengan cara memasang kanopi atau atap pada jendela, menggunakan kaca yang dapat mengatur penyerapan sinar ultraviolet sehingga warna kaca berubah buram lebih sedikit menyerap panas. Apabila terpaksa ditempatkan ke arah barat dan timur, tambahkan vertical blind dan horizontal blind pada jendela rumah.


Tampak depan rumah

Berbicara mengenai warna cat eksterior dan jenis kusen pintu jendela yang tepat untuk rumah minimalis 2 lantai, anda bisa mengaplikasikan warna yang cenderung lebih hangat yaitu abu-abu dengan perpaduan elemen kayu jati pada kusen pintu dan jendela eksterior. Warna abu-abu pada cat eksterior bisa anda kombinasikan kembali dengan warna netral yang lebih terang yaitu putih, sehingga bangunan rumah akan terlihat lebih hangat dan tenang walaupun dengan banyaknya sirkulasi cahaya jendela di setiap sudut. Kusen kayu jati yang terlihat natural finishing cat water based mampu membuat tampilan lebih glossy dan tahan lama untuk bahan eksterior.


Konstruksi tinggi bangunan

Konstruksi dinding ruangan untuk lantai 1 yaitu 3,4 m menyisakan space halaman teras dengan lebar 450 mm sedangkan untuk lantai 2 berukuran 3,2 m. Pembuatan balkon selebar 1,6 m dengan 4 inchi kedalaman umurnya. Sedangkan untuk tinggi 3, 4 m anda bisa menggunakan jendela dengan tinggi 1,6 m dengan jarak dari dasar lantai 0,6 m.


Denah ruang rumah minimalis lantai 2

Dengan ukuran lahan 8,5 x 14 m cukup luas untuk rumah bergaya minimalis, untuk pembagian ruang lantai 1 terdiri dari :

  • Carport 3,8 x 5,9 m, teras depan 4,7 x 3,5 m. Di buat sudut leter L dengan ukuran panjang 2,7 x 4,7 m untuk living room dan bisa ditempatkan sofa ukuran 2 m. Ruang tengah di manfaatkan untuk open floor dining room dan kitchen 7,5 x 4,5 m. Berdampingan langsung dengan stone, bathroom 1,5 x 2,3 m dan cuci jemur. Bagian belakang terdapat 1 bedroom berukuran 2,5 x 2,5 m.
  • Sedangkan untuk lantai 2 :  terdapat 2 balkon dengan ukuran yang berbeda yaitu 3,4 x 3,7 m dan 1 x 2,6 m di sebelah kiri. Terdapat master bedroom yang luas dengan fasilitas balkon sebelah kanan dan 1 bathroom 1,5 x 2,5 m. Sedangkan di sebelah kanannya terdapat family room 3,5 x 4 m berdekatan langsung dengan tangga. Di bagian belakang terdapat 2 bedroom yaitu 3,2 x 4,6 m di kiri dan 3,5 x 3,3 m sebelah kanan serta 1 bathroom 2,2 x 1,4 m.


Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.

Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis  : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber




Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.