Inspirasi Desain Taman Kecil untuk Lahan Terbatas

Desain taman minimalis

Homeshabby.com -- Anda memiliki lahan kecil di rumah yang kosong ? baik di depan, samping ataupun belakang bisa anda sulap menjadi taman hijau dan asri. Selain bisa mendatangkan suasana udara segar di sekitar rumah juga bisa menjadi area relaksasi saat bersantai melepas lelah. Lahan yang terbatas tidak akan menghalangi anda membuat taman yang tidak kalah keren dan kreatif dengan tetap menyesuaikan kondisi dan space yang ada. Berikut ini koleksi gambar inspirasi model desain taman kecil untuk lahan terbatas yang telah dirangkum homeshabby.com khusus buat anda.


1. Barisan berbagai jenis tanaman dekat dinding

Taman samping rumah

Dalam gambar di atas bisa anda lihat adanya perpaduan beberapa jenis tanaman bunga yang berwarna-warni dengan penataan mendekat di dinding kiri kanan yang panjang dengan jarak yang berdekatan sehingga menyisakan akses jalan lorong menuju belakang rumah yang di hiasi steping semen kotak dan kerikil koral berwarna batu bata merah. Untuk menghadirkan nuansa hijau dan menyegarkan di halaman samping rumah anda bisa menambahkan waterfall minimalis dengan bahan material batu alam dengan hiasan vertikal garden di sampingnya.


2. Perpaduan berbagai elemen di taman samping rumah

Lorong samping rumah

Terdapat kombinasi beberapa elemen yang digunakan untuk mendesain taman kecil rumah anda, salah satunya pada bagian samping rumah selebar kurang dari 1 meter. Menggunakan bahan kayu, kerikil koral, tanaman hijau di pot berukuran besar dan pagar pembatas yang dilapisi granit yang terkesan lebih mewah dan bernuansa adem. Kayu di pakai untuk bagian steping dengan dikelilingi kerikil koral berwarna putih untuk akses jalan. Bahan seperti itu sangat cocok untuk bagian lantai taman karena mampu meresap air hujan sehingga akan terhindar dari banjir ataupun genangan air yang mengganggu pemandangan taman tersebut.


3. Tambahkan efek cahaya di taman sudut rumah

Taman sudut rumah

Jangan lupa untuk menambahkan efek cahaya lampu taman sebagai penerangan agar menciptakan suasana hangat dan tenang ketika malam hari. Dengan pengaturan kontruksi secara seksama taman sudut rumah anda akan lebih memikat dan siap menjadi tempat bersantai sekaligus relaksasi menikmati udara baik pagi, sore ataupun malam hari apalagi jika anda menambahkan swing ayunan besar berbahan rotan dan di kelilingi tanaman hijau yang mampu menyerap udara jauh lebih menyehatkan. Swing ayunan besar seperti di atas bisa anda dapatkan di beberapa marketplace terpercaya dengan harga terbaru kisaran Rp 2.000.000.


4. Bentuk steping dan dekorasi pagar yang menarik

Steping taman yang melengkung

Jika desain fasad hunian anda berbentuk leter L tentu akan menyisakan lahan kosong di bagian samping dengan ukuran yang berbeda. Sehingga buatlah steping atau jalan setapak menyesuaikan bentuk space yang ada baik dari bahan semen, kayu, ataupun keramik sesuai selera anda. Rumput jepang mampu menjadi pilihan paling efisien dengan anggaran biaya yang minim. Jika lahan sudut halaman masih mengganggur bisa ditambahkan tanaman hijau yang rindang dengan beragam kerikil hias untuk penutup tanah dan taman menjadi lebih cantik. Selain itu pagar pembatas agar terkesan tidak monoton, terdapat papan kayu yang di rangkai sedemikian rupa untuk tempat menggantungkan beberapa pot bunga sebagai vartikal garden.


Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda difacebook Rumah Shabby Minimalis.

Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis  : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber




Homeshabby.com adalah website kumoulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desaindan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah dan kamar tidur anak.