Desain dan Denah Rumah Mungil Tampil Elegan Beserta Ukuran Lengkapnya

Desain rumah mungil tampil elegan

Homeshabby.com -- Selamat siang bunda, Homeshabby.com akan menemani waktu istirahat siang anda dengan membagikan inspirasi bermanfaat mengenai desain dan denah rumah mungil yang tampil lebih elegan beserta ukuran lengkapnya. Rumah yang luas dianggap mampu mengkoordinir kebutuhan penghuninya, namun bagaimana jika anda memiliki luas lahan 14,3 x 11,5 tetapi ingin membangun rumah yang minimalis sefungsional mungkin. Berikut inspirasinya :


Tampak samping

Atap yang digunakan pada desain rumah mungil ini berbentuk pelana yang merupakan model atap paling populer dan tepat untuk rumah minimalis. Genteng beton flat dipilih karena lebih tahan lama dan rentan kebocoran. Elemen eksterior lebih menonjolkan kesan natural dan berbahan alam seperti fiberboard di sebagian sisi dinding dan kusen kayu pada pintu utama dan jendela rumah serta tembok yang terbuat dari bahan batu alam. Desain bangunan rumah yang minimalis dengan ukuran lahan 14,3 x 11,5 m membuat fasad rumah memiliki halaman atau pekarangan yang luas sehingga udara yang menyejukkan dari pepohonan dan tanaman hijau bisa di nikmati di dalam rumah.



Tampak samping

Atap pelana pada fasad rumah ini memiliki sudut atap yang membentuk segitiga pada dinding sopi-sopi sehingga membuat bangunan rumah terlihat lebih tinggi. Terdapat tambahan elemen dinding yang menjorok kesamping lengkap dengan jendela kaca yang dapat anda manfaatkan untuk ruangan yang memiliki dekorasi interior yang unik. Fasad rumah ini di kelilingi area garden yang dilengkapi beragam tanaman hijau dan bunga-bunga baik di bagian depan, samping maupun belakang rumah yang membuat tampilan rumah mungil terkesan lebih focal point dan asri.



Tampak depan samping

Setelah melihat desain rumah mungil ini baik dari depan dan samping bisa terlihat banyaknya penggunakan jendela kaca dan jalusi di bagian atas pintu utama yang berfungsi untuk ventilasi udara dan pencahayaan di dalam rumah. Hunian yang banyak memiliki ventilasi udara mampu membuat ruangan tidak akan terasa lembab dan sumpek, suasana akan terasa hangat dan menyehatkan. Kesan bersih dan menyegarkan pada desain rumah ini akan membuat siapapun betah berlama-lama ketika berkunjung. Sebagai tips, pilih kusen kayu finishing pelitur hitam dan kaca hitam untuk mereduksi panas yang terlalu ekstrim khususnya untuk bangunan rumah di daerah iklim tropis.



Ruang tamu

Pilih furniture ruang tamu yang nyaman dan berukuran minimalis sehingga bisa menghemat tempat dan tetap memberikan ruang gerak yang bebas karena posisi ruang tamu yang berada di bagian depan kerap dimanfaatkan anggota keluarga berlalu-lalang keluar masuk rumah. Warna abu-abu dan putih yang lembut dan menghangatkan mampu menonjolkan dekorasi baik lukisan dinding maupun bantal sofa dengan berbagai motif sebagai focal point. Coffe table dari material kayu dan besi berbentuk unik mampu membuat daya tarik tersendiri untuk desain ruang tamu ini. Tak lupa tambahkan karpet yang memberikan kesan modern dan tanaman hijau yang menyegarkan.


Denah ruangan di atas lahan 14,3 x 11,5 m

Bangunan rumah mungil ini memiliki 2 bedroom dengan ukuran yang berbeda di sebelah kanan yang berdekatan yaitu di bagian depan 3,1 x 3,7 m dan di bagian belakangnya 3,1 x 2,9 m. 2 fungsi ruang sekaligus di dalam 1 tempat yaitu pada area living room yang ditambahkan TV LED untuk teman bersantai bersama keluarga dan menjamu tamu berukuran 4,2 x 3,6 m. Sedangkan di bagian ruang tengah terdapat dinding room 5 x 2,5 m menyatu dengan kitchen di bagian belakang berukuran 2,9 x 2,5 m dan 1 kamar mandi di sampingnya. Sedangkan untuk area laundry bisa anda tempatkan di bagian teras belakang yang memiliki konsep outdoor sekaligus untuk area menjemur pakaian.


Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari yang sederhana sampai modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar di Facebook Rumah Shabby Minimalis.

Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis  : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber




Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hinghga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain an denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah dan kamar tidur anak.