Desain dan Denah Rumah Mewah Ukuran 5 x 10 Split Level Cocok untuk Daerah Perkotaan

Desain dan denah rumah mewah split level

Homeshabby.com -- Hai bunda. Back again on design dari homeshabby.com yang selalu update berbagai inspirasi bermanfaat. Kali ini akan dibagikan mengenai desain dan denah rumah mewah ukuran 5 x 10 m split level cocok untuk daerah perkotaan. Lahan diperkotaan yang semakin kecil dan mahal membuat anda sulit untuk memiliki rumah impian yang berukuran besar. Tetapi bukan berarti lahan sempit tidak bisa anda maksimalkan agar dapat memenuhi kebutuhan aktifitas anda bersama keluarga salah satunya dengan mendesain bangunan rumah konsep split level. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan agar bagian dalam hunian terasa spacious berkat penataan ruangan yang tepat.


Tampak depan rumah

Dilihat dari fasad rumah nampak dengan konstruksi tinggi beratap pelana dan genteng tanah liat. Banyak penggunaan elemen kaca yang digunakan pada pintu dan jendela eksterior sehingga suasana ruangan di dalam rumah akan terasa terang dan menyegarkan. Terdapat realing gate pada lantai atas dari bahan besi finishing yang menyesuaikan konsep rumah. Roster dipilih di bagian eksterior untuk mereduksi panas secara langsung baik di lantai dasar maupun lantai atas. 



Denah tata letak ruangan split level dari samping

Ketinggian lantai berbeda-berbeda inilah yang membuat desain rumah mewah berukuran 5 x 10 m ini terkesan unik dan menarik dibandingkan dengan hunian pada umumnya. Lantai dasar untuk public area dan tangga di bagian belakangnya, lantai atas untuk ruang keluarga, dapur , bedroom dan ruangan lainnya yang lebih private. Menggunakan model tangga yang melayang dengan realing agar tetap safety bagi anggota keluarga. Sehingga desain rumah split level ini akan terkesan nyaman dengan tata letak ruang yang tepat dan fungsional bagi seluruh anggota keluarga.


Fasad lantai dasar

Roster di pilih untuk pagar pembatas dengan ketinggian yang selaras dengan tinggi ruangan di lantai dasar. Walaupun terkesan tertutup, cahaya dan udara segar tetap bisa di nikmati di seluruh sudut halaman maupun ruangan dalam rumah melewati lubang roster eksterior tersebut. Terdapat lorong masuk dengan tembok batu alam di sebelah kanan dan pagar pembatas di bagian samping yang masih sama dari bahan material roster. Taman hijau minimalis di depan pagar dengan tanaman rindang dan satu pohon kamboja untuk mempermanis tampilan fasad rumah.


Ruang tamu

Beranjak masuk ke dalam rumah dan langsung disambut adanya ruang tamu 3,5 x 3 m open space yang menyatu dengan nuansa alam di samping rumah. Lorong samping rumah di manfaatkan untuk vertikal garden sehingga penggunaan bukaan pintu kaca yang lebar membuat suasana ruang tamu lebih segar dan menyejukkan, tamu akan terasa nyaman dan betah berlama-lama di rumah anda. Untuk menyamarkan adanya tangga di bagian belakang, folding door dari kayu dengan bentuk lubang-lubang roster di pilih agar lebih membuat tampilan lebih eye-catching. Sofa berkaki dan meja kayu finishing lengkap dengan bantal sofa sebagai teman bersantai agar lebih nyaman.


Denah ruang dalam rumah 5 x 10 split level

Pada denah di atas, merupakan denah ruangan lantai dasar yang dimanfaatkan hanya untuk public area. Dengan luas lahan 5 x 10 m di bagian depan space 2 meter untuk taman minimalis, 3 meter untuk lorong akses masuk ke halaman rumah. Terdapat teras depan yang berukuran 3 x 5 m yang bisa di fungsikan sebagai motorport. Masuk pada area ruang tamu dengan ukuran 3,5 x 3 m berdekatan langsung dengan vertikal garden di samping rumah yang memanjang berukuran 5,5 x 2 m sedangkan di bagian belakangnya dimanfaatkan untuk tangga akses naik turun ke lantai atas split level dengan space berukuran 3,5 x 3,5 m. 

Sedangkan pada bagian lantai atas, anda bisa menerapkan berbagai ruangan private dengan tanpa sekat dan terkesan terbuka agar komunikasi antar anggota akan lebih harmonis. Untuk posisi dan ukuran furniture dalam ruangan bisa menyesuaikan konsep rumah, atur sesuai selera anda agar keinginan mewujudkan hunian yang nyaman bisa tercapai.

Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Youtube (Rafa pahing)





Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah dan kamar tidur anak.