Desain Rumah Minimalis dengan Biaya 30 Juta Hasilnya Luar Biasa dan Nyaman buat Keluarga

Desain rumah minimalis biaya 30 juta

Homeshabby.com -- Apakah anda sedang berencana untuk membangun sebuah rumah dengan budget yang terbatas ? Desain yang cantik dan nyaman sebagai tempat beristirahat dan menetap namun selalu terbayang membangun hunian tentu membutuhkan biaya yang besar. Ternyata persepsi seperti itu tidak lagi berlaku. Desain rumah minimalis modern saat ini memanfaatkan arsitektur bangunan yang berkelanjutan dan efisien secara biaya. Kali ini homeshabby.com akan menyajikan pada anda tentang desain rumah minimalis dengan biaya 30 juta saja bisa menghasilkan hunian yang luar biasa dan nyaman untuk keluarga. Selamat menyimak dan semoga bermanfaat :)



Tampak depan rumah 30 juta

Ukuran bangunan desain rumah ini cukup kecil dan hanya memiliki beberapa ruang dengan penggunaan elemen interior maupun eksterior yang ramah lingkungan. Sebagian besar eksterior menggunakan bahan material kayu, kaca dan batu bata merah unfinishing karena lebih mudah di dapatkan di pasaran dan harganya yang relatif lebih murah di bandingkan bahan material lainnya. Woodplank di bagian tembok teras, kusen pintu dan jendela serta rusuk genteng juga di topang dari bahan kayu yang natural. Konsep eksterior yang banyak menggunakan treatment kaca pada pintu dan jendela mampu membuat pencahayaan rumah 30 juta ini lebih maksimal dan asri. Lantai teras di buat dari batu alam ekspos dikombinasikan dengan batu kerikil apung yang membuat suasana rumah akan lebih adem dan sejuk.

Ruang tamu

Bangun rumah minimalis anda dengan konsep pengaturan perabotan seminim mungkin dan konsep ruang yang multifungsi. Misalnya, ruang tamu yang sekaligus bisa digunakan untuk ruang keluarga. Ruangan ini berukuran 2 x 3 m tinggi 2,5 m cukup untuk menempatkan sofa letter L yang simpel, meja kayu panjang dan rak buku dengan beberapa storage sebagai penyekat antar ruang. Desain rumah 30 juta ini memiliki konsep industrial yang memilih menggunakan elemen interior yang unfinishing seperti lantai dari semen ekspos, dinding batu bata unfinishing dan furniture dari bahan kayu. Semua interior yang di pilih mampu menciptakan suasana ruang lebih hangat dan menenangkan.

Dapur

Berbeda dengan desain rumah pada umumnya, untuk menyiasati anggaran daya yang minim. Anda bisa menerapkan bagian dinding seperti area dapur ini, mengkombinasikan material batu bata merah dengan woodplank sampai bagian atap kayu. Walaupun dengan bahan material yang ramah lingkungan dan terkesan simpel tetap akan membuat keluarga anda nyaman dan tidak bosan. Masih sama dengan konsep ruangan lainnya, Bagian kitchen baik kabinet atas dan bawah terbuat dari bahan dasar kayu dengan sedikit polesan agar nampak lebih modern dan tahan lama dan top kitchen dari semen serta stainless steel di bagian wastafel cuci. Pilih ukuran interior yang menyesuaikan space yang ada sehingga akan tetap terasa lega untuk beraktifitas.

Tampak atap rumah 30 juta

Desain rumah minimalis dengan biaya 30 juta ini menggunakan penutup atapp asbes yaitu jenis atap dari semen atau fiber yang bentuknya berupa lembaran tipis dan bergelombang. Harganya yang murah serta mudahnya saat proses memasang tanpa perlu memakai banyak penyangga. Model penutup atas asbes mempunyai ketebalan yang berbeda-beda, seperti upvc roofing yang berbentuk seperti asbes dan memiliki keunggulan mampu meredam panas dan membuat sejuk bagian dalam rumah, tahan lama sebagai pelindung UV, kedap suara dan tidak bising serta ramah lingkungan. Sehingga cocok untuk menjadi salah satu alternatif dalam meminimalisir biaya pembangunan rumah anda.


Kamar tidur

Rumah minimalis sederhana sangat memadai untuk keluarga kecil, karena hanya memiliki komposisi 2 kamar tidur yaitu 1 kamar utama berukuran 3 x 2 m dan 1 kamar tidur anak 2 x 2 m dengan ketinggian atap 2 m. Kamar tidur utama pada desain rumah minimalis 30 juta ini dilengkapi set bed yang simpel dan mirror untuk merias diri sedangkan desain dinding dan lantai masih selaras dengan konsep ruangan lainnya.

Sedangkan di bagian kamar tidur anak di letakkan di bagian lantai split level dengan realing tangga kayu lebar kurang dari 1 m, dinding kamar tidur menggunakan woodplank kayu dengan interior rak dan almari yang berfinishing HPL. Letakkan semua dekorasi ruangan di bagian rak menempel di dinding agar nampak lebih saving space. Suasana hangat dan menenangkan dari kamar tidur ini di wujudkan dari warna lampu yang bercampur dengan interior kayu yang natural.


Ukuran dan biaya pembangunan RAB

Jika di lihat dari anggaran biaya pembangunan / RAB dari gambar di atas dapat disimpulkan bahwa di dalam memilih bahan material bangunan untuk desain rumah minimali biaya 30 juta dari kayu, atau mungkin anda juga bisa memakai bahan-bahan dasar kayu bekas yang sudah anda miliki sebelumnya dan hanya tinggal di cutting agar nampak lebih modern namun tetap menghemat biaya yang harus dikeluarkan. Dengan bahan ekterior maupun interior yang diperlukan memerlukan biaya sebesar Rp. 19.700.000. 

Sedangkan untuk estimasi tenaga kerja dalam 30 hari kerja memilih 2 tukang yang berpengalaman dan 1 kuli dengan jumlah total biaya tenaga kerja Rp.10.200.000. Sehingga untuk membangun desain rumah minimalis hanya dibutuhkan biaya Rp.29.900.000 dengan hasil yang luar biasa dan nyaman untuk keluarga kecil anda.


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis  : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : YouTube kang opik d'sign




Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhna hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah dan kamar tidur.