Engglis Version

Kelebihan Macam - Macam Batu Bata untuk Rumah Minimalis Modern


Pinterest.com

Homeshabby.com -- Anda ingin menampilkan desain rumah yang berbeda? Mudah saja! Anda bisa memberikan sentuhan batu bata yang berkualitas bagus. Batu bata adalah salah satu material dalam pembangunan rumah idaman. Sebagian dari masyarakat mungkin hanya mengetahui jika batu bata hanya terbuat dari tanah saja. Seiring perkembangan teknologi, batu bata bisa dibuat dengan bahan-bahan lainnya yang terbukti lebih awet, kuat, murah dan lebih mudah didapatkan di pasaran dibandingkan dengan gypsum atau bambu.

Sebelum memilih batu bata sebagai material utama membangun rumah, sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu macam-macam batu bata beserta fungsinya di bawah ini. Simak ulasan homeshabby.com, yuk !

1) Batu bata merah


Dekoruma.com

Batu bata merah adalah material yang memiliki permukaan dan warna yang tidak pasti, jenis bata ini biasanya digunakan untuk dinding dengan campuran semen atau mortar yang berfungsi sebagai perekat. Bangunan rumah dari material batu bata merah akan terasa lebih nyaman, hangat dan sejuk, karena komponen dan strukturnya yang menyatu dan rapat. Selain itu, memiliki ketahanan yang lama dan kokoh sehingga jarang terjadi keretakan dinding, tahan api yang akan memberikan keamanan ekstra bagi penghuninya. Desain rumah yang menggunakan batu bata merah juga akan memberikan kesan klasik hingga rustic modern.


2) Batako semen/press

99.co

Sesuai namanya, jenis batu bata ini terbuat dari campuran semen dan pasir. Dibandingkan dengan yang lainnya, batako semen memiliki ukuran yang lebih beragam dan lebih besar daripada bata merah sehingga hanya memerlukan lebih sedikit batako dan material perekat. Batako ini juga memiliki nama lain yakni batako press yang dibedakan lagi menjadi 2 macam, yaitu press mesin dan press tangan. Untuk batako semen di pasaran, memiliki panjang 36-40 cm, tinggi 18-20 cm dan tebal 8-10 cm. Cetakannya lebih rapi dibandingkan dengan batu bata merah, kedap air sehingga kemungkinan perembesan air hujan lebih kecil dan bobotnya yang ringan daripada bata merah karena teksturnya yang berongga dibagian tengah. Tetapi, dengan adanya rongga tersebut membuat batako ini mudah retak.



3) Batu bata kapur/hebel


Kontraktor jogja

Jenis batu bata kapur ini hampir sama dengan batako semen, yang membedakan dari tampilannya lebih berwarna putih. Biasanya digunakan untuk bangunan di pedesaan, pagar pembatas dan rumah dengan desain minimalis modern. Harga dinding batu kapur sangat murah di bandingkan dengan batako semen, waktu pemasangan cepat karena ukurannya yang besar dan bobot yang ringan sehingga memerlukan sedikit adukan semen sebagai perekat.


4) Batu bata tempel/ekspos



Bata tempel adalah bata berukuran lebih tipis yang penggunaannya dengan menempelkan pada dinding yang sudah jadi. Hal ini merupakan solusi memiliki tampilan batu bata pada dinding tanpa perlu merombaknya. Batu bata ini memiliki ketebalah sekitar 2 cm, sehingga tidak membuat dinding tebal meski telah dilapisi batu bata ini. Bata tempel ini memang difungsikan lebih pada dekorasi ruang sehingga tidak membuat kokoh layaknya material bangunan. Memberikan kesan natural dan hangat pada setiap ruangan. 


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis : Imka
Editor   : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber






Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai macam tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah, dan kamar tidur anak.