Kumpulan Ide Membuat Kolam Renang untuk Keluarga dengan Minim Budget



Homeshabby.com -- Berenang menjadi salah satu olahraga yang menyehatkan sekaligus menyenangkan bagi keluarga. Apalagi kalau memiliki kolam renang minimalis di rumah tentu bisa membuat suasana berenang anda lebih tenang dan privasi. Anda bisa kapanpun bermain air dan tidak perlu terganggu dengan keramaian yang kerap terjadi pada kolam renang umum. Namun sayangnya bagi anda yang memiliki lahan terbatas dan minim budget harus memutar otak untuk memiliki fasilitas yang satu ini. 
Tak perlu khawatir, kini anda bisa mewujudkan kolam renang minimalis di rumah idaman anda. Berikut beberapa inspirasi ide membuat kolam renang tanpa memerlukan biaya yang besar :



Bentuk yang simpel dan mudah diterapkan salah satunya adalah persegi panjang. Ukurannya juga mudah untuk menyesuaikan dengan lahan kosong yang ada di rumah anda. Bentuknya yang lebih efisien, tidak jadi masalah jika dibangun di samping rumah maupun di belakang rumah. Biaya pembangunan kolam renang sangat tergantung dari desain, material, dan luasnya. Bentuk persegi panjang dengan kedalaman 1 setengah meter lebih minim budget karena tidak memiliki level kesulitan daripada desain bentuk lainnya.




Ada banyak pilihan bentuk kolam renang yang bisa anda buat. Jika anda bosan dengan model lurus biasa. Anda bisa menambahkan lekukan pada bangunan kolam renang yang menyesuaikan dinding yang berbelok. Ukuran kolam yang tidak terlalu luas membuat lahan di sekitarnya dapat dimanfaatkan untuk area santai, seperti penambahan kursi dan meja sebagai tempat anda menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga. Konsep yang berbaur alam dengan penggunaan aksen kayu di sekitar kolam memberikan kesan sejuk dan hangat untuk keluarga anda. Biasanya kerap diaplikasikan oleh rumah bergaya scandinavian masa kini.






Beragam desain kolam renang memungkinkan anda berkreasi dan mengembangkan ide, seperti bentuk kolam renang yang melengkung di salah satu sisi. Bentuk yang unik dengan konsep outdoor dan posisi kolam renang yang menyatu dengan taman hijau memberikan suasana sejuk walaupun adanya paparan matahari secara langsung. Anda bisa menambahkan tangga ke dalam kolam renang, tepi kolam yang menggunakan bahan kayu tidak akan licin pada lantai. Ukuran yang minimalis, material keramik yang sederhana akan membuat anda lebih menghemat pengeluaran.







Bila gaya desain telah dipilih, anda harus memikirkan orientasi kolam renang dan sebaiknya menghindari tempat teduh jangka panjang, terutama yang terlindung oleh pohon besar atau atap, semua bagian harus terkena sinar matahari. Penataan taman hijau untuk penyejukan bisa di lahan pinggir kolam renang. Area kolam renang bukan hanya untuk relaksasi tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk tempat bersantai, seperti penambahan teras di sudut dinding lengkap dengan kursi dan meja serta kanopi berbahan kayu sebagai penutup atap yang natural. Desain yang menarik dapat memberikan suasana nyaman dan tentunya minim pengeluaran karena material yang murah tapi tetap berkualitas. 


Wajib bagi anda untuk menjaga kebersihan kolam renang !
Saat memutuskan membuat kolam renang di rumah, artinya ada pekerjaan tambahan yang harus anda lakukan agar tetap bersih, dan tetap terjaga nilai estetikanya. seperti :
Membersihkan dinding kolam renang secara berkala agar tidak mudah licin dan berlumut, menyediakan jaring panjang untuk membersihkan dedaunan, jika kolam renang anda berada di bawah pepohonan. Dengan hal itu, kolam renang anda tetap indah dipandang mata.


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya untuk membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis : Imka
Editor  : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber 




Homeshabby.com adalah website kumpulan dsain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, muhsola dalam rumah, teras rumah, dan kamar tidur anak.