Desain dan Denah Rumah + Toko dengan Luas Lahan 9 x 14 M Cocok untuk Perkotaan dan Pedesaan Tampil Lebih Modern




Homeshabby.com -- Hello bunda, anda sedang mencari ide untuk buka usaha dirumah? atau ingin merenovasi hunian anda untuk dijadikan rumah tinggal serta tempat usaha (toko sembako)? Kali ini homeshabby.com akan memberikan pilihan desain untuk anda. Desain dengan ukuran 9 x 14 m cukup luas untuk dibangun menjadi tempat yang memiliki manfaat yang lebih di era modern sekarang ini. Dengan luas lahan yang tersedia anda bisa merancangnya menjadi hunian yang elegan, tidak hanya indah dipandang namun juga tepat dengan seluruh kegunaannya dalam setiap ruang. Desain ini dapat dijadikan referensi bagi anda yang berada di daerah perkotaan maupun pedesaan untuk tampil lebih kontemporer.




Desain rumah ini mempunyai fasad bangunan yang menawan. Area carport secara terbuka terlihat lebih luas untuk memuat 2 mobil berdampingan. Di sebelah kanan terdapat ruangan yang akan digunakan untuk tempat usaha, yaitu toko sembako.  Aksen kaca pada pagar balkon dan jendela lantai atas membuat tampilan rumah terlihat modern. Konsep warna yang menjadi pilihan yaitu coklat, putih dan abu yang dapat memberikan kesan elegan bagi rumah anda.




Terlihat bangunan rumah dari atas, penggunaan atap genteng dari beton flat yang dapat menahan panas sinar matahari dan guyuran air hujan serta perubahan suhu yang berulang-ulang. Ukuran lahan 9 x 14 m memungkinkan anda bisa memiliki balkon yang dilengkapi dengan area penghijauan pada lantai atas. Terdapat tempat untuk peletakan tangki air di bagian belakang yang dapat digunakan untuk menampung lebih banyak air saat mandi atau mencuci. Dengan penataan yang tepat sesuai fungsinya akan memberikan kesan kenyamanan tersendiri bagi keluarga anda. 




Berikut detail denah dari beragam ruangan yang ada di lantai 1. Pemanfaatan ruang pada lantai 1 lebih di tekankan untuk umum, seperti area carport untuk parkir kendaraan, tempat usaha, ruang tamu dengan posisi sofa yang berbeda memperlihatkan ruangan terlihat semakin lapang, dapur, 1 kamar mandi tamu, serta mushola yang dilengkapi dengan tempat wudhu dibagian belakang. 







Pada lantai 2 lebih difungsikan sebagai ruangan untuk memberikan privasi bagi anggota keluarga. Memiliki 4 kamar tidur, 2 diantaranya bersebelahan dengan area balkon sebagai tempat bersantai dan berbaur dengan udara segar diluar rumah.Terdapat 1 ruang keluarga dan 2 kamar mandi luar. Banyak penggunaan jendela disetiap ruangan dengan bahan kaca yang tembus cahaya yang akan membuat lantai 2 secara keseluruhan semakin terang dan tidak pengap. 







Ini adalah denah rumah toko pada lantai 1 dengan ukuran 9 x 14 m. Berikut penjabarannya:

Pertama, area carport dengan ukuran 5 x 5 m secara terbuka tanpa pagar pembatas, toko di sebelah kanan 4 x 3 m di tambah dengan taman minimalis dengan pemanfaatan sisa lahan ukuran 4 x 1 m.

Kedua, terdapat ruang tamu dengan bentuk leter L terlihat lebih luas menyesuaikan bentuk desain. Tangga sebagai akses naik ke lantai 2 di posisikan di bagian depan tepat di samping ruang tamu dengan pintu luar yang langsung menuju carport dan 1 kamar mandi luar.

Ketiga, Terdapat ruang keluarga, dinning room dan dapur dengan konsep terbuka tanpa penyekat ruang berukuran 3,5 x 9 m. Selain itu juga ada taman minimalis di setiap sudut belakang rumah dengan diapit mushola yang dilengkapi dengan tempat wudhu yang bersih.




Sedangkan ini adalah denah lantai 2 beserta ukuran yang lebih jelas :
Terdapat area balkon yang lapang, dengan pintu tengah yang menuju langsung ke ruang keluarga, bersebelahan dengan 3 kamar tidur dengan ukuran yang berbeda yaitu 2,5 x 3 m di sebelah kiri, 3 x 4 m di sebelah kanan bagian depan dan 3 x 3,5 m di bagian tengah.  Selain itu, terdapat 1 kamar tidur di bagian belakang yang dilengkapi dengan kamar mandi dalam. dan 1 kamar mandi luar untuk anggota keluarga lainnya.


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis : Imka
Editor   : Munawaroh
Sumber : ig noman_desainrumah




Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah, dan kamar tidur anak.