Engglis Version

Inspirasi Desain Rumah dengan Konsep Tembus Cahaya Membuat Hari-Hari Kita lebih Bersinar


Homeshabby.com -- Pada siang hari rumah anda masih pengap? Berarti desain rumah anda kurang adanya interior yang tembus cahaya. Pencahayaan adalah salah satu elemen yang paling sering diabaikan, namun penting dalam arsitektur dan desain interior. Apa gunanya menciptakan ruang yang cantik jika tidak ada cukup cahaya untuk dapat anda nikmati keindahannya? Rencana pencahayaan harus di sesuaikan dengan kebutuhan ruang individu dan bagaimana menjaga keseimbangan untuk mencapai efek tertentu. Sehingga dengan adanya pencahayaan di dalam desain rumah akan memberikan sirkulasi udara yang bersih dan akan membuat hari-hari keluarga lebih berwarna. Berikut beberapa inspirasi keren yang layak dipertimbangan untuk anda mengatur pencahayaan rumah tercinta :




Cukup dengan sofa memanjang dan meja bundar minimalis untuk ukuran ruang tamu yang minimalis. Pastikan furniture tidak menghalangi ruang gerak anda. Pilihkan warna cat dan warna perabotan yang lembut untuk mendukung suasana ruang tamu terlihat hangat dan terang. Pemanfaatan bahan kaca transparan pada pintu dan jendela dengan di lapisi jaring-jaring besi sebagai pengaman yang tepat dapat menjaga sirkulasi udara bersih dan pencahayaan dari luar rumah dapat masuk dan di rasakan anda ketika di ruang tamu. Sehingga desain seperti ini dapat menciptakan ruangan yang sehat dan tidak pengap.






Rumah anda yang memiliki posisi ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga secara terbuka dapat memberikan kesan luas di dalam rumah. Color tone yang cantik pada setiap elemen ruangan dengan kombinasi tanaman hidup sebagai penyaring bakteri serta penyerap udara yang bersih dapat menciptakan suasana yang berbeda pada ruangan. Warna netral yang diaplikasikan bisa memantulkan cahaya keseluruh sudut ruangan sehingga dapat menghemat penggunaan listrik pada siang hari.






Ada banyak sekali tata letak ruang makan yang bisa dipilih. Salah satunya desain ruang terbuka yang menyatu dengan tempat cuci dan taman hijau tanpa pembatas antar ruang. Dari segi visual, desain seperti ini dapat menciptakan kesan luas dan lega. Penggunaan penutup atap kaca yang tembus cahaya, membuat ruangan terbuka langsung mendapatkan penerangan dari sinar matahari. Desain interior yang menyatu dengan alam akan memberikan suasana lebih menyegarkan. Dengan konsep ini, ketika makanpun anda bisa lebih mudah berkomunikasi dengan anggota keluarga lainnya yang berada di ruangan lainnya, sehingga suasana lebih hangat dan menyenangkan.






Pemilihan warna navy yang dipadukan dengan warna putih terkesan lebih istimewa dan elegan untuk ruangan privasi anda, seperti kamar tidur. Tambahkan juga warna orange pada bantal kamar agar nuansa ruangan tidak terlalu monoton dan bikin hari-hari anda lebih berwarna. Untuk menyegarkan suasana kamar tidur, aksen hijau pada dekorasi tanaman dan cahaya pada luar rumah akan membuat kamar terkesan sejuk dan nyaman.





Desain dapur seperti ini kerap diterapkan pada rumah dengan konsep tropis yang tembus cahaya. Mendapatkan sinar matahari langsung karena lokasi dapur yang berdampingan langsung dengan lahan terbuka. Color tune yang simpel dapat mendukung suasana dapur semakin terang dan bersih. Sehingga asap atau bau yang ditimbulkan dari proses memasakpun akan langsung diserap oleh udara dari luar ruangan.


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis : Imka
Editor   : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber



Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sderhana hingga rumah minimalis modern. selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah ddesain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah, dan kamar tidur anak.