Ide Inspirasi Halaman Kecil Samping Rumah yang Cantik dan Bikin Hari-Harimu Lebih Menyenangkan

Desain samping rumah

Homeshabby.com -- Memiliki space yang menyegarkan dirumah tentu menjadi dambaan banyak orang. Selain membuat suasana semakin cantik keberadaan halaman dirumah juga akan membuat suasana rumah terasa sejuk dan tentunya menyehatkan bagi penghuninya. Mengingat ketersediaan lahan yang semakin terbatas, tidak banyak orang  yang menghadirkan taman hijau yang luas dirumahnya. Padahal taman tidak harus dengan lahan yang luas namun di space yang kecil pun taman tetap bisa di ciptakan dengan desain yang tepat. Seperti halnya halaman di samping rumah. Berikut ini beberapa desain inspirasi halaman kecil di samping rumah yang cantik dan akan membuat hari-hari anda lebih menyenangkan yang dapat anda jadikan pilihan.


Taman kering

Desain taman samping rumah ini terlihat sederhana dengan penggunaan konsep taman kering. Peletakan tanaman yang tidak berlebihan namun tetap terlihat menarik dan nyaman untuk baraktifitas. Desain samping rumah ini menggunakan 1 jenis tanaman sedangkan dibagian bawahnya dilapisi dengan batu kerikil atau batu koral dengan warna yang senada dengan tembok atau pagar rumah. Tanaman yang dipilih harus sesuai dengan konsep taman kering sehingga tidak membutuhkan penyiraman air setiap harinya. 


Akses jalan setapak

Desain jalan setapak disamping rumah dengan konsep yang simpel namun tetap memberikan suasana yang sejuk bagi orang yang melintas. Agar tampilan tembok pembatas samping rumah tidak terlihat kosong, anda bisa menambahkan planter atau tanaman juntai dan menempelkannya pada tembok tersebut sehingga akan menciptakan suasana yang lebih cantik di pandang mata. Atap rumah yang tidak memenuhi halaman akan mampu memudahkan air hujan turun langsung menyirami tanaman hidup tersebut. Lantai pada area ini menggunakan batu kerikil dengan keramik ditengahnya yang akan menambah suasana menjadi adem.


Lorong outdoor

Bagian samping rumah biasanya tidak terlalu luas membentuk lorong jalan menuju ruangan dibagian belakang. Agar tampilan semakin cantik, sebaiknya anda membuatnya menjadi lorong rumah secara outdoor yang di hiasi beragam tanaman hijau di sekitarnya. Desain samping rumah dengan pot bunga berbentuk persegi panjang yang menempel di dinding dari bahan kayu berpelitur senada dengan parket lantai akan mampu menciptakan kesan natural yang menyegarkan pada halaman samping rumah. Tata letak yang terlihat rapi dan cantik di tambah dengan tanaman rumput hijau dan tanaman kecil di bawahnya membuat area tersebut lebih hidup.


Kolam ikan yang segar

Bagi anda yang memiliki lahan samping rumah yang cukup luas, Anda bisa membuat kolam ikan lengkap dengan bebatuan asli dan tanaman hijau di pinggirnya. Agar terlihat luas dan udara segar menyeluruh sampai ke dalam ruangan rumah, pemilihan pintu geser yang terbuat dari kaca sangat efektif untuk rumah idaman anda. Sirkulasi udara bersih dan menyejukkan dapat keluarga anda rasakan saat bersantai dimanapun tempatnya. Ukuran kolam yang menguasai space yang ada memungkinkan anda untuk membuat petakan beton sebagai akses jalan melayang di atas kolam ikan menuju pintu masuk rumah atau area belakang rumah. 


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber





Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan tips dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, dan kamar tidur anak.