Desain dan Denah Rumah Minimalis Ukuran 9 x 12 M Bertema Scandinavian Lengkap dengan Mushola

Desain dan denah rumah 9 x 12 m


Homeshabby.com -- Kali ini silahkan simak desain dan denah rumah scandinavian berukuran 9 x 12 m yang bergaya minimalis dan stylish tanpa harus melibatkan banyak furniture. Rumah scandinavian atau scandinavian house ini adalah desain rumah yang diserap dari gaya bangunan negara-negara di Eropa Utara yang menawarkan konsep rumah yang ditandai oleh kesederhanaan, fungsionalitas dan minimalisme. Tema rumah yang dominan putih yang bernuansa cerah dan hangat serta nyaris minim ornamen yang digunakan dalam setiap ruang. Di lihat dari fasad rumah terdapat pemilihan atap pelana terbuat dari beton flat yang tahan terhadap panas, kanopi carport dari besi kaca berangka besi hollow yang kokoh serta adanya pagar batu bata dengan berlapis batu alam pada sebagian sisi tembok dan taman hijau sebagai penambah suasana sejuk bagi rumah. Penasaran lebih detailnya ? Berikut desain dan denahnya.


Ruang tamu

Masuk pada bagian wajah dalam rumah yaitu ruang tamu. Konsep yang digunakan sesederhana mungkin tanpa adanya dekorasi dan aksesoris di bagian sudut ruang. Ukuran ruang tamu 2,85 x 2,50 m sudah dilengkapi 1 sofa dengan sandaran dan 1 sofa malas beserta meja minimalis transparan dengan kerangka kayu yang natural. Agar nilai estetika semakin sempurna bisa ditambahkan standing lamp yang fokus menerangi interior disekitarnya dan lukisan dinding yang akan menambah suasana terkesan hangat dan nyaman bagi tamu yang berkunjung. Tak lupa pemanfaatan rak multifungsi selain sebagai penyimpanan buku bacaan juga berfungsi untuk pembatas antar ruang yang efisien.


Ruang keluarga

Desain ruang keluarga dengan konsep scandinavian ini bersebelahan langsung dengan dinning room dan taman minimalis di belakang rumah untuk tempat bersantai dan menikmati pemandangan luar rumah. Ruang keluarga ini dilengkapi dengan 1 sofa memanjang yang lembut dan tv led di atas rak kayu. Agar terkesan modern dan elegan bagi ruangan, yaitu adanya karpet dengan warna dan motif senada dengan interior lainnya. 



Kamar tidur

Posisi kamar tidur ini terletak pada bagian depan yang memiliki akses sirkulasi udara yang cukup. Desain yang simpel membuat ruangan terlihat tetap luas melebihi ukuran aslinya. Konsep scandinavian yang identik dengan warna putih bisa dipadu padankan dengan warna lain seperti warna lavender pada sprei atau selimut tempat tidur dan warna kayu alami pada headboard tempat tidur dan almari. Sehingga suasana akan semakin nyaman dan hangat.



Dinning room

Masuk pada ruang makan yang gabung dengan area dapur lengkap dengan kicthen set yang mungil. Pemilihan warna putih sebagai warna utama konsep rumah ini membuat suasana dinning room menjadi cerah dan bersih. Area makan yang dilengkapi meja kayu dan kursi sofa berkaki kayu natural dapat menciptakan aktifitas makan anda lebih santai dan menenangkan.



Mushola

Yang menarik dari desain dan denah rumah 9 x 12 m berkonsep scandinavian ini adalah terdapat pemanfaatan space kosong dengan ukuran 1,8 x 1,2 sebagai tempat ibadah yaitu mushola minimalis. Dengan ukuran yang terbatas konsep dari mushola ini tetap terkesan luas karena tidak adanya pintu penutup. Sehingga terkesan lapang dan terbuka dari sisi manapun. Lantai mushola ini menggunakan parket kayu natural dan dinding batu alam yang memberikan suasana sejuk dan tenang saat beribadah. Tak lupa adanya lukisan kaligrafi yang dapat menambah nilai estetika dari ruangan ini.


Denah ruangan rumah ukuran 9 x 12 m

Berikut denah ruang pada rumah berkonsep scandinavian, antara lain :

Terdapat area carport letter L berkapasitas 1 mobil dan 1 motor dengan ukuran 5 x 5,5 m menyatu dengan teras yang kecil. Terdapat taman hijau 1,96 x 2,85 m. Masuk pada ruang tamu 2,85 x 2,50 m, kamar tidur utama 2,85 x 3,50 m, dapur dan dinning room 3,55 x 2,70 m, mushola 1,20 x 1,80 m, kamar mandi luar 1,40 x 1,80 m, ruang keluarga ditengah 2,85 x 2 m, 2 kamar anak yang memiliki ukuran yang sama 3 x 2,70 m dan taman belakang di bagian tengah 1,5 x 2,85 m.


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber





Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah, dan kamar tidur anak.