Rangka Atap Baja Ringan Vs Kayu, Pilih Mana ??

Rangka Atap Baja Ringan Vs Kayu, Pilih Mana ??


www.homeshabby.com - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai rangka atap baja ringan dengan kayu lebih kuat mana dan apa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing bahan tersebut. Hal ini penting untuk diperhatikan mengingat ini merupakan rangka pondasi atas pada rumah anda. Sehingga anda haruslah mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilih antara keduanya. Berikut hal-hal yang harus anda perhatikan :

1. Lingkungan 

Material kayu didapatkan dengan memotong pohon yang ada. Persediaan pohon pun akan semakin menipis dari waktu ke waktu. Sedangkan baja ringan, dibuat dari berbagai bahan dasar yang masih banyak ditemui. Apabila dilihat dari segi berkelanjutan, kayu lebih ramah lingkungan dibandingkan baja. Sebab, kayu terbuat dari material organik, sedangkan proses pembuatan baja bisa mencemari lingkungan.


2. Harga

Sebelum ketersediaannya semakin menipis, harga kayu jauh lebih murah dibandingkan dengan baja. Namun beberapa tahun belakangan, harga kayu mengalami fluktuasi tajam. Sedangkan baja ringan masih mudah dicari, sehingga harganya pun tak mengalami fluktuasi. Begitu juga dari segi pemasangan, rangka baja lebih mudah dan cepat proses pemasangannya. Dengan begitu, biaya pengerjaannya pun semakin murah.


3. Kualitas



Atap kayu cenderung mudah keropos dan rentan terhadap rayap. Untuk itu, anda harus mengeluarkan kocek lebih untuk memilih kayu anti rayap. Sedangkan baja ringan lebih tahan terhadap rayap dibandingkan dengan baja ringan yang tidak mudah berkarat.

4. Safety/keamanan

Dari segi keamanan lebih baik anda memilih kayu hal ini dikarenakan kayu lebih kuat dan tidak dapat menghantarkan listrik sehingga jika sewaktu waktu terjadi kebocoran maka tidak dapat menyengat. Sedangkan jika dibandingkan dengan baja ringan lebih berbahaya ketika terjadi kebocoran dapat mengahantarkan listrik dan dapat terjadi konsleting listrik.


Kesimpulannya, kayu dan baja ringan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pastikan bahwa anda telah melakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui mana yang paling baik untuk bangunan hunianmu. Jika anda memilih kayu maka dapat lebih kuat dan kokoh untuk struktur atap rumah juga lebih mahal dari segi harga sedangkan untuk baja ringan maka anda haruslah berhati-hati karena rawan terjadi aliran listrik yang dapat menyalur di baja ringan atap rumah anda dan lebih murah dari segi harga.


Sekian yang dapat kami sampaikan semoga dapat bermanfaat bagi anda semua. Untuk tips, trik dan inspirasi lainnya anda cukup klik www.homeshabby.com. 



Penulis   : Septiyani
Editor     : Munawaroh
Sumber   : Instagram #Rumahkayu




Homeshabby.com adalah website kumpulan desain rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah, dan kamar tidur anak.