Inilah Model - Model Atap Rumah Minimalis yang Trend Tahun Ini

Inilah Model - Model Atap Rumah Minimalis yang Trend Tahun Ini


www.homeshabby.com - Hello Bunda… Kembali lagi dengan kami home shabby yang masih setia memberikan trik, tips dan inspirasi terkait dengan rumah. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa model atap untuk rumah minimalis. Sebelum membahas mengenai model atap terlebih dahulu kami akan menjelaskan mengenai apa itu atap dan apa fungsi atap itu sendiri ??

Atap adalah penutup rumah (bangunan) pada bagian atas rumah anda. Selain itu juga untuk melindungi rumah dari panas matahari dan air hujan. Pada perkembangannya atap pun mempunyai peran penting dalam penilaian estetika suatu bangunan rumah.  Adapun model dari atap untuk rumah minimalis yang trend tahun ini adalah :

1. Atap Pelana

Sumber  : rumahjojga210


Desain atap pelana merupakan salah satu desain atap yang paling populer di Indonesia. Desain atap rumah ini terbilang paling aman dan sederhana serta cocok dengan berbagai desain rumah. Atap rumah pelana merupakan bentuk atap rumah yang terdiri atas dua bidang miring yang ujung atasnya bertemu pada satu garis lurus. 

Desain atap ini memiliki keunggulan, yaitu dapat dengan mudah mendeteksi adanya kebocoran yang biasanya terjadi pada bumbungan. Desain atap rumah pelana juga memiliki daya serap radiasi dan panas yang cukup baik untuk digunakan di daerah-daerah tropis.
Kemiringan minimal desain atap rumah pelana adalah 30 derajat dan tepi bawah atap tempat air hujan jatuh dinamakan teritis. Atap rumah ini mudah dipasang teritis untuk dibuatkan talang, yang berfungsi untuk mengaliri air.

2. Atap Datar

Sumber  : 1001rumah.idaman
Atap datar atau flat roof, merupakan atap yang banyak diaplikasikan pada rumah bergaya modern atau kontemporer di masa ini. Atap ini memiliki bentuk yang berbeda dengan atap tradisional dan konvensional yang cenderung landai atau biasa disebut pitched roof. Atap datar memiliki permukaan yang horizontal, meski ada yang dibuat dengan sedikit miring. 


3. Atap Limasan

Sumber   : Rumah.atau.griya

Atap perisai merupakan penyempurnaan dari bentuk desain atap rumah pelana yang terdiri dari empat bidang miring berbentuk segitiga siku-siku dengan kemiringan yang sama. Desain atap rumah limasan memiliki keunggulan di atas desain atap rumah pelana yaitu terlihat lebih artistik.
Selain itu, dengan sudut 30 hingga 40 derajat pada bagian atapnya, desain atap rumah ini mampu memberikan perlindungan terhadap dinding rumah bagian luar dari panasnya sinar matahari dan derasnya air hujan. 

4. Atap Joglo


Atap ini di sebut dengan atap joglo biasanya di gunakan untuk rumah joglo. Bentuk atapnya bertingkat dengan bagian bawah lebih menjorok keluar yang berfungsi untuk menghalangi masuknya cahaya matahari yang berlebihan. Atap joglo ini cocok sekali untuk anda yang menyukai dengan gaya antik. 


Sekian artikel yang dapat kami sampaikan semoga dapat bermanfaat bagi anda. Untuk tips, trik dan inspirasi lainnya anda cukup klik di www.homeshabby.com .



Penulis   : Septiyani
Editor     : Munawaroh
Sumber   : Instagram