Maksimalkan Ruang Kecil di Rumah Dengan 5 Trik Efektif Ini

 Homeshabby.com - Memiliki ruang yang kecil dapat ditemui baik itu di rumah berukuran besar maupun kecil. Untuk itu, daripada dibiarkan kosong, anda dapat memanfaatkannya menjadi area yang serbaguna dan bermanfaat. Mari simak beberapa trik yang dapat anda coba untuk memaksimalkan ruang kecil di bawah ini.


Area bersantai di samping tangga

Instagram/domnaczeresniowej

Bila area bawah tangga atau samping tangga di rumah anda kosong, anda dapat memanfaatkannya untuk area yang fungsional. Seperti area baca, area santai, maupun dapur mungil. Tata dengan apik dan gunakan perabot atau barang yang diperlukan saja agar tidak berantakan dan tetap tampil apik.


Gunakan tirai panjang pada ruangan kecil

Instagram/elleihome

Untuk menyiasati ruangan kecil dan memiliki ventilasi atau jendela, anda dapat memasang tirai panjang. Bila perlu panjang tirai hingga menyentuh tanah. Kesan yang ditampilkan dari tirai panjang ini akan membuat ruangan mungil anda tampak luas.


Manfaatkan sudut ruang sebagai area belajar

Instagram/hattiekolp

Sudut ruangan seringkali dibiarkan kosong. Atau paling hanya diletakkan barang atau tanaman besar sebagai hiasan ruangan. Namun, tak ada salahnya mengubah sudut ruangan yang kosong menjadi area yang fungsional. Seperti ruang belajar misalnya.


Letakkan cermin untuk merefleksikan ruangan mungil

Instagram/livingwithnic

Sifat dari cermin yang dapat merefleksikan ruangan sekitarnya tentu sangat bermanfaat untuk ruang mungil. Anda dapat meletakkan cermin dengan cara digantung atau diletakkan di atas lantai. Pastikan tidak meletakkan cermin sejajar dengan pintu maupun jendela.


Buat gantungan dan storage di area kosong

Instagram/thebartahouse

Memasang gantungan di ruangan yang kosong sangat bermanfaat agar rumah tetap rapi. Anda dapat menempatkan gantungan maupun area penyimpanan di dekat pintu masuk, pintu dapur, maupun sudut ruangan. 



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.

Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Yuniar
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.