6 Trik Desain dan Dekorasi Ruang Tamu Kecil Agar Terasa Lebih Luas

 Homeshabby.com - Ruang tamu yang memiliki ukuran kecil tentu harus menggunakan desain yang tepat agar terasa lebih lega dan nyaman. Tak melulu menggunakan desain yang bergaya agar memiliki tampilan yang stunning, hanya meletakkan perabot yang pas saja sudah membuat ruang tamu tampak apik. Berikut ini kami akan menyajikan ulasan mengenai 6 Trik Desain dan Dekorasi Ruang Tamu Kecil Agar Terasa Lebih Luas. Yuk simak!


Aplikasikan konsep terbuka

Instagram/devvyherawati

Memilih menerapkan konsep terbuka merupakan langkah yang tepat untuk ruang tamu kecil. Dengan ruang tamu dan ruang berikutnya tanpa pembatas atau sekat, tentu akan memberikan efek luas. Namun, tak lupa untuk meminimalisir barang yang ada di ruang tamu dan ruangan di dekatnya untuk area yang terasa luas dan lapang.


Penggunaan serta penataan perabot yang tepat

Instagram/dr.resna

Pemilihan perabot yang tepat pada ruang tamu tentu dapat membantu untuk memiliki ruang tamu yang terasa lega dan nyaman. Gunakan perabot yang sesuai dengan ukuran ruang tamu agar tidak membuat ruang tamu terasa lebih sumpek karena barang yang memiliki ukuran besar dan tidak sesuai.


Penambahan cermin pada dinding ruang tamu untuk efek ruangan yang luas

Instagram/rumah_ayphy2218

Adanya cermin tentu sangat membantu untuk ruangan berukuran mungil. Pasang cermin pada dinding ruang tamu dengan posisi yang tepat untuk hasil yang maksimal. Jangan pasang cermin di area yang berhadapan dengan pintu masuk atau pintu lainnya. Karena tentu dapat memberikan kesan ruang tamu yang tidak nyaman dan cahaya dari luar yang masuk ke dalam ruang tamu akan membuat silau ruangan.


Gunakan warna senada atau match hues

Instagram/rumahpiosagi

Warna senada pada ruang tamu tentu dapat mendukung ruangan terasa lebih luas dan nyaman. Seperti memadukan warna interior ruang tamu dengan perabot di dalamnya. Baik itu pada sofa, meja, atau ornamen yang menghiasi ruang tamu untuk tampilan yang stunning dan eye-catching.


Perhatikan jendela dan ventilasi untuk ruang tamu yang nyaman

Instagram/sinyo_atalla

Meskipun berukuran kecil, jangan lupa untuk memperhatikan jendela dan ventilasi udara di area ruang tamu ini. Hal ini tentu akan membuat ruang tamu terasa nyaman dengan adanya cahaya masuk dari luar dan filtrasi udara yang bagus.


Berikan tekstur pada ruang tamu agar tidak monoton

Instagram/sofy_rahadianty

Setelah desain dan dekorasi yang bagus diterapkan pada ruang tamu kecil, anda masih memerlukan satu hal untuk ruang tamu yang terasa lega dan nyaman. Dengan interior ruang tamu yang memiliki ukuran mungil dan desain polos, berikan tekstur pada dinding misalnya. Hal ini tentu akan membantu ruang tamu memiliki efek luas karena volume yang dihasilkan oleh tekstur dinding tersebut.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.

Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Yuniar
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.