Ide Kreatif Ruang Bawah Tangga dan Cara Memanfaatkannya

Ide Kreatif Ruang Bawah Tangga dan Cara Memanfaatkannya


Homeshabby.com -- Rumah dengan lahan yang tidak begitu luas tetapi harus menggunakan segala ruang secara maksimal tentu perlu membangun rumah 2 lantai lagi untuk memaksimalkan semua kebutuhan. Tak terkecuali area bawah tangga yang jarang dimanfaatkan dan dibiarkan kosong. Padahal area ini bisa lebih maksimal jika dijadikan sebagai tempat berguna atau penyimpanan barang di rumah. Berbagai idenya bisa anda simak pada 7 Ide Kreatif Ruang Bawah Tangga dan Cara Memanfaatkannya di bawah ini:



Perapian dan ruang keluarga 

leorahome

Manfaatkan space bawah tangga yang masih cukup maksimal ini dengan menempatkan beberapa kabinet hingga untuk perpian seperti di atas. Daripada dibiarkan kosong, anda bisa melengkapi berbagai aksen dekorasi seperti rak untuk hiasan hingga membuat model dak tinggi untuk aksen headborad TV.



Ruang cuci bawah tangga

nurrin_nurrinawati

Dengan memaksimalkan area bawah tangga, dijamin semua perabot dan ruangan di rumah tampak lebih ringkas. Sebagai ruang cuci ini anda bisa memasang kabinet dengan penutup besi perforated warna putih yang seras. Ini bisa jadi tempat simpan barang ataupun alat kebersihan di rumah.


Gudang bawah tangga

omah_bodas


Daripada dibiarkan kosong, membuat tempat baru di bawah tangga bisa jadi solusi yang terbaik untuk memaksimalkan hunian secara rapi dan maksimal. Misalnya saja untuk gudang barang yang dibuat ruang lain sehingga bisa dilengkapi pintu agar anak-anak kecil tidak masuk sembarangan. Tempat ini bisa juga untuk mengamankan peralatan kebun ataupun barang yang tidak terpakai.


Tempat wudhu bawah tangga

pupung.dewi


Memulai ibadah perlu dengan mensucikan diri dengan berwudhu. Maka dari itu, anda bisa memaksimalkan area bawah tangga yang kosong ini untuk tempat wudhu agar lebih tertata. Pilih flooring dari batu alam atau keramik dengan tekstur sedikit kasar untuk menghindarkan kesan licin. Tambahkan dengan tanaman hias atau jendela agar cahaya masuk lebih maksimal.


Kabinet rapi di bawah tangga

rena_iput

Selain untuk tempat wudhu, area bawah tangga ini juga berguna untuk segala penyimpanan perabot atau perkakas di dapur. Siapkan kabinet lengkap sekaligus tambahkan rak display pada dinding untuk menampilkan dekorasi yang unik. Gunakan material kayu agar lebih ramah lingkungan, sertakan juga wall decor ataupun tanaman hias agar lebih menarik.


Ruang jemur baju di bawah tangga 

rumahmepetbsd

Meski area bawah tangga tidak selalu dengan ukuran yang luas, memanfaatkan ruang bawah tangga merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasi ruangan yang terbatas. Salah satu ide ini dapat anda terapkan untuk ruang jemur baju sekaligus tempat cuci baju. Supaya dua kegiatan rumah tangga tersebut  dilakukan dengan mudah. Gunakan kanopi kaca untuk atap area tangga supaya cahaya masuk ke bawah dan membuat jemuran lebih mudah kering.





  

Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.




Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.