Fungsi Pagar Rumah Yang Perlu Diketahui!

Fungsi Pagar Rumah Yang Perlu Diketahui!


Homeshabby.com -- Eksterior rumah perlu diperhatikan terutama bagian pagar rumah. Selain jadi aksen pengaman, pagar memiliki fungsi lain seperti pembatas rumah antara hunian dan jalan raya, gerbang masuk rumah serta sebagai mempercantik tampilan rumah dari bagian luar. Untuk mendesain pagar, bisa disesuaikan selera pemilik serta bahan apa yang cocok. Banyak jenis yang bisa anda pilih misalnya, pagar besi, kayu, batu alam ataupun roster. Model dan manfaat pagar lainnya bisa simak pada 7 Fungsi Pagar Rumah Yang Perlu Diketahui di bawah ini:

 

Model pagar kombinasi - Fungsi sebagai pembatas

titi_ashyara


Model pagar pada rumah minimalis kali ini memiliki tampilan unik dari material besi, woodplank hingga aksen batu alam. Warna yang mencolok tapi masih terlihat hangat sangat tepat diterapkan di area perkotaan atau perdesaan. Selain tampil homey, pagar ini juga menggunakan 2 model pagar permanen dan pagar geser sebagai akses keluar masuk. Fungsinya yang sebagai pembatas ini dibuat ukuran sedang sekitar 1.5 meter.



Pagar minimalis batu alam dan kayu - Fungi sebagai perlindungan

rumah_mbuu

Fungsi pagar lainnya adalah sebagai pertahanan untuk menghindari dari tindak kriminal dan kejahatan. Maka, desain pagar bisa disesuaikan dari bahan batu alam yang kuat atau kayu dengan ukuran tinggi dan bisa ditambahkan aksen runcing di bagian ujungnya. Selain itu, pagar rumah juga bisa menghindarkan binatang liar masuk ke dalam halaman.


Fungsional estetik dengan model pagar batu alam ukuran rendah

pupung.dewi

Model pagar dengan ukuran rendah ini lebih cenderung mengutamakan estetik dan tmpilannya. Selain minimalis dan terlihat terbuka, hunian tampak terekspos dari kejauhan berkat pagar ukuran rendah. Meski model pagar ini terlihat sederhana, berkat penataan fasad yang rapi dengan elemen tanaman hias di sekitarnya membuat hunian lebih segar dan berbeda dari rumah lainnya.




Pagar rumah klasik sebagai penghalang pandangan

ernijuningsih

Ada beberapa pemilik rumah menginginkan tampilan rumah terlihat tertutup dari bagian fasad. Anda bisa menggunakan material besi atau lembaran vynil pvs ataupun bahan pagar batu bata yang akan terlihat menutupi fasad rumah. Pagar yang dimaksudkan untuk penghalang pandangan ini tentunya memiliki beberapa manfaat untuk pemilik supaya terkesan privasi ataupun lebih menjaga seluruh anggota.


Perlindungan terhadap suara

bengkellasmurah_depok

Dengan menggunakan pagar, suara dari lingkungan luar juga bisa diredam karena adanya material yang menghalangi bagian depan. Seperti halnya jika rumah berada di pinggir jalan raya, kebisingingan motor akan lebih teredam dan membuat kegiatan seluruh penghuni jadi tenang. Maka dari itu, sesuaikan material dan model pagar agar tujuan dari penggunaan pagar bisa didapatkan.



Membuat rumah lebih atraktif dan tidak membosankan

auroraridwan

Fungsi lain dari pagar selain untuk perlindungan adalah bisa dilihat dari sisi estetikanya yang bisa membuat tampilan fasad tidak membosankan. Ini tentunya akan meningkatkan eksterior fasad rumah dari sisi penggunaan pagar. Anda bisa memilih bahan tertentu yang dipastikan tahan lama untuk luar ruangan dan tidak akan cepat rusak meski sudah bertahun-tahun lamanya.



Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.




Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber


Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.