7 Ide Terbaik Ruang Bawah Tangga Sempit yang Berguna

7 Ide Terbaik Ruang Bawah Tangga Sempit yang Berguna




Homeshabby.com -- Lahan yang digunakan untuk membangun rumah saat ini mulai sempit dan mengecil. Oleh sebab itu, interior ruangan akan mengikuti bentuk rumah seperti apa. Meski begitu, rumah yang di desain dengan penataan simple dan sederhana akan tetap tampil menarik terkesan lebih modern. Dengan ukuran yang kecil, anda bisa mengubah model rumah 2 lantai yang akan memiliki lebih banyak ruang. Tentunya anda juga berfikir untuk akses menuju lantai 2 yang nyaman dengan tangga. Dengan memaksimalkan ruangan di rumah, anda bisa memanfaatkan bawah tangga untuk berbagai keperluan. Untuk apa sajakah area bawah tangga di rumah kecil, simak 7 Ide Terbaik Ruang Bawah Tangga Sempit yang Berguna di bawah ini:



Ruang tamu di bawah tangga

yuli_agusershi

Ide terbaik yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan ruangan di rumah terutama bawah tangga adalah dengan menggunakannya sebagai ruangan. Misalnya saja ruang tamu yang cukup pas dan menarik untuk diterapkan. Dengan tangga rumah model semi-melayang dengan anak tangga yang lebih terbuka tentunya akan terlihat lebih luas dan lapang. Maksimalkan lagi bagian bawah tangga sebagai ruang simpan seperti beberapa perabot dengan menggunakan kabinet.


Area bawah tangga untuk kamar mandi

nenih_craft

Manfaatkan bagian bawah tangga sebagai kamar mandi tamu seperti yang terlihat. Di desain seperti lorong bawah tangga, rumah ini memaksimalkan ukuran ruang yang kecil dengan rapi. Selain akses yang mudah, kamar mandi pun terletak di antara ruang keluarga, ruang makan dan dapur sehingga sangat nyaman digunakan. 


Ruang baca di bawah tangga

jasaarsitek7



Ide berikutnya adalah area bawah tangga yang dapat dimanfaatkan sebagai area baca. Ruang yang di desain dengan konsep mezzanine ini memilih tangga minimalis yang menyisakan bagian bawah secara maksimal. Untuk area bacanya, pemilik menggunakan kabinet model built-in agar lebih simple dan hemat tempat. Sediakan karpet dan cushion untuk kegiatan baca yang nyaman. Jangan lupa menambahkan jendela besar supaya cahaya masuk secara maksimal.


Ruang televisi di bawah tangga

grey_homee



Supaya anda bisa memaksimalkan penataan ruang di rumah secara maksimal, menempatkan televisi di bawah tangga juga merupakan pilihan yang tepat. Anda bisa menempatkan sekaligus kabinet TV dengan penyimpanan maksimal untuk beberapa media elektronik. Dengan interior yang sederhana dan perabot yang senada, area bawah tangga jadi lebih rapi dan terasa nyaman. 


Ruang tamu bawah tangga yang modern

rumaalima



Terlihat model tangga melayang pada rumah ini dipilih akan mendapatkan sisa ruang di bawahnya. Daripada dibiarkan kosong, anda bisa menggunakan untuk ruang tamu dengan rapi dan beberapa area lain. Ruang yang tampak masih kosong tepat di bawah tangga bagian ujung ini bisa anda jadikan tempat simpan barang. Maka seperti kabinet bisa di pilih secara custom menyesuaikan ukuran tangga dan ruangan.


Taman kecil di bawah tangga

gryapethak


Selanjutnya interior rumah ini memiliki tampilan estetik dengan dominasi perabot kayu yang natural. Yang terpenting adalah bagian bawah tangga rumah bisa dimanfaatkan untuk taman dalam rumah agar lebih menyegarkan. Model tangga putar terlihat sangat menarik sebab ukuran ruang yang simpel jadi salah satu alasannya. Anda bisa memilih beberapa tanaman hias indoor seperti palem, calathea, mosntera dan peace lily. Jika ingin memanfaatkan bawah tangga secara maksimal, area ini bisa jadi tempat santai yang nyaman dengan karpet sea grass.


Taman rumah di bawah tangga

deregenbogenhaus

Mengubah pengaturan bawah tangga di rumah bukanlah hal yang sulit. Misalnya dengan taman bawah tangga seperti ini yang didesain rapi dan sangat sederhana. Meski begitu, tangga rumah pun di buat estetik dengan adanya lampu-lampu yang diletakkan di balik anak tangga supaya terlihat warmy. Anda pun bisa memaksimalkan area bawah tangga untuk taman rumah dengan mini cafe yang dilengkapi perabot serta coffee bar seperti biasanya.




Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.




Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.