7 Tips Menata Taman Rumah Sederhana, Mudah dan Pasti Indah

7 Tips Menata Taman Rumah Sederhana, Mudah dan Pasti Indah

Homeshabby.com -- Ukuran rumah ternyata tanpa disadari juga berdampak juga dengan adanya taman rumah. Namun anda tidak perlu khawatir untuk memikirkan ulang tentang adanya perubahan taman. Bahkan ukuran yang kecil bisa anda sesuaikan dengan budget yang ada. Cukup dengan cara simple, dijamin taman rumah akan memikat orang yang melihat. Tentu saja untuk menata taman di rumah perlu beberapa cara dan tidak serta-merta meletakkan tanaman hias di sekitarnya. Tidak ada salahnya jika anda membaca sedikit ulasan menarik dibawah ini, 7 Tips Menata Taman Rumah Sederhana, Mudah dan Pasti Indah:


 

Menata taman samping rumah dengan kolam ikan

terasrumahminimalis


Cukup sering jika area samping rumah diabaikan karena pikirnya beberapa hunian tidaklah penting. Namun dengan kecermatan, anda bisa memanfaatkan space kecil di samping rumah ini jadi area menarik untuk spot santai bahkan menyalurkan hobi. Anda bisa memilih taman samping rumah ini dengan perpaduan tanaman hias dan unsur air agar jadi kesatuan yang menyegarkan. Bangun kolam ikan yang kecil di sisi dinding rumah serta hiasi sekitarnya menggunakan tanaman rambat yang suka kelembaban. 

Atur juga lahan yang masih terbuka dan tutupi dengan batuan koral. Jika perlu anda bisa memanfaatkan pinggiran kanopi untuk meletakkan tanaman gantung agar semakin estetik.


Menata taman rumah dengan konsep urban jungle

tamanunik

Ide selanjutnya yang bisa anda terapkan di rumah adalah dengan mengusung konsep urban jungle. Penempatan taman rumah dapat anda sesuaikan ukuran, pemilihan jenis tanaman hingga area yang cocok. Misalnya dengan konsep urban jungle seperti ini, anda bisa memilih berbagai jenis tanaman hias yang tingkat toleransi di luar ruangan kuat sehingga tidak mudah mati. Susun rapi di sekeliling rumah untuk menjadi salah satu aksen dekoratif dan naungan saat musim panas, sehingga lingkungan rumah tetap terasa segar.


Menata taman rumah yang rapi di bagian sudut

tamandalamrumah


Jika anda belum terpikirkan untuk menata taman rumah, coba saja untuk memanfaatkan sudut kecil di bagian rumah agar terlihat lebih hidup dan jadi spot nyaman untuk bersantai. Seperti desain gambar kali ini, anda bisa menggunakan berbagai jenis tanaman outdoor yang kuat dan tahan terhadap terik matahari. Susun juga dengan kosen vertikal garden untuk memanfaatkan dinding sekitar rumah jadi lebih maksimal. Bagi penempatan tanaman di sekitar  sudut rumah agar semua terisi dan memberikan kesejukan alami.


Taman rumah di area void

iderumahpilihan


Jika anda masih mendapati space di sekitar rumah yang bingung akan dijadikan apa. Ide untuk menata taman rumah ini bisa anda lakukan. Space yang cukup luas dapat disusun rapi dengan pembagian lansekap terbuka dari adanya lahan rumah. Untuk membuat taman rumah pun harus mementingkan drainasenya sekaligus supaya di saat musim  hujan air dapat mengalir dengan mudah tanpa menimbulkan genangan. Seperti desain ini yang membuat model persegi dengan pinggiran batuan koral sebagai resapan air. Cara ini sangat mudah untuk anda lakukan di rumah tanpa  harus menyewa jasa taman. 


Taman rumah dengan panel besi

rumah.elfon


Cara yang cukup mudah untuk menata taman rumah tidaklah harus dengan pot ukuran besar yang bisa menimbulkan pecah saat akar tanaman sudah besar. Kali ini anda bisa memilih panel besi untuk menyusun tanaman dengan konsep vertikal garden. Pilih tanaman yang perawatanya mudah dan tidak terlalu membutuhkan banyak air seperti bunga anggrek. Selain itu, tetap percantik area sekitar dengan tanaman berdaun besar seperti monstera, syngonium atau pun aglaonema.


Taman depan rumah dengan tanaman paku

iderumahpilihan


Ide terakhir untuk menata taman rumah adalah berada di teras. Suasana asri dan rindang menyejukkan ini cukup di dominasi dengan tanaman paku-pauan dan tanaman tanpa bunga. Meski tanaman berdaun hijau saja, teras rumah teras menyegarkan di pandang mata. Belum lagi adanya tanaman paku-pakuan yang berada di pot dan tumbuh sangat subur ini, dijamin area teras semakin indah dan menyegarkan.



Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.




Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber




Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.