7 Interior Rumah dengan Pencahayaan Alami Yang Maksimal, Dijamin Hemat Energi!

7 Interior Rumah dengan Pencahayaan Alami Yang Maksimal, Dijamin Hemat Energi!



Homeshabby.com -- Memiliki rumah ukuran besar atau kecil haruslah perlu diperhatikan pencahayaan yang menjadi salah satu faktor untuk membuat ruangan jadi lebih nyaman dan sehat. Apalagi dengan adanya pencahayaan yang maksimal ke dalam rumah dapat mendatangkan manfaat kesehatan serta manfaat finansial. Karena dengan pencahayaan alami yang maksimal, anda bisa menghemat energi sehingga keunangan tetap stabil. Tanpa harus menggunakan penyejuk udara pun, rumah yang memiliki pencahayaan alami justru akan membuat ruangan mendapat asupan cahaya dan sirkulasi udara yang lancar. Sebagai inspirasi anda bisa simak 7 Interior Rumah dengan Pencahayaan Alami Yang Maksimal, Dijamin Hemat Energi di bawah ini:



Interior ruang cuci jemur dengan cahaya intens

fifit.fitriasari

Ide pertama yang bisa anda maksimalkan pencahayaan alami di dalam rumah adalah ruang cuci jemur. Karena area ini membutuhkan banyak cahaya matahari untuk keperluan cuci baju. Area ini dapat anda maksimalkan dengan penggunakan atap skylight bahan kaca yang dapat memberikan pencahayaan serta sirkulasi secara maksimal. Selain itu, anda bisa memanfaatkan dinding yang dikombinasikan dengan roster ataupun jalusi sebagai ventilasi tambahan.


Kamar tidur dengan cahaya dari arah jendela

harppy_home

Selanjutya adalah kamar tidur yang perlu adanya cahaya alami untuk membeirkan sirkulasi berkala dan terhindar dari hawa lembab. Selain dari adanya cahaya matahari dari arah jendela, anda bisa memposisikan penempatan kamar tidur dengan jendela yang berada di sisi timur atau barat untuk mendapatkan cahayan matahari pagi. Namun jika anda ingin menghindari matahari sore, penggunaan gorden dua lapis bisa jadi salah satu solusinya.


Dapur minimalis di dekat jendela

ideadapur

Tak terkecuali dapur yang menjadi tempat untuk melangsungkan kegiatan masak hingga makan sekaligus. Maka sangat penting jika dapur perlu adanya pencahayaan alami di saat pagi hingga sore hari. Selain hemat listrik, kegiatan masak jadi lebih nyaman. Biarpun penempatan dapur berada di area lorong, maksimalkan jendela ruang di bagian sudut area yang memungkinkan terkena cahaya matahari dengan intens. 


Teras atau balkon rumah

idhathalib

Bahkan area luar ruangan di rumah juga butuh cahaya alami dari sinar matahari untuk membuat eksterior rumah tampak hidup dan seperti rumah pada umumnya. Bagian teras atau balkon rumah memang sering jadi tempat santai di akhir pekan atau saat pagi hari. Dengan konsep terbuka atau menggunakan atap kaca, anda bisa melakukan kegiatan santai atau berjemur di teras rumah dengan nyaman. Tanpa harus mengandalkan cahaya lampu yang membuat listrik semakn bengkak, cara ini dapat menghemat budget anda.


Sudut santai di rumah dengan jendela maksimal

nirokta2


Cahaya tetap bisa tembus ke dalam ruangan secara intens jika material jendela yang digunakan adalah bahan kaca. Seperti sudut ruangan yang ada di rumah kali ini. Pencahayan maksimal di dapat dari arah jendela hingga pintu rumah yang dikombinasikan dengan kayu dan kaca. Tampilan ruang yang menarik dengan gaya Japandi membuat rumah estetik  dan penerangan pun tetap jadi perihal utama yang wajib diperhatiakn. 


Borde tangga rumah dengan skylight

rumah_tyafathia


Jika biasanya area tangga di beberapa rumah sering diabaikan, maka kali ini anda bisa memanfaatkan tiap sudut tangga ternasuk bordes yang maksimal jadi pencahayan ruang. Area bordes tangga yang dapat anda gunakan atap kaca dengan visual cantik ini akan menambah cahaya alami jadi intens dan menyebar ke segala penjuru ruangan. 



Ruang tamu dengan jalusi kaca

rumahijorockyrivand

Ide terakhir yang bisa anda maksimalkan pencahayaannya adalah ruang tamu. Memanfaatkan dinding sopi-sopi rumah untuk penggunaan jalusi kaca sebagai ventilasi maksimal. Meski pintu dan jendela rumah ini sudah menggunakan material kaca, visual menarik dengan kesan segar tetap terasa melegakan. Anda bisa mengkombinasikan beberapa detail lain yang cantik seperti penggunaan gorden untuk mengatur intensitas cahaya yang akan masuk ke dalam ruang tamu.



Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.




Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.