7 Model Rumah Anti Banjir, Ada Taman Resapan Dijamin Aman!

7 Model Rumah Anti Banjir, Ada Taman Resapan Dijamin Aman!


Homeshabby.com -- Seperti yang diketahui jika musim hujan di Indonesia diperkiraan akan lama dari bulang Desember - Mei. Itupun juga tergantung cuaca yang bisa menyebabkan lama tidaknya hujan akan berlangsung. Sebagai mengantisipasi pencegahan banjir disekitar rumah tak lain haruslah tetap menjaga kebersihan, membuang sampah pada tempatnya. Selain itu, desain rumah pun juga berpengaruh terhadap situasi yang tidak pasti. Apalagi saat hujan, intensitas air cukup tinggi dibandingkan jika panas tiba. Hal ini menyebabkan timbulnya genangan yang tidak hanya di jalan raya saja melainkan di lingkungan rumah.

Untuk mengantisipasinya dari hal kecil mulai dar lingkungan rumah, 7 Model Rumah Anti Banjir, Ada Taman Resapan Dijamin Aman ini bisa jadi salah satu solusi dan bahan rekomendasinya saat akan membangun rumah di area perkotaan ataupun perdesaan.


Desain rumah dengan perkerasan paving block

albert_linando

Salah satu penyebab pertama yang mungkin terjadi saat hujan tiba dan menyebabkan banjir adalah terhambatnya aliran air ke tempat yang lebih rendah. Nah dengan menggunakan paving block untuk perkerasan di sektiar halaman rumah ini juga bisa jadi salah satu solusinya. Struktur paving block yang berpori membuat air akan meresap dan masuk ke dalam tanah. Sehingga air pun dijamin akan kering di halaman rumah tanpa adanya genangan.


Buat saluran drainase di depan rumah

greenmustikaresidence.official

Cara berikutnya yang sangat perlu diterapkan adalah sistem drainase. Selain fungsinya memang untuk aliran air kotor dari rumah, adanya drainase ini juga membantu air hujan mengalir ke hilir sungai tanpa hambatan. Namun tetap diingat jika saluran drainase tetap perlu dibersihkan apabila ada sampah yang menghambat bisa cepat dibuang untuk menghindari terjadinya genangan.


Siapkan lahan terbuak dengan batuan koral

imartinaaaa

Hunian akan nyaman jika area sekitar terdapat taman yang digunakan sebagai resapan air. Tidak perlu susah untuk membuatnya, anda cukup sediakan lahan yang masih terbuka untuk ditutupi saja menggunakan batuan koral. Area ini juga akan fungsional sebagai tempat santai dan spot terbaik untuk makan pagi di akhir pekan bersama keluarga.


Meninggikan elevasi teras

nurulwulandari

Pasalnya air yang menggenang terjadi karena tidak adnaya resapan air untuk disimpan di dalam tanah. Tetapi ada satu hal lain yang bisa membuat rumah terendam air ketika elevasi dari rumah tidak dibedakan. Nah dengan begini, anda bisa mendesain teras rumah dengan elevasi yang lebih tinggi dibandingkan halaman rumah supaya jadi upaya untuk menangkal banjir. Dengan begitu seluruh isi rumah pun tetap aman.


Pasang sumur bipori di lingkungan rumah

rumahku.minimalis

Berikutnya adalah yang bisa anda lakukan untuk menguindari banjir di rumah adalah menggunakan sumur biopori atupun sumur resapan. Sumur ini bisa anda letakkan di mana saja yang terpenting di lahan yang masih kosong seperti halaman rumah, taman samping atau bagian taman belakang. Tak terkecuali juga anda bisa mengkombinasikan lahan di rumah dengan tanaman hias untuk membantu resapan air yang lebih banyak.


Membuat tanggul penahan


rumahunik.indonesia


Jika biasanya tanggul atau dinding penahan sering diaplikasikan pada sungai, tebing dan laut yang biasa disebut breakwater saat ini bisa anda aplikasikan di sekitar rumah. Anda bisa membuat di depan teras yang dibuat tinggi sekitar 1 meter dan mengeliling area teras tanpa menutup akses. Gunakan campuran batu kali agar menghindari aliran air masuk ke dalam rumah saat intesitas terlalu tinggi.


Tanam pohon di sekitar rumah

rumahsederhanna


Tanpa disadari menanam pohon di sekitar rumah juga dapat membantu menghindari air. Karena akar tanaman mampu menyimpan air, sehingga akan bermanfaat untuk resapan air sekaligus. Anda bisa menanam pohon di sekitar rumah dengan menyesuikan lahan yang tersedia. Dengan begitu, rumah tetap nyaman dan aman di huni bersama keluarga.



Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.