7 Desain Dapur Kecil yang Hemat Bujet dan Nggak Makan Banyak Biaya

7 Desain Dapur Kecil yang Hemat Bujet dan Nggak Makan Banyak Biaya

Homeshabby.com -- Banyak orang sepakat jika dapur merupakan jantung rumah. Sebab, dapur menjadi salah satu tempat untuk kegiatan masak dan memenuhi segala asupan seluruha anggota keluarga. Karena fungsinya yang sangat signifikan, menjadikan ruang dapur perlu perhatian khusus dari berbagai hal. Tidak hanya dekorasinya dan pemilihan furniture yang digunakan, tetapi juga ukuran ruang yang maksimal supaya kegiatan masak  lebih nyaman dan menyenangkan.

Bahkan ukuran kecil sekalipun dapur tetap nyaman jadi tempat masak bersama keluarga tercinta. Lagipula, ukuran dapur kecil seperti pada rumah type 36 juga mudah untuk diatur. Soal penggunaan kelengkapannya pun bisa anda sesuaikan secara teratur dan rapi. Tentu saja pertimbangan tentang bujet juga jadi salah satu hal utama yang bisa menciptakan dapur rumah kecil seperti apa. Agar mudah untuk mewujudkannya, anda bisa menyimak 7 Desain Dalur Kecil yang Hemat Bujet dan Nggak Makan Banyak Biaya berikut ini:


Dapur kecil yang simpel dengan interior earth tone

williamkellye

Dapur kecil ukuran 2 x 2 meter ini berada di sudut ruangan. Karena ruangannya yang tidak begitu luas dan cukup terbatas, anda bisa menggunakan sedikit kabinet ataupun tanpa kitchen set lengkap pada umumnya. Untuk meminimalisir ruangan, anda bisa memilih kompor freestanding yang cukup fleksibel jika dipindah ke ruangan lain. Karena kompor ini dilengkapi roll pada bagian bawahnya. Interionya pun tetap terkesan hemat bujet karena menggunakan kabinet minimalis. Usahakan anda menempatkan dapur pada area yang lega dengan memiliki jendela maksimal untuk sirkulasi yang menyegarkan. Supaya asap bisa keluar ruangan dan tetap nyaman untuk kegiatan masak.


Desain dapur kecil yang hemat bujet dengan dinding bata ekspos

rumah_nuansa_jawa

Berikutnya adalah desain dapur kecil sederhana yang tampak hemat bujet dari pemilihan kabinet dapur hingga interior yang digunakan. Ukuran dapur yang berada di lorong ruangan nampak asik sebagai tempat masak. Nuansa earth tone jadi salah satu tema apik untuk mengusung konsep jawa kuno yang idealis. Tanpa kabinet atas pun, ruang simpan dapur tetap maksimal untuk tempat bahan masakan hingga perabot masak.

Adanya dinding bata ekspos tanpa finishing ini akan memudahkan anda jika sewaktu-waktu bosan, sehingga ruang dapur tinggal di cat ulang dengan tema yang seragam dan indah.


Dapur kecil nuansa pink dari bahan aluminium

ritagracia

Desain dapur kecil akan terasa nyaman jika memaksimalkan tiap sudut ruang dengan baik. Pastikan anda memilih kabinet simpan dari bahan awet dan hemat biaya seperti aluminium yang bisa tahan dalam waktu yang lama. Dengan nuansa pink yang ceria, ruang dapur ini akan membuat kegiatan masak di rumah lebih bersemangat. Atur meja dapur dengan bentuk letter L yang dibedakan stove atau sink untuk memudahkan saat masak. Pengaturan meja dapur dan kebutuhan masak bisa anda sesuaikan dengan ukuran supaya keterbatasan ruang di dapur bisa terselamatkan.


Dapur kecil memanjang nuansa cool tone

kikydian_ang

Biasanya, ruang dapur kecil yang ukurannya memanjang seperti laundry room dapat dimaksiamlkan dengan baik untuk kegiatan masak yang nyaman. Bentuk meja dapur letter L akan keliahatan rapi jika tanpa menggunakan kabinet simpan atas yang bisa diganti degan rak display di sepanajng dinding. Biar kegiatan masak jadi lebih mudah, tempatkan kompor di ujung meja dan sink di sudut ruangan seperti yang terlihat. Sehingga meja bagian tengan bisa dijadikan preparation untuk menyiampan bahan masakan. 

Diimabngi dengan interior cool tone yang elegan dan terkesan bersih, anda bisa menyamakan perabot bahkan dekorasinya dengan warna yang senada.


Desain dapur  kecil bahan cor tanpa kabinet atas

dhewoq


Terkadang ruang dapur yang lengkap kabinet akan kelihatan penuh jika ruangnya kecil. Namun jika penatannya rapi, ruang dapur tetap estetik dan nyaman untuk kegiatan masak. Nah lain dengan dapur kecil yang satu ini. Menggunakan meja dapur bahan cor tanpa kabinet atas dan hanya memilih rak display untuk kelengkapan serta ruang simpan perabot dapur yang sering digunakan. Pemilihan gorden dapat digunakan warna minimalis yang tidak begitu mencolok supaya nggak terlihat kontras dan bikin sakit mata.

Kemudian, anda bisa menggunakan beberapa rak ataupuan kabinet dari bahan kayu yang tidak mudah berjamur atau karatan dan mudah saat dibersihkan. 



Dapur kecil yang berada di sudut ruang dengan backsplash vintage

dapur.minimalist

Jika anda tidak bisa mewujudkan dapur besar yang mewah lengkap dengan kitchen set, desain dapur kecil di sudut ruangan ini bisa jadi salah satu alternatifnya. Sebelum salah penataan, anda perlu memilih bentuk dapur letter L pada ruang yang kecil dengan kabinet simpan yang hanya diaplikasikan pada salah satu dinding saja. Agar masak lebih mudah baiknya meja dapur letter L ini bisa anda berikan space yang cukup longgar antara sink dan stove, sehingga saat dapur terisi dua orang anda tidak perlu bersikutan saat masak ataupun mencuci piring.

Nah interiornya bisa dipilih sentuhan vintage pada backsplash yang akan menciptakan ruang dapur kecil jadi lebih estetik.


Dapur kecil minimalis dengan kitchen set aluminium

nanialvi

Selain dengan meja bahan cor yang menyisakan bagian kolong dapur, kitchen set dari bahan aluminium seperti ini bisaa jadi salah satu favoritnya. Agar terlihat lebih modern dan cantik, padukan warna hitam dan sentuhan pink minimalis untuk beberapa perlengkapan dapur yang akan membuat ruang dapur terbingkai dengan cantik. Janga lupa untuk menambahkan kabinel simpan lain supaya ruang dapur tertata rapi meski pada ukuran yang kecil. Tempatkan juga rak pada bagian dinding yang bisa jadi tempat bumbu dapur atau bubuk kopi dan gula.



Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.