7 Inspirasi Desain Ruang Sholat Minimalis di Rumah

Homeshabby.com -- Bagi kaum muslim, beribadah menjadi suatu perkara yang cukup intens dengan kewajiban sehari lima waktu. Ketentuan-ketentuan yang perlu diperhatikan saat beribadah meliputi kesucian tempat menjadi hal yang urgent untuk menghadirkan musholla sebagai tempat sholat khusus di dalam rumah. Keberadaan musholla rumah atau ruang sholat juga dapat menjadikan kualitas ibadah semakin maksimal dengan tempat khusus yang dimilikinya ini. Tak banyak akses di dalamnya juga turut menjadikan ruang sholat terjaga kesuciannya. Bagi anda yang tertarik, simak ulasan berikut mengenai 7 Inspirasi Desain Ruang Sholat Minimalis di Rumah.

 


 

Memanfaatkan Lorong Kecil di Rumah

@novi_nurvajri

Memiliki area kosong di rumah dapat anda ubah menjadi ruang sholat yang nyaman dan memberikan fokus ibadah. Penggunaan elevasi pada ruang sholat pada desain ini juga akan membantu area ini terjaga kesuciannya dari najis yang timbul di area sekitarnya. Gunakan ambalan dinding yang dapat digunakan sebagai tempat menyimpan Al-Qur'an maupun tasbih yang anda miliki. Untuk fungsi yang semakin lengkap, anda bisa menempatkan kran wudhu di dekat ruang sholat ini.

 

 

Ruang Sholat dengan Partisi Terbuka

@nuruldecor

Jika anda menginginkan desain ruang sholat yang kecil namun memiliki tampilan yang luas, penggunaan partisi ini dapat anda gunakan untuk memisahkan fungsi area yang berbeda namun tetap memberikan kesan luas dan terbuka. Pilihlah partisi sesuai dengan tampilan yang anda inginkan. Anda juga dapat menggunakan partisi ini sebagai tempat menaruh mukena maupun sarung yang merupakan kebutuhan saat beribadah.

 

 

Dekorasi Dinding yang Pas

@home_bundadaffa

Desain ruang sholat selanjutnya ini memiliki tampilan yang cukup menarik dengan adanya dekorasi dinding monokrom yang disusun menyerupai pagar. Tambahan dekorasi dinding lainnya berupa pigura dengan kaligrafi yang semakin menambah kesan religius pada ruangan. Untuk tampilan yang semakin rapi, gunakan rak menyerupai tangga untuk menempatkan peralatan sholat anda.

 


Ruang Sholat Minimalis yang Bersih

@fitri_handayani_randjugau

 Desain ruang sholat yang satu ini memiliki tampilan minimalis dengan dinding bersih yang semakij menambah fokus saat beribadah. Penempatan dekorasi simple pada dinding samping bisa anda isi dengan kaligrafi ayat Qur'an yang anda sukai. Tak perlu menghadirkan tembok, penggunaan partisi geser pada ruangan ini dapat menjadikan penataan di dalamnya lebih fleksibel.

 

 

Ruang Sholat dengan View Taman

via/desainrumah_info

Akan sangat menenangkan memiliki ruang sholat yang di desain memiliki taman di dalamnya. Elevasi pada ruangan ini diperlukan guna menjaga kebersihan pada area sholat. Kesejukan yang terpancar dari taman bisa menjadikan kualitas beribadah yang nyaman sekaligus tafakkur atas indahnya tiap ciptaan sang pencipta.

 

 

Tampilan Bersih yang Menenangkan

@wellanovikaaditya

Memiliki desain ruang sholat yang bersih dan terang tentu saja akan menjadikannya memiliki kenyamanan tersendiri saat beribadah. Pada ruang sholat kali ini, dominasi putih menjadi hal yang ditonjolkan untuk kesan bersih, luas, terang, dan juga rapi pada ruang sholat. Untuk memberikan variasi, anda dapat menambahkan dekorasi dinding dengan warna yang berbeda. Tak lupa, desain elevasi turut digunakan pada ruang sholat yang satu ini.

 

 

Desain Dinding bak Masjid

@arsynurhikayati

Desain ruang sholat bak masjid menjadi tampilan yang ditonjolkan pada inspirasi desain yang satu ini. Penggunaan stiker dengan model menyerupai imaman masjid menjadi kesan yang menambah suasana khusyu' bak di masjid. Penggunaan karpet bisa anda pilih untuk memisahkan area sholat dengan fungsi area lain di sekitarnya.

 

 

 

Itulah sedikit ulasan tentang 7 Inspirasi Desain Ruang Sholat Minimalis di Rumah. Semoga inspirasi ini bermanfaat untuk anda yang sedang menyiapkan dana membangun rumah impian.


Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.

Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Hafidza
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber




Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.