7 Inspirasi Desain Bawah Tangga, Bisa Disulap Jadi Ruang Yang Serbaguna

7 Inspirasi Desain Bawah Tangga, Bisa Disulap Jadi Ruang Yang Serbaguna

Homeshabby.com -- Tidak sedikit pemilik rumah minimalis ataupun modern menggunakan area bawah tangga sebagai tempat simpan, kamar mandi bahkan untuk dapur. Namun beberapa juga ada yang membiarkan area bawah tangga tampak kosong karena tidak tahu untuk dijadikan ruang apa. Membahas tentang area bawah tangga yang fungsional, anda bisa mencoba desain kreatif dan ruang baru untuk fungsional yang maksimal di dalm rumah.

Memanfaatkan ruang bawah tangga juga terlihat kreatifitas pemilik untuk mengubah ruang kosong dan menjadikan fungsional baru. Beberapa area bawah tangga di rumah bisa anda manfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Sebagai contohnya simak 7 Inspirasi Desain Bawah Tangga, Bisa Disulap Jadi Ruang Yang Serbaguna berikut ini:


 Inspirasi desain bawah tangga untuk dapur minimalis nuansa pink

vannyagustin

Ruang pertama yang bisa anda manfaatkan di bawah tangga adalah dapur. Ruang yang fungsionalnya tidak kalah penting seperti ruang tamu sangat bermanfaat untuk kelangsungan rumah tangga. Biarpun di bawah tangga, desain dapur yang cantik dengan interior pink minimalis memberikan efek dinamis dan sentuhan yang homey.

Tetap dilengkapi meja dapur dan aksen mini bar kecil, ruang dapur ini sangat bermanfaat untuk meminimalisir ruangan di rumah yang ukurannya kecil.


Area bermanfai andak dan laundry room bawah tangga

rumahkarimhabibi

Daripada di biarkan kosong, memanfaatkan space mungil di bawah tangga ini bisa jadi salah satu cara cerdik meminimalisir ruangan. Dimanfaatkan untuk laundry room dan area bemain anak, desain bawah tangga yang cukup kecil bisa ditata rapi sesuai kebutuhan. Misalnya untuk ruang laundry anda cukup menambahkan rak display di sepanjang permukaan dinding sebagai tempat sabun cuci dan lain-lain.

Melainkan untuk area bermain anak, gunakan karpet sintetis atau alat tambahan supaya saat si kecil bermain dan terjatuh meraka tidak kesakitan. Araa yang dijadikan laundry dan tempat bermain anak ini sangat membantu anda mengerjakan kegiatan rumah sekaligus mengawasi anak. Mudah sekali bukan?


Desain inspiratif area bawah tangga untuk taman minimalis

media_tanti


Tidak harus untuk keperluan ruang fungsional, area bawah tangga cukup menarik bagi anda yang tinggal di sekitar rumah minimalis sebagai taman mungil. Bukan hanya untuk penghawan saja, taman mungil di bawah tangga ini bisa dibuat simpel tapi rapi. Tutupi lahan dengan batu alam, anda bisa meletakkan tanaman di dalam pot terracotta dengan rapi. Jenis tanaman palem ataupun kaktus bisa jadi konsep taman kering di bawah tangga.


Desain bawah tangga untuk rumah kucing

kumpulandekorasicantik

Manfaatkan area bawah tangga di rumah dengan cermat. Salah satunya bagi anda pecinta kucing, rumah kucing ini bisa menarik dan cukup impressive untuk dicoba. Rumah kucing yang dibuat seperti shower box dengan kaca transparan ini disesuaikan ukurannya. Tambahkan beberapa dekorasi mungil seperti rumah kucing atau area bermain. Hindarkan dari jangkauan anak supaya peliharaan tetap terjaga dengan baik.


Ruang santai bawah tangga yang dekoratif

aamsari1

Ide inspirasi selanjutnya yang bisa anda manfaatkan di bawah tangga adalah sebagai ruang santai. Desain yang simple dan attractive ini memberikan efek dekorasi tinggi di permukaan dinding. Dekorasi dinding dengan warna-warni memberikan tampilan menarik dilengkapi stool minimalis dan lantai motif kayu yang hangat. Satu trik kecil yang bisa anda terapkan pada ruang bawah tangga ini adalah dengan menambahkan tanaman hias untuk membuat situasi santai lebih menyegarkan.


Ruang baca bawah tangga yang fungsional

thenugrohouse


Salah satu cara memanfaatkan area bawah tangga adalah menjadikan area tersebut bermanfaat untuk seluruh penghuni rumah. Sebagai ruang baca sekaligus tempat santai, ruang bawah tangga ini tampil cantik. Interior minimalis bergaya klasik dengan lantai parket menambah keadaan ruang lebih hangat dan tenang. Tanpa merusak keindahan ruang, anda bisa menambahkan tanaman sudut seperti lidah mertua untuk memberikan efek segar dan ruang yang lebih hidup.


Fungsional area bawah tangga untuk rak simpan sepatu

rumah_nano

Jika anda merasa tidak ada space lagi untuk tempat simpan sepatu dan sandal penghuni rumah, area bawah tangga ini bisa dijadikan tempatnya. Jangan lupa untuk menambahkan kabinet yang dibuat mengikuti ukuran bawah tangga, storage maksimal ini sangat bermanfaat meskipun ukurannya minimalis. Anda mungkin bisa menambahkan perabot lain seperti hanging stand untuk menggantungkan jaket ataupun tak jalan.



Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.




Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber




Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.